Boleh Ikut UTBK SBMPTN dan UM PTKIN Sekaligus, Apa Alasannya?

Lupakan SNMPTN dan SPAN PTKIN. Mungkin rezekinya bukan disitu. Tetap berbaik sangka dengan segala rencana Tuhan. Yakinlah, semua ada hikmahnya. Jangan menyerah, sobat! Terus berjuang...

Jadikan itu pelajaran berharga dalam hidupmu. Bahwa kita tidak boleh hanya punya satu rencana, tetapi juga cadangan rencana bila rencana yang satu gagal masih ada harapan di rencana berikutnya.

Bagi kamu yang saat ini berjuang untuk bisa berkuliah di kampus negeri PTN maupun PTKIN, maka masih ada pintu kesempatan di jalur UTBK SBMPTN dan UM PTKIN. Kedua jalur tersebut sama-sama ujian tulis dengan mengerjakan soal soal.

Apa itu UM PTKIN? Mungkin sebagian masih asing dengan istilah UMPTKIN karena belum mengetahui apa kepanjangan UM PTKIN. Singkatan um ptkin adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yakni UIN, IAIN atau STAIN serentak seluruh Indonesia. Jadi, bisa dikatakan jika konsep UM PTKIN mirip SBMPTN meskipun soal umptkin BERBEDA dengan soal sbmptn.

Apakah bisa ikut UTBK dan UMPTKIN sekaligus? Jawabannya tentu BISA. Karena kedua jalur tersebut berbeda panitianya. SBMPTN dari Kemristekdikti sedangkan UMPTKIN dari Kemenag.
Ada beberapa perbedaan utbk sbmptn dengan umptkin. Yang pasti, UTBK dilaksanakan lebih dari sekali sedangkan UMPTKIN hanya sekali yakni 28 Mei 2019. 

Alasan Ikut UTBK SBMPTN dan UMPTKIN Sekaligus

Sistem UTBK SBMPTN berbeda dengan UMPTKIN.

UTBK SBMPTN harus ikut ujian dulu - dapat nilai untuk daftar - pilih prodi & kampus - pengumuman.

sedangkan

UMPTKIN langsung daftar pilih prodi & kampus - ujian - pengumuman.


UTBK SBMPTN & UMPTKIN, ikut kedua jalur tersebut memang diperbolehkan dan saya sangat menyarankan terutama bagi kamu yang sampai saat ini belum jelas diterima di kampus mana pun.

Ikut UTBK dan SBMPTN sekaligus ibarat kita mempunyai nyawa cadangan. Jika misalnya nanti ditolak SBMPTN setidaknya masih ada harapan di UMPTKIN. Sebenarnya nggak harus UTBK SBMPTN dan UMPTKIN kok. Kamu bisa merencakan jalur lain yang cocok sesuai keinginanmu misalnya Sipenmaru Poltekkes, UMPN atau Sekolah Kedinasan. Terserah. Analisis sendiri kapan tesnya, kapan pendaftarannya, kapan pengumumannya. 

Namun artikel ini memang membahas UTBK SBMPTN dan UMPTKIN karena kebanyakan siswa memang ikut kedua jalur tersebut. 

Jika dilihat dari jadwal pengumumannya, 
Pengumuman UMPTKIN 1 Juli 2019 sedangkan pengumuman SBMPTN 9 Juli 2019.

Jika kamu ikut UMPTKIN dan SBMPTN sekaligus, maka ada kemungkinan empat kemungkinan:
  • lulus UM PTKIN dan lulus SBMPTN
  • lulus UM PTKIN tapi tidak lulus SBMPTN
  • tidak lulus UMPTKIN tapi lulus SBMPTN
  • tidak lulus UMPTKIN dan tidak lulus SBMPTN

Nah, semoga bisa kamu termasuk yang lulus UMPTKIN dan lulus SBMPTN. Kalau sudah lulus dua-duanya ya tinggal kembali lagi ke kamu pribadi. Kalau lebih cocok UMPTKIN ya pilih UMPTKIN, dan kalau cocoknya di SBMPTN ya tinggalin UMPTKIN meskipun sudah lulus.

Bijaklah dalam memilih jurusan dan mohon restu orang tua. Jangan sampai sudah lulus tapi tidak diambil gara-gara tidak nyaman atau tidak mendapat restu orang tua.


Salam sukses!

2 Responses to "Boleh Ikut UTBK SBMPTN dan UM PTKIN Sekaligus, Apa Alasannya?"

  1. Tpi min, kalau misalnya nyoba di kampus yg sama melalui 2 jalur itu tetapi mengambil jurusan yg berbeda katanya kampus ga ngebiarin kita lolos di dua jalur sekaligus ya? Karna katanya ngerugiin pihak kampus karna bakalan ada bangku kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setidaknya bisa lulus salah satu, kan?

      Hapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel