JANGAN DIAM, LAKUKAN 6 HAL INI SAMBIL NUNGGU PENGUMUMAN SBMPTN & UMPTKIN

Bagi yang udah diterima jalur SNMPTN & SPAN PTKIN boleh jadi kalian tinggal bersenang-senang karena hanya menunggu jadwal kuliah masuk/dimulai. Namun, teman-teman yang sudah berjuang di jalur SBMPTN dan UMPTKIN masih harap-harap cemas. Pasalnya, mereka belum tentu lolos sebelum ada pengumuman SBMPTN tanggal 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB dan pengumuman UMPTKIN tanggal 10 Juli 2018 pukul 10.00 WIB. Masih lama sekali ya? Bisa dipastikan saat lebaran kamu masih belum dapat kampus.

Contoh beberapa pertanyaan alamiah yang bakal sering kamu dapatkan apalagi saat lebaran. Siapkan jawaban mulai dari sekarang!

Kapan Nikah?
Udah punya pacar belum?
Kapan kuliah?
Kuliah dimana?
Jurusan apa?


Sambil menunggu pengumuman sbmptn dan umptkin, kalian jangan hanya diam dirumah. Tidur-tiduran atau main smartphone (AOV, Mobile Legend) adalah tindakan yang kurang berfaedah. Kalian perlu mempersiapkan cadangan lain bila mana tidak diterima di jalur SBMPTN atau UMPTKIN. Emang seberapa yakin bakal diterima SBMPTN / UMPTKIN? 

Dalam postingan ini, saya akan coba memberikan beberapa hal yang bisa dilakukan sambil menunggu pengumuman SBMPTN dan UM PTKIN, atau bisa juga mengisi kekosongan bagi kamu yang udah diterima jalur SPAN PTKIN dan SNMPTN.

1. Mencari Info Beasiswa

Sebagai calon mahasiswa atau udah jadi mahasiswa, rajin-rajinya mencari beasiswa yang sesuai dengan dirimu. Beasiswa kuliah tidak selamanya mereka yang kurang/tidak mampu. Tidak hanya bidikmisi, ada juga beasiswa kepemimpinan atau beasiswa prestasi. Sering-sering aja browsing info beasiswa kuliah atau like/add/follow acount informasi beasiswa kuliah. Syarat beasiswa juga beda-beda ya tergantung pemberi beasiswa. Beberapa pemberi beasiswa kadang harus menyertakan esai beasiswa.

Baca juga: Beasiswa Santri Berprestasi

2. Kerja Sampingan

Buat kamu yang udah diterima jadi mahasiswa, sambil menunggu jadwal kuliah masuk tidak ada salahnya jika ikut kerja sampingan atau bikin usaha sendiri. Lumayan, bisa ditabung, buat bayar kosan atau sekedar untuk makan saat kuliah nanti. Apalagi jika kamu punya keahlian, misalnya jago desain kamu bisa melamar di percetakan atau jual desain secara online. Kerja lain misalnya jadi penjaga toko baju, bikin kue lebaran, jualan pulsa, dan sebagainya. Manfaatin potensi dirimu dan hobimu jadi pundi-pundi rupiah.

Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar

3. Ikut Organisasi

Organisasi di sini banyak macamnya. Ada yang tingkatnya internasional, nasional, lokal. Ada yang bidang kepemimpinan, kepemudaan, keagamaan dan lingkungan. Bila memang ada organisasi yang cocok untukmu dan nggak terlalu ribet, kamu juga bisa ikut. Keuntungan ikut organisasi, bisa menambah relasi dan memperkuat CV saat melamar pekerjaan nanti.


4. Ikut Lomba

Dari pada cuma diem-diem bae, mending nyari info lomba yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Suka menulis, ikutlah lomba menulis puisi, cerpen, esay dan sebagainya. Suka desain, ikutlah lomba desain. Dan lomba-lomba lain yang biasanya menawarkan hadiah menarik hingga uang jutaan rupiah. Bisa menambah list prestasi dan mempertebal kantongmu jika menang.

5. Asah Keterampilan/Kursus

Misalnya kamu udah diterima di jurusan Desain Komunikasi Visual, meskipun belum masuk kuliah kalian bisa nyuri-nyuri start perkuliahan dengan berlatih desain. Misalnya, kursus fotografi, kursus menggambar, kursus desain dan lain-lain. Atau buat yang muslim, bisa hafalin Al Quran. Jangan sampai kamu nganggur. Intinya Sibukkan dengan hal-hal positif.

6. Ujian Mandiri/Poltekkes/UMPN

Setelah SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UMPTKIN yang sudah dilaksanakan, sekarang hanya tersisa beberapa jalur saja yang masih di buka. Misalnya Ujian Mandiri UIN (SPMB UIN) yang jadwal daftar dan tesnya berbeda-beda. Jadi, kamu nggak cuma nyoba satu jalur aja ya. Siapkan cadangan kecuali bila kamu udah YAKIN diterima SBMPTN / UMPTKIN.

Antara SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malam dan UIN lain tentu beda-beda. Tergantung kebijakan kampus sendiri. Maka dari itu, kamu bisa cek di website kampus yang kamu tuju untuk tau jadwal pendaftaran jalur mandiri, jadwal tes jalur mandiri hingga pengumuman jalur mandiri. 

Baca: Soal Jalur Mandiri UIN, IAIN, STAIN 2018


---

Baca: Download Soal UM UGM dan Pembahasan

Selain Ujian Mandiri UIN, kamu bisa ikut Sipenmaru Poltekkes, UMPN Rekayasa/Tata Niaga dan Jalur MANDIRI PTN.



Itu aja sih 6 Hal yang bisa kamu lakukan Sambil Nunggu Pengumuman SBMPTN & UMPTKIN. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jangan cuma tidur-tiduran apalagi merepotkan/menyusahkan orangtua. Buat yang belum dapat kampus, tetep berjuang ya! Jangan mudah putus asa. Yakinlah kamu juga layak mengenyam bangku perkuliahan.

Silahkan di-share ke teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

0 Response to "JANGAN DIAM, LAKUKAN 6 HAL INI SAMBIL NUNGGU PENGUMUMAN SBMPTN & UMPTKIN"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel