Jangan Diam saja! Lakukan Ini Sambil Menunggu Pengumuman SNBT & UMPTKIN - PAGUNPOST -->

Jangan Diam saja! Lakukan Ini Sambil Menunggu Pengumuman SNBT & UMPTKIN

Bagi yang udah diterima jalur SNMPTN & SPAN PTKIN boleh jadi kalian mulai sibuk daftar ulang atau mencari kos/pondok. 

Namun, bagi teman-teman yang sedang berjuang di jalur SNBT dan UMPTKIN masih harap-harap cemas. Pasalnya, mereka belum tentu lolos sebelum ada pengumuman.

Terkadang banyak pertanyaan yang datang:

Kapan Nikah?
Mana calonnya?
Kapan kuliahnya?
Kuliah dimana?
Jurusan apa?


Sambil menunggu pengumuman snbt dan umptkin, kalian jangan hanya diam dirumah. 

Kalian perlu mempersiapkan cadangan lain bila mana tidak diterima di jalur SNBT atau UMPTKIN

Yakin bakal diterima SNBT / UMPTKIN? Semoga sih diterima, tapiii tetap saja ada kemungkinan ditolak. 

Sambil Menunggu Pengumuman Hasil SNBT & UMPTKIN


Dalam postingan ini, saya akan coba memberikan beberapa hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman SNBT dan UM PTKIN, atau bisa juga mengisi kekosongan bagi kamu yang udah diterima jalur SPAN PTKIN dan SNBT.

1. Mencari Info Beasiswa

Sebagai calon mahasiswa atau udah jadi mahasiswa, rajin-rajinya mencari beasiswa yang sesuai dengan dirimu. Beasiswa kuliah tidak selamanya mereka yang kurang/tidak mampu. Tidak hanya KIP Kuliah, ada juga beasiswa kepemimpinan atau beasiswa prestasi. Sering-sering aja browsing info beasiswa kuliah atau like/add/follow acount informasi beasiswa kuliah. Syarat beasiswa juga beda-beda ya tergantung pemberi beasiswa. BSI Scholarship, Beasiswa Baznas, Beasiswa Dompet Dhuafa dan lain sebagainya.


2. Kerja Sampingan

Buat kamu yang udah diterima jadi mahasiswa, sambil menunggu jadwal kuliah masuk tidak ada salahnya jika ikut kerja sampingan (yang halal tentunya) atau bikin usaha sendiri yang memungkinkan tidak mengganggu waktu kuliah. Lumayan, bisa ditabung, buat bayar kosan atau sekedar untuk makan saat kuliah nanti.

3. Ikut Organisasi

Organisasi di sini banyak macamnya. Ada yang tingkatnya internasional, nasional, lokal. Ada yang bidang kepemimpinan, kepemudaan, keagamaan dan lingkungan. Bila memang ada organisasi yang cocok untukmu dan nggak terlalu ribet, kamu juga bisa ikut. Keuntungan ikut organisasi, bisa menambah relasi dan memperkuat CV saat melamar pekerjaan nanti. Jangan asal pilih organisasi. Pilih organisasi yang membuatmu bisa berkembang dan punya dampak positif. Semoga dijauhkan dari organisasi yang toxic dan wasting time. 

4. Asah Keterampilan/Kursus

Misalnya kamu udah diterima di jurusan Teknik Informatika, meskipun belum masuk kuliah kalian bisa nyuri-nyuri start perkuliahan dengan beberapa skill yang akan dipelajari dalam jurusan Teknik Informatika. Misalnya, kursus koding. Atau buat yang muslim, bisa sambil nambah hafalan Al Quran atau ikut kegiatan sosial.

5. Ujian Mandiri/Poltekkes//Kedinasan

Sudah punya cadangan kalau ditolak SNBT dan ditolak UMPTKIN? 

Sekarang hanya tersisa beberapa jalur saja yang masih di buka. Biasanya Ujian Mandiri masih dibuka tapi jadwal jalur mandiri tiap kampus itu beda-beda sehingga kamu bisa cek di website/instagram masing-masing kampus agar tidak ketinggalan.

Antara SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malam dan UIN lain tentu beda-beda. 

Tergantung kebijakan kampus sendiri. 

Maka dari itu, kamu bisa cek di website kampus yang kamu tuju untuk tau jadwal pendaftaran jalur mandiri, jadwal tes jalur mandiri hingga pengumuman jalur mandiri. 
Baca: Soal Latihan Jalur Mandiri UIN, IAIN, STAIN
Selain Ujian Mandiri UIN, IAIN, dan STAIN, masih ada jalur lain yang bisa kamu coba:

Baca juga: Soal SMMPTN BARAT

Itu aja sih Hal yang bisa kamu lakukan Sambil Nunggu Pengumuman SNBT & UMPTKIN. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jangan cuma tidur-tiduran apalagi merepotkan/menyusahkan orangtua. Buat yang belum dapat kampus, tetep berjuang ya! Jangan mudah putus asa. Yakinlah kamu juga layak mengenyam bangku perkuliahan.

Silahkan di-share ke teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jangan Diam saja! Lakukan Ini Sambil Menunggu Pengumuman SNBT & UMPTKIN"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel