√ Jangan Cuma Berharap Pada SNMPTN, Inilah Jalur Lain Yang Bisa Kamu Persiapkan! - PAGUNPOST -->

Jangan Cuma Berharap Pada SNMPTN, Inilah Jalur Lain Yang Bisa Kamu Persiapkan!

Banyak diantara siswa-siswi Kelas 12 yang hanya menggantungkan nasib dan berharap banyak di jalur SNMPTN saja. Memang jalur SNMPTN atau raport ini bisa dibilang jalur paling ringan atau enteng karena hanya modal dengan menggunakan nilai raport dan sertifikat/piagam (bila ada) sebagai alat untuk seleksi disamping juga mungkin ada penilaian dari segi sekolah dan alumni. 

Saking enaknya jalur SNMPTN yang gratis ini, sebagian siswa hanya menunggu pengumuman SNMPTN 2020 tanpa mempersiapkan jalur lain sebagai cadangan atau alternatif jika nantinya tidak lolos SNMPTN. 

Padahal SNMPTN itu penuh ketidakpastian dan kuotanya hanya sekitar 20% saja dari total angkatan mahasiswa baru. Pun juga penilaian SNMPTN itu serba misterius dan kompleks. Nilai raport yang yang selalu naik atau diatas rata-rata belum menjamin bisa lulus SNMPTN. 

Maka saran saya adalah siapkan jalur lain selain snmptn

Jangan mau kalah dengan para alumni dan siswa lain yang sudah belajar sbmptn jauh-jauh hari. Kalau perlu, mulai sekarang anggap saja tidak lulus SNMPTN biar kamu bisa fokus mempersiapkan jalur lain sejak awal. Toh juga alur SNMPTN memang tanpa tes jadi nggak perlu ada persiapan muluk-muluk. Lebih baik persiapan jalur ujian tulis saja karena butuh persiapan yang tidak singkat.

Dalam proses seleksi SNMPTN banyak kesulitan atau kendala yang dialami siswa seperti kesulitan login pdss snmptn karena mungkin password salah. Atau server website pdss snmptn yang tidak bisa diakses karena terlalu banyak diakses sehingga server down. Ada juga yang input nilai raportnya salah karena berbeda antara di pdss dan raport tapi terlanjur sudah diversifikasi atau verifikasi ditutup. Saya sendiri berharap semoga kendala-kendala tersebut bisa diselesaikan. Karena jika ada perbedaan data terutama nilai antara yang diinput dengan raport aslinya bukan tidak mungkin akan dibatalkan kelulusan snmptn nanti karena setelah lulus snmptn biasanya ada verifikasi berkas. 

Jika saat cek pengumuman pemeringkatan sudah tidak lulus SNMPTN apalagi jika ditolaknya sejak tidak lolos pdss snmptn maka setidaknya kalian harus punya rencana lain masuk masuk kampus lewat jalur mana. Mentalmu sudah siap menerima penolakan snmptn karena sudah ada persiapan lain.
Baca juga: Bersyukurlah Jika Anda Tidak Lolos PDSS SNMPTN
Gagal bukan berarti kamu tidak bisa bangkit, kan? 
Bangkitlah, dan yakin rencana Tuhan adalah yang terbaik.



Berikut adalah jalur-jalur selain snmptn yang bisa kamu coba:

1. SBMPTN (Test Center)

SBMPTN atau yang sekadang berganti nama menjadi test center atau juga UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah jalur masuk PTN yang sifatnya mengerjakan jenis soal HOTS. Jika pada SBMPTN sebelumnya ujian terdiri dari TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar), maka pada SBMPTN mendatang ujian akan terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik). Hasil UTBK ini akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN bahkan juga jalur mandiri.

Perlu diketahui juga jika saat ikut SNMPTN lintas jurusan sangat tidak direkomendasikan. Tidak ada lagi istimewaan anak IPA yang memilih jurusan IPS di SNMPTN. Jika memang mau lintas jurusan lebih baik berjuang di jalur tes tulis seperti SBMPTN jika dirasa memiliki kemampuan untuk belajar materi baru. Peluang SBMPTN juga lebih besar daripada SNMPTN karena yang diterima di sbmptn ini adalah sekitar 40% dari total angkatan jurusan. 

Jangan lupa juga jika sudah lulus SNMPTN otomatis tidak bisa ikut SBMPTN. Jadi jangan asal-asalan memilih jurusan SNMPTN. Bisa jadi justru diterima dipilihan terakhir. Jangan sampai sudah diterima SNMPTN tapi malah tidak diambil. Kasihan siswa lain yang minat sekali di jurusan tersebut.


2. SPAN PTKIN  

SPAN PTKIN adalah salah satu jalur untuk bisa masuk PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) seperti STAIN, IAIN dan UIN. Jalur ini bisa dibilang mirip SNMPTN karena harus didaftarkan melalui pihak sekolah dan sistem seleksi menggunakan nilai raport atau prestasi.

Prodi SPAN PTKIN memang kebanyakan berbau keagamaan namun juga ada jurusan umum yang tersedia di SPAN PTKIN. Karena ini memang khusus untuk STAIN, IAIN dan UIN maka mungkin beberapa sekolah tidak mendaftarkan siswanya di jalur ini. Jika kalian memang minat jalur SPAN PTKIN bisa minta saja pihak sekolah untuk mendaftarkan. Apalagi jika kalian tidak lulus pemeringkatan SNMPTN maka tidak ada salahnya ikut jalur SPAN PTKIN ini.

Namun, kamu juga harus BERTANGGUNGJAWAB. Artinya, andaikan nanti kamu lulus SPAN PTKIN maka sebaiknya juga diambil. Jangan iseng daftar tapi pas diterima malah tidak diambil. Kalau memang tidak minat SPAN PTKIN ya sebaiknya tidak usah mendaftar ya. Berikan kesempatan pada mereka yang niat SPAN PTKIN. 



3. UM-PTKIN  

Jika memang sekolah tidak mendaftarkan siswanya di SPAN PTKIN, kamu bisa ikut UMPTKIN karena prodi UMPTKIN yang terbuka di jalur SPAN PTKIN mirip dengan jalur UMPTKIN. UMPTKIN 2020 ini bisa diikuti alumni 2018 dan 2019 ditambah siswa kelas 12 sekarang yang akan lulus 2020.

Bagi anda yang sudah daftar sbmptn diperbolehkan mengikuti umptkin. Selama belum ada pengumuman, coba saja semua jalur termasuk UM PTKIN. Rejeki tidak ada yang tahu bisa saja tidak lulus sbmptn malah diterima umptkin.

UMPTKIN ini juga ada kelompok soal ujian IPS, IPA atau IPC tergantung dengan jurusan yang akan diambil. Lokasi tes ujian UMPTKIN ini bebas memilih STAIN, IAIN atau UIN yang terdekat dari rumahmu meski kamu tidak memilih prodi di situ.

Mulai sekarang bisa mulai mencari soal umptkin 2020 sebagai bahan belajar karena buku umptkin itu langka. Sangat jarang atau bahkan tidak ada di toko buku disekitar rumahmu. Biasanya ada soal umptkin pdf dan ada yang versi buku.
buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Buku UMPTKIN 2020
Mau punya Buku UMPTKIN 2020 dan pembahasan?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:


Pelajari juga=> Buku UM PTKIN
Baca juga: Apakah Kena Blacklist Jika Lolos SPAN-PTKIN Tapi Tidak Diambil?
Selain SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN yang bisa saya berikan. Sebenarnya masih ada seleksi lain seperti sipenmaru poltekkes, sekolah ikatan dinas, PMDK, UMPN (ujian masuk politeknik negeri), atau jalur mandiri.

INTINYA, jangan hanya berharap pada satu jalur saja karena butuh cadangan atau alternatif jika nanti ditolak satu jalur. Belajarlah aktif dalam mencari informasi sendiri jangan hanya bergantung informasi dari pihak sekolah.

Sudah mau jadi mahasiswa harus lebih dewasa dan inisiatif misalnya dalam mencari informasi termasuk dalam informasi beasiswa kuliah.

Selagi belum ada pengumuman lulus, kamu bisa daftar jalur masuk apapun sebagai cadangan/alternaitf. Sebagai konsekuensi karena sudah mendaftar, ketika sudah dinyatakan lulus ya mohon diambil. Berani mendaftar harus berani mengambil. Jadilah siswa yang bertanggungjawab. Dan jika sudah lulus salah satu jalur, maka tidak perlu lagi mendaftar jalur lain lagi. Berikan kesempatan pada temanmu yang belum mendapatkan tempat kuliah.

Selamat berjuang untuk mendapatkan satu bangku di kampus yang kalian inginkan. Semoga berhasil. Good luck!

Jangan Cuma Berharap Pada SNMPTN, Inilah Jalur Lain Yang Bisa Kamu Persiapkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel