SETELAH LULUS SPAN PTKIN, INI HAL-HAL YANG PERLU KAMU SIAPKAN

Jika kalian membaca artikel ini, bisa saya simpulkan jika kalian adalah siswa yang lolos SPAN PTKIN 2018. Saya ucapkan selamat pada kalian yang telah menjadi calon mahasiswa. Setelah pengumuman lulus span ptkin, ada beberapa hal/tahapan yang dilakukan setelah dinyatakan lulus SPAN PTKIN yaitu daftar ulang tanggal 22 Mei 2018. Semoga kamu dapat mempersiapkan semuanya dengan baik berkas-berkas atau regristasi yang dilakukan pasca pengumuman kelulusan span ptkin 2018. 
Contoh Pengumuman Lulus SPAN PTKIN 2018

1. Cek Website Universitas

Sebagaimana tertera dalam pengumuman kelulusan SPAN PTKIN bahwa sudah jelas jika informasi daftar ulang dapat dilihat pada website universitas masing-masing. Cara mengetahui website ptkin cukup mudah pun sebenarnya juga tertulis jelas pada pengumuman (seperti gambar diatas). Bagi yang belum tau website kampus, kalian hanya perlu menuliskan nama UIN/IAIN/STAIN di google, nanti akan muncul website resmi yang berakhiran ac.id

Misalnya, iain-tulungagung.ac.id, http://www.uinjkt.ac.id, dan sebagainya.


Carilah artikel/informasi seputar daftar ulang/heregistrasi untuk melihat bagaimana proses daftar ulang dan lain sebagainya. Masing-masing kampus tentu punya cara daftar ulang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mulai aktif mencari informasi di website kampusmu.

2. Registrasi Online

Untuk registrasi online ini masing-masing PTKIN memiliki kebijakan yang berbeda. IAIN Tulungagung harus membayar UKT dulu baru bisa heregistrasi, sedangkan UIN Sunan Kalijaga dimulai dengan pengisian profil diri kemudian pembayaran UKT. Oleh karena itu, biasanya sebelum daftar ulang tanggal 22 Mei, calon mahasiswa harus membayar UKT terlebih dahulu. Jika sampai tanggal 22 Mei 2018 tidak daftar ulang, bisa dipastikan gugur. Perhatian baik-baik waktu yang diberikan kampus dalam waktu pembayaran UKT.

Selama registrasi online ini siapkan berkas-bekas daftar ulang yang diperlukan dan lagi-lagi ketentuan tiap universitas beda-beda. Kurang lebih:
1. Rapor semester I-V atau I-VII;
2. Sertifikat prestasi (bila ada);
3. Fotokopi (legalisir) surat keterangan akreditasi sekolah;
4. Slip gaji orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri atau surat keterangan penghasilan
orang tua/wali yang disahkan oleh kepala desa/lurah (dan file hasil scan);*
5. Kartu Keluarga (dan file hasil scan);
6. Rekening listrik bulan terakhir atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik (dan file hasil scan);
7. Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah
dari kepala desa/lurah (dan file hasil scan);
8. Surat Keterangan Tidak Mampu/Kartu Miskin dari kepala desa/lurah bagi yang tidak mampu (dan
file hasil scan).
* Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan
penghasilan untuk keduanya (Bapak dan Ibu).


3. Ajukan Keringanan UKT dan Persiapkan Bidikmisi SPAN PTKIN

Meskipun kamu mau mendaftar bidikmisi, tapi beberapa kampus tetap mewajibkan calon mahasiswa harus membayar UKT semester 1 terlebih dahulu meskipun bisa mengajukan keringanan UKT. Bilamana nanti diterima bidikmisi, mungkin UKT semester 1 yang telah dibayar dapat dikembalikan. 

Beberapa IAIN menetapkan UKT yang seragam (tidak melihat ekonomi keluarga), namun beberapa UIN menetapkan UKT berdasarkan penghasilan orang tua. Bilamana merasa keberatan, kalian bisa kok mengajukan  keringanan UKT. Dan perlu diingat pendaftaran bidikmisi span ptkin dilakukan saat semester 1. Jadi, sekarang kalian harus gerak cepat mencari informasi bidikmisi agar tidak terlambat.

Saya sebenarnya juga masih bingung antara keringanan UKT dan bidikmisi. Yang jelas kedua ini merupakan hal yang berbeda. Keringanan UKT mungkin belum tentu kuliah gratis, namun jika bidikmisi pasti kuliah gratis. Biasanya sih seleksi bidikmisi baru akan dilakukan saat semester 1. Namun, mulai sekarang carilah info bidikmisi pada website resmi kampusmu.

Selain bidikmisi, juga ada beasiswa lain yang tersedia. Jadilah mahasiswa yang aktif mencari info beasiswa. Kalian bukan lagi anak SMA yang harus dikasih tau, sudah mahasiswa harus serba update informasi beasiswa.

4. Cari Tahu Berkas Yang Perlu Dibawa Saat Daftar Ulang di Kampus

Saat daftar ulang online, kamu juga perlu untuk verifikasi berkas dengan datang langsung ke kampusmu. Biasanya sudah ada jadwalnya kapan kamu harus datang ke kampus. Dan lagi-lagi jadwal daftar ulang tiap universitas beda, namun secara umum daftar ulangnya tanggal 22 Mei. Untuk lebih pastinya, coba cek informasi di website kampusmu.

Beberapa dokumen yang biasanya harus dibawa adalah Fotokopi Kartu Peserta SPAN-PTKIN 2018, Surat Keterangan Lulus dari Sekolah/Madrasah, Fotokopi KK, Bukti Bayar UKT, dan beberapa dokumen lain sebagaimana yang tertera di website kampusmu.

---

Nah, itu tadi 4 hal yang perlu kamu persiapkan setelah dinyatakan lulus SPAN PTKIN 2018. Jangan sampai tidak daftar ulang SPAN PTKIN 2018 ya. Baca informasi secara jelas di website kampusmu. Bila ada kesulitan, cobalah bertanya pada kakak tingkatmu di kampus tersebut. Bila memungkinkan, kamu juga masuk grup jurusan yang lolos span ptkin 2018. Persiapkan semua berkas dengan matang, lengkap dan TELITI.

Buat yang tidak lolos SPAN PTKIN, kamu bisa ikut jalur lain yaitu UM-PTKIN. Pendaftaran UM-PTKIN 2018 ditutup 8 Mei 2018 (diundur sampai 11 Mei). Masih ada waktu bagimu untuk daftar UMPTKIN ya.

Baca juga: Soal UMPTKIN dan Pembahasan

Selamat datang, para mahasiswa baru di kampus masing-masing!
Hidup mahasiswa!
Hidup mahasiswa!
Hidup rakyat Indonesia!

Salam anak kos!

0 Response to "SETELAH LULUS SPAN PTKIN, INI HAL-HAL YANG PERLU KAMU SIAPKAN"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel