Tidak Lulus SNMPTN? Tenang, Ada 5 Jalur Lain Selain SNMPTN. Coba Nomor 3!

Apakah Anda sudah melihat pengumuman PDSS SNMPTN 2019 atau pengumuman SNMPTN 2019 di http://pengumuman.snmptn.ac.id/? Masih takut atau deg-degan untuk membuka pengumuman? Sayangnya, saya tidak akan menawarkan jasa membuka pengumuman SNMPTN.

Bagi yang Lolos SNMPTN 2019 tentu sangat berbangga karena mereka tidak perlu lagi berjuang di jalur lain. Jika sudah Lulus SNMPTN 2019 otomatis tidak bisa ikut SBMPTN 2019.

Namun, bagaimana nasib mereka yang tidak lolos SNMPTN 2019? Lebih sakit mana tidak lolos PDSS daripada tidak lolos SNMPTN 2019?

Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2019. Silakan mengikuti SBMPTN 2019.
Contoh Pengumuman tidak lulus SNMPTN

Jika anda mendapatkan tulisan merah tersebut berarti saatnya berjuang di jalur selain SNMPTN. Bagi Anda yang tidak lulus snmptn, saya membayangkan ada yang down, menangis sambil mengusap pipinya dengan tisu, mengunyah hp, membanting laptop atau ada juga yang justru makin bersemangat mengejar jalur lain.

Kalian tipe orang yang mana? Semoga termasuk dalam tipe orang yang tidak mudah menyerah untuk berjuang di jalur selain SNMPTN.

Barangkali dalam hati kecilmu bertanya: kenapa Tuhan tidak mengabulkan permintaanmu?
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)
Yang Tidak Lulus SNMPTN 2019, yakinkan dalam hati "Kalau seadainya saya lulus SNMPTN di sana, mungkin tidak berkah, saya nggak bakal betah, dapat teman yang tidak baik, atau sering sakit. Saya menerima takdir Tuhan dengan ikhlas dan saya yakin rencana Tuhan lebih baik. Ini saatnya saya berjuang di jalur selain SNMPTN. Saya yakin Tuhan akan membalas usaha saya dengan setimpal."

Jalur Selain SNMPTN

Pepatah mengatakan, mati satu tumbuh seribu: tidak lulus SNMPTN masih terbuka jalur lain yang tersedia. Kali ini saya akan memberikan informasi tentu jalur-jalur masuk perguruan tinggi yang sedang dibuka dan akan dibuka setelah pengumuman SNMPTN 2019. Saya berharap, kalian tetap semangat untuk mengejar jalur lain ini. Manfaatkan sisa waktu sebaik-baiknya. Tak ada gunannya untuk larut dalam kesedihan.

1. SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN atau juga disebut test center merupakan jalur masuk PTN dengan ujian jalur. SBMPTN 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya karena jika Anda ingin ikut SBMPTN 2019 maka harus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai dari UTBK nanti yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019. Tidak mungkin bisa mendaftar SBMPTN 2019 tanpa ikut UTBK.

Pendaftaran UTBK 1 Maret-1 April 2019
Pelaksanaan UTBK 13 April-26 Mei 2019
Pengumuman Hasil UTBK 23 April-2 Juni 2019
Pendaftaran SBMPTN 2019 10-24 Juni 2019
Pengumuman SBMPTN 2019 9 Juli 2019

Sebelum pengumuman SBMPTN (23 Maret 2019) mungkin Anda bertanya-tanya: apakah boleh daftar UTBK sebelum pengumuman SNMPTN? Jawaban tentu boleh jika kamu tidak ikut BIDIKMISI. Meski kamu Lolos PDSS SBMPTN namun tidak ikut Bidikmisi SNMPTN jangan daftar UTBK dulu sebelum pengumuman SNMPTN 23 Maret 2019. Masih ada waktu pendaftaran UTBK hingga 1 April 2019.

Jika pengumuman SNMPTN sudah keluar dan ternyata tidak Lulus SNMPTN maka bidikmisi SNMPTN bisa kamu gunakan kembali untuk mendaftar BIDIKMISI SBMPTN 2019. Yang saya pertanyakan adalah: bagaimana persiapanmu menghadapi SBMPTN? Semoga sudah matang ya! Info pendaftaran SBMPTN 2018 bisa diakses di https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/.
Baca juga: Buku Materi SBMPTN Yang Recommended Terutama Lintas Jurusan

2. Sekolah Ikatan Dinas

Katanya, Lulusan Pendidikan Kedinasan adalah Calon Menantu Idaman. Apakah kamu juga pengen jadi mantu idaman? Tidak ada salahnya jika kalian juga mendaftar Sekolah Ikatan Dinas 2019. Sayangnya belum ada jadwal pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019. Meski masih cukup lama tapi mulai sekarang bisa mulai mencari soal-soal sekolah kedinasan.

Jika pendaftaran dibuka dan syarat ketentuan sudah tersedia, manfaatkan waktu pendaftaran sebaik-baiknya karena persyaratan berkas-berkas cukup merepotkan. Nggak apa-apa susah-susah diawal jika akhirnya bakal jadi CPNS atau ASN. Setiap dari kamu hanya boleh memilih salah satu Sekolah Kedinasan saja ya! Untuk pendaftaran kalian bisa akses di https://sscasn.bkn.go.id/.

3. UM PTKIN

UM-PTKIN nampaknya terdengar asing bagi sebagian orang. UM PTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN/IAIN/STAIN. Sistem seleksinya serentak nasional seperti SBMPTN. Namun, soal um ptkin tentu berbeda dengan SBMPTN karena jurusan yang ditawarkan pun beda.

Diperbolehkan daftar utbk sbmptn dan umptkin bersamaan. Selama belum ada pengumuman, coba saja semua jalur masuk termasuk jalur UM PTKIN. Lulus dimananya dipikir belakangan yang penting berani mencoba dan berusaha.

Saya dulu mendaftar SBMPTN dan UMPTKIN dengan asumsi apabila tidak lolos SBMPTN masih punya harapan di UM PTKIN. Jadi, mulai sekarang kalian juga bisa mendaftar kedua jalur ini (SBMPTN & UMPTKIN). Pendaftaran UMPTKIN dibuka sejak 2 April 2019 sampai 30 April 2019, pelaksanaan UM PTKIN 28 Mei dan Pengumuman UM PTKIN 2019 tanggal 1 Juli 2019.
Baca juga: Jurusan-jurusan UM PTKIN 2018

buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:
 

Seandainya kamu nggak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN jika kamu ikut um ptkin. Optimis harus, tapi planning juga penting. Itulah sebabnya kamu harus mendaftar UM-PTKIN karena pengumuman UM-PTKIN 1 Juli 2019. Tapi sayangnya tahun ini pengumuman SBMPTN sedikit lebih lambat daripada UM PTKIN yakni 9 Juli 2019.

Sudah tau alur pendaftaran UM-PTKIN 2019? Jika belum, bisa simak video berikut ini:


4. UMPN

Kepanjangan UMPN adalah Ujian Masuk Politeknik Negeri. Tes UMPTN 2019 dilaksanakan serentak se-Indonesia yang terdiri dari kelompok ujian Soal UMPN Rekayasa dan Soal UMPN Tata Niaga. Jadi, UMPN ini adalah jalur ujian tulis dengan jumlah dan jenis seleksi yang sama nasional. Tes UMPN ini bisa dilakukan di Politeknik terdekat meskipun ia memilih Politeknik yang jauh. Misalnya, dia tinggal di Semarang tapi memilih prodi di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) maka tes UMPN tidak harus di Surabaya tapi bisa di Semarang, misalnya di POLINES (Politeknik Negeri Semarang). Jika tertarik ingin ikut UMPN 2019, bisa mulai belajar soal UMPN dengan klik: SOAL UMPN 2019.

5. Ujian Mandiri

Jalur Mandiri ini bisa dibilang jalur masuk terakhir untuk ke PTN maupun PTKIN. Setiap universitas biasanya berbeda-beda dalam menetapkan jadwal seleksi jalur mandiri. Untuk UNS, UB, Unair, ITS, UNSOED, UNHAS, UPI, UPN Jakarta menggunakan nilai tes SBMPTN sebagai seleksi jalur Mandiri pada tahun 2018 lalu. Namun dengan adanya test center (SBMPTN 2019) yang menggunakan UTBK maka bukan tidak mungkin nilai UTBK bisa gunakan untuk mendaftar jalur mandiri juga. Jadi, mungkin nanti tidak perlu ikut tes lagi.

Jadi, bila kalian mau masuk jalur mandiri di kampus tersebut, maka mau tidak mau harus ikut SBMPTN. Ini tentu juga semakin mempermudah sistem seleksi karena tidak perlu ada tes mengerjakan soal ujian mandiri. Pihak universitas cukup meminta data nilai siswa yang mendaftar jalur MANDIRI saat ikut SBMPTN setelah itu akan diranking nilainya diantara pendaftar lain. Mereka yang nilainya tinggi diantara pendaftar lain, otomatis akan lolos Jalur Mandiri.
Khusus untuk Universitas Brawijaya sepertinya 2019 nanti jalur mandiri bakal dilakukan dengan ujian tulis lagi tidak menggunakan nilai UTBK. Hal ini karena pada 2018 lalu banyak yang tidak daftar ulang jalur mandiri.
Namun, masih ada universitas lain yang menerapkan jalur mandiri dengan cara mengerjakan soal lagi alias tidak dari nilai sbmptn. Pendaftaran jalur mandiri tiap univ tadi beda-beda. Jadi kalian harus aktif dalam mencari informasi kapan pendaftaran jalur mandiri. Mau jadi mahasiswa harus berusaha sendiri mencari informasi.

Selain jalur mandiri PTN, masih ada beberapa pendaftaran universitas swasta, sipenmaru poltekkes, politeknik negeri juga bisa jadi pertimbangan bila kamu berminat.
Baca juga: Motivasi Malas Belajar SBMPTN 
Di sini saya juga memberikan tips kepada kalian. Bila ada kesalahan silahkan dikoreksi. Dan saran ini tidak wajib kalian taati. Kalian sendiri yang memilih karena diri kalian sendiri yang bakal menentukan jalan hidup di masa mendatang.
  • Rencanakan planing (kemungkinan) sebanyak mungkin rencana. Misalnya, nanti kalau nggak lulus SBMPTN mau daftar di mana aja. Kalau nggak lulus di universitas ini bakal daftar ke mana. Itu harus kalian pikirkan baik-baik.
  • Cek jadwal pendaftaran, jadwal tes, jadwal pengumuman dan jadwal daftar ulang pada masing-masing jalur. Jangan sampai ada jadwal yang tabrakan. Dan usahakan menghemat biaya pendaftaran seirit mungkin dengan mengecek durasi pendaftaran. Misalnya durasi pendaftaran lama, maka tunggu dulu pengumuman jalur saat ini. Namun bilang memang, saat pendaftaran ditutup belum ada pengumuman jalur lain, tidak ada salahnya mendaftar di jalur lain pula. Seperti: kalian bisa mendaftar SBMPTN dan UMPTKIN bersamaan. Karena pengumuman SBMPTN lebih lama daripada durasi pendaftaran UMPTKIN.
  • Perhatian Uang Pangkal jalur mandiri. Beberapa universitas mematok uang gedung yang cukup tinggi untuk jalur mandiri. Ini bukan jalur belakang atau lewat orang dalam. Jalur Mandiri ini jalur resmi dan biasanya di website universitas sudah tertera nominal uang pangkal. Sehingga tidak ada lagi soggok menyogok karena biaya uang pangkal sudah resmi dari pihak kampus. Hal tersebut wajar karena memang notabene uang jalur mandiri dijadikan subsidi silang untuk bidikmisi. Secara kasarnya, jalur mandiri untuk orang kaya sehingga "agak mahal". Jangan khawatir, tidak semua universitas mengharuskan uang pangkal di jalur mandiri.
  • Manajemen waktu. Mungkin ada yang menanggap "ah ujiannya masih lama mending liburan aja dulu masih capek habis UN". Padahal kalian harus sadar bahwa para pesaing kalian sudah ada yang mencuri start belajar jauh lebih dulu dari kalian. Dan kadang saingannya bukan hanya teman seangkatan namun juga para alumni. Namun, tidak ada kata terlambat. Manfaatkan sisa waktu dengan sebaik-baikknya. 
Baca juga: Soal Sipenmaru Poltekkes dan Pembahasan
Sekian informasi yang dapat saya berikan. Saya terbuka menerima kritik, saran atau masukan pada tulisan ini. Saya doakan, kamu mendapatkan universitas terbaik yang sesuai dengan dirimu. Jangan menyerah sebelum berjuang sekuat tenaga demi mendapatkan bangku universitas yang kamu idamkan. Iringi usaha dengan doa supaya hasilnya maksimal. Yakinlah dengan setiap rencana Tuhan yang Maha Kuasa.
Baca juga: Contoh Soal UMPN 2019
SNMPTN bukan akhir segalanya.
Lulus jalur ujian tulis lebih ada kebanggaan lebih daripada jalur undangan.
Orang yang berani gagal habis-habisan, akan bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa
Jangan takut gagal. Takutlah untuk tidak mau mencoba.
Bangkitlah, rencana Tuhan adalah yang terbaik. 

Semangat berjuang, para calon mahasiswa 2019 dimana pun kampus kalian!
Share ke teman-temanmu yang butuh semangat!
“Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.”  (Dahlan Iskan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel