Setelah Lulus SPAN PTKIN, Ada 4 Hal Perlu Kamu Siapkan - PAGUNPOST -->

Setelah Lulus SPAN PTKIN, Ada 4 Hal Perlu Kamu Siapkan

Jika kalian membaca artikel ini, kemungkinan besar kalian adalah siswa yang lolos SPAN PTKIN berdasarkan http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/page

Alhamdulillah, senyum dulu ya.

Saya ucapkan selamat pada kalian yang telah menjadi calon mahasiswa. Setelah pengumuman lulus span ptkin, ada beberapa hal/tahapan yang dilakukan setelah dinyatakan lulus SPAN PTKIN. Semoga kamu dapat mempersiapkan semuanya dengan baik berkas-berkas atau regristasi yang dilakukan pasca pengumuman kelulusan span ptkin. 
Contoh Pengumuman Lulus SPAN PTKIN

Bagi yang tidak lulus span ptkin, jangan bersedih karena masih ada jalur UM-PTKIN. 

Yuk, mulai belajar soal umptkin sekarang.

Bagi yang lolos span ptkin, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. 

Hal-hal berikut ini sifatnya umum ya. Bisa jadi setiap PTKIN (UIN, IAIN atau STAIN) mempunyai perbedaan berkas-berkas yang harus disiapkan.

1. Cek Website Universitas

Sebagaimana tertera dalam pengumuman kelulusan SPAN PTKIN bahwa sudah jelas jika informasi daftar ulang dapat dilihat pada website universitas masing-masing. Cara mengetahui website ptkin cukup mudah pun sebenarnya juga tertulis jelas pada pengumuman (seperti gambar diatas). Bagi yang belum tau website kampus, kalian hanya perlu menuliskan nama UIN/IAIN/STAIN di google, nanti akan muncul website resmi yang berakhiran ac.id

Misalnya, iain-tulungagung.ac.id, http://www.uinjkt.ac.id, https://walisongo.ac.id/ dan sebagainya.


Carilah artikel/informasi seputar daftar ulang/heregistrasi untuk melihat bagaimana proses daftar ulang dan lain sebagainya. Masing-masing kampus tentu punya cara daftar ulang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mulai aktif mencari informasi di website kampusmu. 

Jika hari ini belum ada informasi bisa cek besuk atau hari berikutnya. Intinya rajin rajin buka website kampus untuk cek informasi daftar ulang span ptkin.

atau cek instagram kampusnya juga.

2. Daftar Ulang

Untuk registrasi online ini masing-masing PTKIN memiliki kebijakan yang berbeda. IAIN Tulungagung harus membayar UKT dulu baru bisa heregistrasi, sedangkan UIN Sunan Kalijaga dimulai dengan pengisian profil diri kemudian pembayaran UKT. Jika sampai tanggal yang ditentukan tidak daftar ulang, bisa dipastikan gugur. Perhatian baik-baik waktu daftar ulang yang diberikan kampus dalam waktu pembayaran UKT.

Dengan adanya kasus Korona kemungkinan sistem daftar ulang juga sedikit berubah, sehingga pastikan baca informasi di WEBSITE masing-masing kampus atau cek MEDIA SOSIAL kampus.

Jika telat daftar ulang, maka dinyatakan GUGUR.

3. Ajukan Keringanan UKT dan Persiapkan KIP Kuliah

Bilamana merasa keberatan dengan hasil pengumuman UKT, cobalah mengajukan  keringanan UKT atau banding UKT. 

Atau jika kamu memenuhi syarat sebagai pendaftar KIP Kuliah, maka cobalah dafar KIP Kuliah. Cari info jadwal pendaftaran dan syaratnya pada pihak kampus SECEPATNYA karena biasanya kebanyakan pendaftaran KIP Kuliah UIN/IAIN/STAIN dibuka setelah diterima jadi mahasiswa. 

Jadi, sekarang kalian harus gerak cepat mencari informasi kip kuliah agar tidak terlambat.

baca info => KIP Kuliah UIN, IAIN, STAIN


Selain bidikmisi, juga ada beasiswa lain yang tersedia seperti Beasiswa Baznas, Beasiswa Bank Syariah Indonesia, dan lainnya. 

Jadilah mahasiswa yang aktif mencari info beasiswa secara aktif. Jangan malas mencari info ya. 

4. Cari Tahu Berkas Yang Perlu Dibawa Saat Daftar Ulang di Kampus

Saat daftar ulang online, kamu juga perlu untuk verifikasi berkas dengan datang langsung ke kampusmu jika dibutuhkan.

Tergantung pihak kampusnya apakah cukup upload secara online atau juga ada harus dibawa ke kampusnya.

Dan lagi-lagi jadwal daftar ulang tiap universitas beda. Untuk lebih pastinya, coba cek informasi di website resmi kampusmu.

Beberapa dokumen yang biasanya harus dibawa adalah Fotokopi Kartu Peserta SPAN-PTKIN, Surat Keterangan Lulus dari Sekolah/Madrasah, Fotokopi KK, Bukti Bayar UKT, dan beberapa dokumen lain sebagaimana yang tertera di website kampusmu.

Tergantung permintaan kampusnya.

---

Ada juga UIN, IAIN atau STAIN yang melaksanakan tes mengaji (membaca al quran) untuk mahasiswa baru. Sifat tesnya tidak menentukan kelulusan karena kamu sudah benar-benar diterima jadi mahasiswa. Tes membaca alquran biasanya hanya untuk penentuan sejauh mana kualitas mengaji dan bisa jadi untuk bahan pengelompokan kelas bimbingan membaca. Namun, bisa jadi kebijakan tiap kampus beda-beda.

Jika siswa dinyatakan diterima melalui jalur SPAN-PTKIN tapi BELUM mencetak kartu atau kartu SPAN PTKIN HILANG, silahkan mencoba login pada link berikut ini: http://span-ptkin.ac.id/siswa-login. Jika foto yang tidak nampak, silahkan mencetaknya dan menempel secara manual pada lembar kartu pendaftaran yang juga sudah dicetak. Hal tersebut bisa terjadi karena memang saat ini sistem sudah ditutup untuk kepentingan seleksi panitia.

---

Sebagai tambahan, mungkin jika beda daerah bisa persiapan mencari kos-kosan atau ma'had atau pondok. Bisa minta tolong bantuan kakak tingkat yang sudah kuliah di sana untuk meminta saran terkait kos/ma'had/pondok sekitar kampus.


Nah, itu tadi hal-hal yang perlu kamu persiapkan setelah dinyatakan lulus SPAN PTKIN. Jangan sampai tidak daftar ulang SPAN PTKIN ya. Baca informasi secara jelas di website kampusmu karena bisa jadi ada perbedaan cara daftar ulang span-ptkin.



Baca juga: Lulus SPAN-PTKIN tapi tidak diambil? Apa Blacklist?

Bila ada kesulitan, cobalah bertanya pada kakak tingkatmu di kampus tersebut. Bila memungkinkan, kamu juga masuk grup jurusan yang lolos span ptkin. Persiapkan semua berkas dengan matang, lengkap, jujur dan sebenar-benarnya.

Buat yang tidak lolos SPAN PTKIN, kamu bisa ikut jalur lain yaitu UM-PTKIN. Pendaftaran UM-PTKIN. Masih ada kesempatan untukmu masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri melalui jalur UM-PTKIN. Jangan sia-siakan kesempatan!
Baca juga: Latihan Soal UMPTKIN

 

Selamat datang, para mahasiswa baru di kampus masing-masing!
Hidup mahasiswa!
Hidup mahasiswa!
Hidup rakyat Indonesia!

Salam anak kos!

0 Response to "Setelah Lulus SPAN PTKIN, Ada 4 Hal Perlu Kamu Siapkan"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel