Jangan Diam Nunggu SNBP, Siapkah Cadangan Jalur Lain Seperti ini ... - PAGUNPOST -->

Jangan Diam Nunggu SNBP, Siapkah Cadangan Jalur Lain Seperti ini ...

Banyak diantara siswa-siswi Kelas 12 yang hanya menggantungkan nasib dan berharap banyak di jalur rapor seperti SNBP atau SPAN-PTKIN. 

Memang jalur rapor ini sibuknya diawal ketika proses isi pendaftaran. Setelah selesai daftar dan finalisasi maka tinggal nunggu pengumuman saja, kan? 

Namun, kamu jangan hanya diam nunggu pengumuman SNBP tanpa mempersiapkan jalur lain sebagai cadangan atau alternatif jika nantinya tidak lolos SNBP. 

Perlu diingat SNBP itu banyak faktor penilaian dan kuotanya tidak terlalu banyak. Apalagi penilaian SNBP itu kompleks/macam-macam. Nilai raport yang yang selalu naik atau diatas rata-rata belum menjamin pasti SNBP. 

Maka saran saya adalah siapkan jalur lain sebagai cadangan. 

Jangan mau kalah dengan para alumni/gapyear dan siswa lain yang sudah belajar sbmptn/snbt/umptkin jauh-jauh hari. 

Kalau perlu, anggap saja dirimu sudah tidak lulus SNBP agar termotivasi mempersiapkan cadangan jalur lain daripada cuma diam setelah selesai daftar SNBP. 

Jadi, manfaatkan waktu persiapan jalur ujian tulis saja karena butuh persiapan belajar materi-materinya.

Jika nanti ternyata lolos SNBP, ya bersyukur. 

Jika gagal SNBP, setidaknya sudah ada recana jalur lain sehingga tidak terlalu down. Mentalmu tidak kaget karena sadar yang namanya jalur rapor itu banyak faktor yang menentukan kelulusan. 

Gagal bukan berarti kamu tidak bisa bangkit, kan? 
Bangkitlah, dan yakin rencana Allah adalah yang terbaik.

Berikut adalah jalur-jalur selain SNBP yang bisa kamu coba:

# SNBT

SBMPTN atau sekarang SNBT 

Jangan lupa untuk buat akun SNPMB dulu ya. Jadwalnya bisa cek di web resminya.


# SPAN PTKIN  

SPAN PTKIN adalah salah satu jalur untuk bisa masuk PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) seperti STAIN, IAIN dan UIN. Jalur ini bisa dibilang mirip SNBP karena harus didaftarkan melalui pihak sekolah dan sistem seleksi menggunakan nilai rapor atau prestasi.

Bedanya dengan SNBP, Prodi SPAN PTKIN memang kebanyakan berbau keagamaan namun juga ada jurusan umum yang tersedia di SPAN PTKIN. Karena ini memang khusus untuk STAIN, IAIN dan UIN maka mungkin beberapa sekolah tidak mendaftarkan siswanya di jalur ini. Jika kalian memang minat jalur SPAN PTKIN bisa minta saja pihak sekolah untuk mengisikan PDSS agar siswa bisa ikut SPAN-PTKIN. Semua siswa bisa ikut span-ptkin tanpa eligible.

Namun, kamu juga harus BERTANGGUNGJAWAB. Artinya, andaikan nanti kamu lulus SPAN PTKIN maka sebaiknya juga diambil. Jangan iseng daftar tapi pas diterima malah tidak diambil. Kalau memang tidak minat SPAN PTKIN ya sebaiknya tidak usah mendaftar ya. Berikan kesempatan pada mereka yang niat SPAN PTKIN. 

# UM-PTKIN  

Jika memang sekolah tidak mendaftarkan siswanya di SPAN PTKIN atau telat info span-ptkin, kamu bisa ikut UMPTKIN karena prodi UMPTKIN yang terbuka di jalur SPAN PTKIN mirip dengan jalur UMPTKIN. UMPTKIN 2024 ini bisa diikuti alumni 2022 dan 2023 ditambah siswa kelas 12 sekarang yang akan lulus 2024/

Bagi anda yang sudah daftar SNBT diperbolehkan mengikuti umptkin. Selama belum ada pengumuman, coba saja semua jalur termasuk UM PTKIN. 

Rejeki tidak ada yang tahu... bisa saja tidak lulus SNBT malah diterima umptkin.

Mulai sekarang bisa mulai mencari latihan soal umptkin sebagai bahan belajar. klik => Latihan Soal UMPTKIN Gratis




INTINYA, jangan hanya berharap pada satu jalur saja karena butuh cadangan atau alternatif jika nanti ditolak satu jalur. Belajarlah aktif dalam mencari informasi sendiri jangan hanya bergantung informasi dari pihak sekolah.

Sudah mau jadi mahasiswa harus lebih dewasa dan inisiatif misalnya dalam mencari informasi termasuk dalam informasi beasiswa kuliah.

Selagi belum ada pengumuman lulus, kamu bisa daftar jalur masuk apapun sebagai cadangan/alternaitf. Sebagai konsekuensi karena sudah mendaftar, ketika sudah dinyatakan lulus ya mohon diambil. Berani mendaftar harus berani mengambil. Jadilah siswa yang bertanggungjawab. Dan jika sudah lulus salah satu jalur, maka tidak perlu lagi mendaftar jalur lain lagi. Berikan kesempatan pada temanmu yang belum mendapatkan tempat kuliah.

Selamat berjuang untuk mendapatkan satu bangku di kampus yang kalian inginkan. Semoga berhasil. Good luck!

***
Mau Soal UM PTKIN?
***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel