Boleh Ikut UTBK SNBT + UM PTKIN Sekaligus, Apa Alasannya? - PAGUNPOST -->

Boleh Ikut UTBK SNBT + UM PTKIN Sekaligus, Apa Alasannya?

Lupakan kegagalan SNBP dan SPAN PTKIN. Mungkin rezekinya bukan disitu. 

Tetap berbaik sangka dengan segala rencana Allah. Yakinlah, semua ada hikmahnya. Jangan menyerah, sobat! Terus berjuang...

Jadikan itu pelajaran berharga dalam hidupmu. Bahwa kita tidak boleh hanya punya satu rencana, tetapi juga cadangan rencana bila rencana yang satu gagal masih ada harapan di rencana berikutnya.

Bagi kamu yang saat ini berjuang untuk bisa berkuliah di kampus negeri PTN maupun PTKIN, maka masih ada pintu kesempatan di jalur UTBK SNBT dan UMPTKIN. Kedua jalur tersebut sama-sama ujian tulis dengan mengerjakan soal soal.

Apa itu UMPTKIN? 

Mungkin sebagian masih asing dengan istilah UMPTKIN karena belum mengetahui apa kepanjangan UM PTKIN. 

UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yakni UIN, IAIN atau STAIN serentak seluruh Indonesia. Jadi, bisa dikatakan jika konsep UM PTKIN mirip SBMPTN meskipun soal umptkin BERBEDA dengan soal sbmptn.

Apakah bisa ikut UTBK SNBT dan UMPTKIN sekaligus? Jawabannya tentu BISA

Karena kedua jalur tersebut berbeda panitianya. SNBT dari Kemdikbud sedangkan UMPTKIN dari Kemenag. Ada beberapa perbedaan utbk sbmptn dengan umptkin.

Alasan Ikut UTBK SNBT dan UMPTKIN Sekaligus

Perlu diketahui jika Jurusan SNBT tidak sama persis dengan jurusan UM PTKIN.

Jurusan yang ditawarkan di SNBT kebanyakan UMUM atau murni seperti Biologi, Kimia, Kedokteran, Hukum, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan sebagainya. 

Berbeda dengan jurusan di UM PTKIN kebanyakan berbau kombinasi antara jurusan sosial, pendiikan dan keagamaan. Jurusan UMPTKIN seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Hukum Keluarga Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, dan sebagainya. NAMUN, ada juga jurusan UMUM / SAINTEK di UMPTKIN meskipun jumlahnya sendikit dan hanya di PTKIN tertentu saja.

Boleh kok ikut SNBT dan UMPTKIN sekaligus
UTBK SNBT & UMPTKIN, ikut kedua jalur tersebut memang diperbolehkan dan saya sangat menyarankan terutama bagi kamu yang sampai saat ini belum jelas diterima di kampus mana pun. Jika minat dengan jurusan UMPTKIN cobalah daftar.

Ikut UTBK SNBT dan UMPTKIN sekaligus ibarat kita mempunyai nyawa cadangan. Jika misalnya nanti ditolak SNBT setidaknya masih ada harapan di UMPTKIN. Sebenarnya nggak harus UTBK SNBT dan UMPTKIN kok. Kamu bisa merencakan candung jalur lain yang cocok sesuai keinginanmu misalnya jalur mandiri, Sipenmaru Poltekkes, UMPN atau Sekolah Kedinasan.

Terserah. Analisis sendiri kapan tesnya, kapan pendaftarannya, kapan pengumumannya. Intinya adalah cobalah untuk membuat jalur cadangan sehingga tidak hanya berpaku pada 1 jalur. Seandainya ditolak jalur satu, masih ada peluang diterima di jalur lain. Siapkan rencana cadangan dan jangan hanya berharap 1 jalur saja.


Jika kamu ikut SNBT dan UMPTKIN sekaligus, maka ada kemungkinan empat kemungkinan:
  • lulus SNBT dan lulus UMPTKIN
  • lulus SNBT tapi tidak lulus UMPTKIN
  • tidak lulus SNBT  tapi lulus UMPTKIN
  • tidak lulus SNBT dan tidak lulus UMPTKIN

Nah, semoga bisa kamu termasuk yang lulus SNBT dan lolos umptkin. Kalau sudah lulus dua-duanya ya tinggal kembali lagi ke kamu pribadi. Kalau lebih cocok UMPTKIN ya pilih UMPTKIN, dan kalau cocoknya di SNBT ya tinggalin UMPTKIN meskipun sudah lulus.

Bijaklah dalam memilih jurusan dan mohon restu orang tua. 

Klik juga=> Latihan soal UMPTKIN

Ingin belajar UM-PTKIN ?


Salam sukses!

6 Responses to "Boleh Ikut UTBK SNBT + UM PTKIN Sekaligus, Apa Alasannya?"

  1. Tpi min, kalau misalnya nyoba di kampus yg sama melalui 2 jalur itu tetapi mengambil jurusan yg berbeda katanya kampus ga ngebiarin kita lolos di dua jalur sekaligus ya? Karna katanya ngerugiin pihak kampus karna bakalan ada bangku kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setidaknya bisa lulus salah satu, kan?

      Hapus
  2. min apakah misal sudah masuk SPAN PTKIN terus ikut UTBK SBMPTN apakah masih boleh atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sudah saya bahas di tulisan lain, coba browsing di google ikut spanptkin dan snmptn sekaligus..

      disitu saya bahas lulus span-ptkin dan mau ikut sbmptn

      Hapus
  3. Min, mau nanya. Semisal nih, daftar SNBT sama UMPTKIN sekaligus dan keterima dua-duanya, apakah jurusan yang digugurin harus bayar juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu rencana mau pilih apa emang kalau lolos dua duanya?

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel