Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan - PAGUNPOST -->

Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan

Apakah anda berniat ikut SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus? 

BOLEH saja karena tidak ada aturan yang melarangnya.

NAMUN, kamu juga harus mendaftar secara bijak. Jangan asal ikut-ikutan atau coba-coba. Jangan sampai sudah lulus span ptkin tapi malah tidak diambil gara-gara tidak suka dengan prodi span ptkin. Kecuali jika memang kamu lulus keduanya (SNMPTN & SPAN PTKIN) maka sebaiknya ambil yang SNMPTN saja.

Jika dari awal tidak suka dengan jurusan span ptkin lebih baik tidak perlu mendaftar sejak awal. Dari pada nanti tidak lulus SNMPTN dan lulus SPAN PTKIN malah tidak diambil gara-gara tidak suka dengan jurusannya. Pikirkan matang dan konsultasi dengan orang tua ya.

Buat yang belum tau SPAN PTKIN itu APA? Jadi.. SPAN PTKIN 2021 adalah jalur masuk UIN/IAIN/STAIN se-Indonesia melalui nilai raport dan prestasi akademik. Jalur ini memang agak mirip dengan SNMPTN.

SPAN PTKIN bisa untuk UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang)

Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021

Beberapa siswa kelas 12 mungkin masih bingung perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021. Sebenarnya apa sih beda SPAN PTKIN dan SNMPTN?

Berikut adalah perbedaan snmptn dan span ptkin beserta persamaan snmptn dan span ptkin.

Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2020
TAMBAHAN Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021

Jadi Prodi SNMPTN beda dengan SPAN PTKIN 2021 meskipun UIN bisa masuk SNMPTN dan SPAN PTKIN.

Misalnya:
  • Jurusan Psikologi UIN Bandung masuknya jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri
  • Sedangkan Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Bandung masuk SPAN PTKIN, UMPTKIN dan Mandiri

Menyoal jurusan di SPAN PTKIN memang kebanyakan berbau keagamaan. 

Silahkan cek di website https://span-ptkin.ac.id/prodi untuk melihat prodi span ptkin 2021. 

Namun tidak semua jurusan yang ada di SPAN PTKIN berbau keagamaan. 

Ada beberapa PTKIN yang menawarkan jurusan IPA (saintek) di SPAN PTKIN meski jumlah prodinya sedikit. Silahkan cek di daftar prodi span ptkin dan daya tampung 2021 untuk info lebih jelasnya.

Ingin belajar UM-PTKIN 2021?
atau klik tombol di bawah ini:
********

SPAN PTKIN 2021 tidak ada pemeringkatan jadi semua siswa yang ingin mendaftar diperbolehkan daftar SPAN PTKIN 2021 selama sekolah mengizinkan.

Berbeda dengan SNMPTN 2021 yang jumlah pendaftar dibatasi kuota daftar dan hanya yang eligible yang bisa ikut

36 Responses to "Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan"

  1. Kak saya mau bertanya. Kalo saya anak MIPA dan saya ingin masuk jalur SPANPTKIN jurusan PGMI apakah bisa untuk tahun 2021 ini?
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Kak saya mau bertanya. Kalo saya anak MIPA dan saya ingin masuk jalur SPANPTKIN jurusan PGMI apakah bisa untuk tahun 2021 ini?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh saja..kalau lulus atau tidaknya, biarkan pihak kampus yang menilai.

      Hapus
  3. Kak saya mau tanya, kalau sudah lulus di SPANPTKIN apa masih boleh ikut sbmptn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa nyoba sbmptn lagi?

      setelah lulus spanptkin ada daftar ulang bayar ukt.. nah kalau tdk daftar ulang, maka dianggap mundur..

      sedangkan pengumuman sbmptn masih lama..

      coba dipertimbangkan ya...
      kemungkinan boleh-boleh aja nyoba sbmptn

      Hapus
  4. Kak mau tanya kalu semisal sudah dftr spanptkin apakh bisa dftr umptkin lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu pengumuman span-ptkin aja dulu..

      kalau ngga lolos span-ptkin, baru daftar umptkin.
      masih ada waktu untuk daftar umptkin setelah pengumuman span

      Hapus
  5. ka mau nanya, kalau kita ga ikut snmptn apa masih bisa ikut span?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa, silahkan lapor ke sekolah untuk didaftarkan

      Hapus
  6. Kak izin bertanya, apa pendaftaran SPAN PTKIN juga bisa mengajukan kip kuliah seperti di SNMPTN? Selain itu, bisakah saya sebagai anak IPA mendaftar di prodi soshum dan agama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pendaftaran kip kuliah PTKIN berbeda dengan kip kuliah kemdikbud.

      biasanya pendaftaran kip kuliah PTKIN dilakukan setelah jadi mahasiswa. khusus kip kuliah UIN malang daftarnya bersamaan dengan jadwal daftar tesnya. untuk kip kuliah PTKIN diatur oleh masing-masing kampus pendaftaran kip kuliah PTKIN...

      Hapus
  7. Kak mau tanya dari sekolah ku suruh daftar akun ltmpt, aku udah daftar ltmpt, terus berubah pikiran ingin daftar span ptkin kalau aku gak jadi ikut snmptn boleh nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu masuk kuota snmptn?

      Hapus
    2. Iya ka, bagaimana klo berubah pikiran ingin daftar spanptkin dan tidak jadi ikut snmptn tpi sudah daftar akun ltmpt boleh tdk ka?

      Hapus
    3. coba tanyakan ke sekolah, belum pilih jurusan snmptn kan?
      tapi harus diingat bahwa kamu termasuk beruntung masuk kuota snmptn karena ngga semua siswa dapet...

      Hapus
    4. Sama sdh dftr akun LPTMP skrng mau dftr PTKIN.....
      Bingung

      Hapus
    5. Akun LTMPT untuk jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN. Untuk PTKIN yang UIN itu bisa lewat SNMPTN dan SBMPTN,.

      tapi kalau jalur SPAN-PTKIN dan UMPTKIN tidak pakai akun ltmpt.

      jalur masuk UIN memang ada 5 (snmptn, sbmptn, span ptkin, umptkin dan mandiri)

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak mau nanya beasiswa SPAN-PTKIN itu apa aja ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPAN-PTKIN bukan beasiswa.

      SPAN-PTKIN ini adalah salah satu jalur masuk UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA. kalau mau daftar beasiswa itu beda lagi. SPAN PTKIN fokus ke seleksi masuk kampusnya

      Hapus
  9. Kak kan aku ikut snmpt,pilihan keduanya iain. Nah iain itu termasuk snmptn ga si kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. IAIN tidak lewat SNMPTN.

      kalau UIN masih bisa lewat SNMPTN/SBMPTN

      kalau IAIN itu jalurnya SPANPTKIN, UMPTKIN dan Mandiri

      Hapus
  10. Kak kan aku termasuk siswa yang kepilih snmptn,terus pilihan kedua aku iain. Nah apakah iain termasuk di snmptn ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iain tidak ikut snmptn..

      Iain lewat spanptkin, umptkin atau ujian mandiri

      Hapus
  11. Kak ketika masuk SPAN PTKIN apkah wajib hafalan Al qur'an kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Span ptkin itu nama untuk seleksinya.

      Maksudnya kalau masuk ptkin (uin, iain, stain)? Kalau hafal 30 juz alquran tidak wajib.. Tapi MUNGKIN nanti saat kuliah ada kewajiban hafal ayat/hadist.. Tergantung jurusan kuliahnya juga

      Hapus
  12. Kak kalau ikut snm sama span ptkin bisa ? takutnya kalau saya lulus snm sekolah saya di blacklist sama uin nya gitu...

    BalasHapus
  13. Kak,apakah spanptkin berlaku di seluruh universitas?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. span ptkin itu jalur masuk UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA

      Hapus
  14. Kak jika keterima di snmptn dan ptkin tapi orang tua bilang ambil yang ptkin aja gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa terus daftar snmptn kalau orangtua lebih nyuruh ke ptkin?

      Hapus
  15. Kak, kalau misalnya kita dafttarnya SNMPTN dan span ptkin di kampus yang sama, terus udah lolos di SNMPTN... apakah masih ada peluang buat keterima di span ptkin juga?
    Mohon penjelasannya kak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja.. jurusan di snmptn dan span ptkin kan beda..

      Hapus
    2. kamu lebih milih snmptn atau span ptkin?

      Hapus
  16. Kak, saya mau tanya temen saya lulus span, kalo mislnya dia lulus utbk juga, dia lebih milih utbk, lalu mundur span? Apa sekolah kena blacklist kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir daftar ulang span-ptkin kapan? kalau tdk daftar ulang hangus

      trus pengumuman sbmptn kapan?

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel