Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan - PAGUNPOST -->

Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan

Kepanjangan SPAN PTKIN 2021 adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN dan STAIN berdasarkan nilai raport dan prestasi akademik (bila ada).

SPAN PTKIN 2021 bisa dikuti oleh Siswa Kelas 12 atau yang akan lulus 2021.

Untuk alumni tidak bisa mendaftar SPAN PTKIN 2021.
Alumni bisa ikut SBMPTN, UMPTKIN, dan Ujian Mandiri.

SPAN PTKIN 2021 terbuka untuk semua sekolah baik SMA - SMK - MA - MAK - Pesantren Mu'adalah. Semua punya peluang lulus SPAN PTKIN

SPAN PTKIN 2021 tidak ada sistem pemeringkatan seperti SNMPTN sehingga semua siswa bisa mendaftar jika memang berniat kuliah di UIN, IAIN atau STAIN. Pendaftaran SPAN-PTKIN dikoordinir oleh guru BK/kepala sekolah. Selanjutnya siswa akan diberikan ID pendaftaran dan pasword untuk login melanjutkan pendaftaran SPAN PTKIN dan memilih jurusan span ptkin 2021.

Sebaiknya jangan coba-coba daftar jika memang dari awal tidak niat ikut SPAN-PTKIN 2021. Apalagi jika dari awal sudah kurang suka dengan prodi SPAN PTKIN 2021. Silahkan disimak baik-baik SPAN PTKIN prodi. Apalagi jika anda mendaftar SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus bisa lulus dua-duanya.
  • Jika memang tertarik dan serius SPAN PTKIN, silahkan mendaftar. 
  • Jika memang dari awal kurang suka SPAN PTKIN, sebaiknya tidak perlu mendaftar. 
InsyaAllah penilaian SPAN PTKIN adil karena sistem seleksi span ptkin berdasarkan pertimbangan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik seperti sertifikat akademik lainya. Ditambah dengan penilaian rekam jejak kinerja sekolah.

Prodi SPAN PTKIN 2021 

Khusus untuk UIN sendiri memang ada yang membuka jurusan umum pada SPAN PTKIN & UM PTKIN. Sebagaimana UIN Raden Fatah Palembang yang membuka prodi umum di SPAN PTKIN dan  UM PTKIN yaitu jurusan Jurnalistik (IPS/SOSHUM) & Sistem Informasi (IPA/SAINTEK), sedangkan pada UIN Alauddin Makasar membuka jurusan Biologi, Fisika, Teknik Informatika, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Perpustakaan, Farmasi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Kebijakan tiap UIN memang berbeda beda karena biasanya jurusan UMUM ditawarkan di jalur SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI.

Meskipun demikian tidak semua STAIN, IAIN, UIN membuka prodi IPA atau IPS secara murni. Kebanyakan mengkombinasikan dengan Islam itu sendiri seperti Politik Islam, Akuntansi Syariah, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Psikologi Islam, Sosiologi Islam, dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.

Apakah span ptkin bisa lintas jurusan?

Bagi siswa IPA bisa memilih prodi IPA dan IPS

sedangkan bagi siswa IPS/Bahasa/Agama hanya bisa prodi IPS

Namun, Peluang lulus SPAN PTKIN sulit diprediksi. Yakin dan banyak berdoa.

biasanya jurusan saintek lain dibuka di jalur SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI.

Jadi jangan kaget jika kebanyakan prodi SPAN PTKIN & prodi UM PTKIN berbau KEISLAMAN/Pendidikan karena memang demikian adanya.

Jika minatnya prodi UIN yang UMUM maka masuknya lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Informasi Prodi SPAN PTKIN 2021 bisa dilihat di => Jurusan SPAN PTKIN

Pada dasarnya setiap siswa bebas memilih pilihan ke-dua tanpa perlu takut dengan kampus yang tidak mau dinomorduakan. Tidak perlu pusing memikirkan universitas mana yang tidak mau jadi pilihan kedua karena mungkin tidak ada ketentuan urutan prodi secara khusu dalam SPAN PTKIN. Selama pilihan kedua kampus dan jurusan yang diambil cocok, tidak perlu khawatir dengan istilah tidak mau dinomorduakan. Urutan prodi berdasarkan priotas peserta.

Apa gunanya diberikan jatah memilih lebih dari satu jurusan jika tidak ada yang dinomorduakan? Jika ada universitas yang tidak mau dinomorduakan, sebaiknya ada kebijakan panitia bahwa peserta hanya pilih 1 jurusan dan 1 kampus saja.

Mungkin ada pertanyaan, kenapa yang lulus kebanyakan jurusan pilihan pertama? Wajar saja karena setiap pilihan pertama adalah prioritas utama siswa. Dan yang diseleksi pertama kali adalah pilihan pertama. Jika dari pilihan pertama sudah memenuhi (lulus) maka tidak diseleksi lagi dipiihan kedua. Sungguh aneh jika merasa menyesal diterima di pilihan pertama. Tarulah prodi dan kampus yang paling diminati pada pilihan pertama.

Idealnya memang UIN berada di pilihan pertama, tapi jika kamu lebih memilih masuk IAIN ya taruh IAIN dipilihan pertama. Kalian bebas memilih jurusan span ptkin uinsa, jurusan span ptkin uin jakarta, jurusan span ptkin uin jakarta, jurusan span ptkin uin bandung atau jurusan ptkin lain.

Kesimpulannya, pilihan pertama adalah prioritas paling utama, sedangkan pilihan kedua adalah prioritas yang kurang begitu utama namun juga juga kamu minati. Diterima di pilihan pertama atau kedua, harus siap untuk diambil jangan sampai tidak diambil. Jika niatnya tidak diambil, lebih baik tidak usah mendaftar saja. Bijaklah dalam melakukan pendaftaran span ptkin 2021.

Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN 2021

Sudah yakin dengan prodi yang akan kamu ambil di span ptkin? Selanjutnya silahkan dicatat jadwal pendaftaran SPAN PTKIN 2021.



Baca juga prospek jurusan lain dibawah ini:
***

***
Mau Soal UM PTKIN?
***

Jurusan SPAN PTKIN IAIN Malikussaleh Lhokseumawe

40 Responses to "Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN 2021 Plus Persamaan"

  1. Kak saya mau bertanya. Kalo saya anak MIPA dan saya ingin masuk jalur SPANPTKIN jurusan PGMI apakah bisa untuk tahun 2021 ini?
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Kak saya mau bertanya. Kalo saya anak MIPA dan saya ingin masuk jalur SPANPTKIN jurusan PGMI apakah bisa untuk tahun 2021 ini?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh saja..kalau lulus atau tidaknya, biarkan pihak kampus yang menilai.

      Hapus
  3. Kak saya mau tanya, kalau sudah lulus di SPANPTKIN apa masih boleh ikut sbmptn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa nyoba sbmptn lagi?

      setelah lulus spanptkin ada daftar ulang bayar ukt.. nah kalau tdk daftar ulang, maka dianggap mundur..

      sedangkan pengumuman sbmptn masih lama..

      coba dipertimbangkan ya...
      kemungkinan boleh-boleh aja nyoba sbmptn

      Hapus
  4. Kak mau tanya kalu semisal sudah dftr spanptkin apakh bisa dftr umptkin lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu pengumuman span-ptkin aja dulu..

      kalau ngga lolos span-ptkin, baru daftar umptkin.
      masih ada waktu untuk daftar umptkin setelah pengumuman span

      Hapus
  5. ka mau nanya, kalau kita ga ikut snmptn apa masih bisa ikut span?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa, silahkan lapor ke sekolah untuk didaftarkan

      Hapus
  6. Kak izin bertanya, apa pendaftaran SPAN PTKIN juga bisa mengajukan kip kuliah seperti di SNMPTN? Selain itu, bisakah saya sebagai anak IPA mendaftar di prodi soshum dan agama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pendaftaran kip kuliah PTKIN berbeda dengan kip kuliah kemdikbud.

      biasanya pendaftaran kip kuliah PTKIN dilakukan setelah jadi mahasiswa. khusus kip kuliah UIN malang daftarnya bersamaan dengan jadwal daftar tesnya. untuk kip kuliah PTKIN diatur oleh masing-masing kampus pendaftaran kip kuliah PTKIN...

      Hapus
  7. Kak mau tanya dari sekolah ku suruh daftar akun ltmpt, aku udah daftar ltmpt, terus berubah pikiran ingin daftar span ptkin kalau aku gak jadi ikut snmptn boleh nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu masuk kuota snmptn?

      Hapus
    2. Iya ka, bagaimana klo berubah pikiran ingin daftar spanptkin dan tidak jadi ikut snmptn tpi sudah daftar akun ltmpt boleh tdk ka?

      Hapus
    3. coba tanyakan ke sekolah, belum pilih jurusan snmptn kan?
      tapi harus diingat bahwa kamu termasuk beruntung masuk kuota snmptn karena ngga semua siswa dapet...

      Hapus
    4. Sama sdh dftr akun LPTMP skrng mau dftr PTKIN.....
      Bingung

      Hapus
    5. Akun LTMPT untuk jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN. Untuk PTKIN yang UIN itu bisa lewat SNMPTN dan SBMPTN,.

      tapi kalau jalur SPAN-PTKIN dan UMPTKIN tidak pakai akun ltmpt.

      jalur masuk UIN memang ada 5 (snmptn, sbmptn, span ptkin, umptkin dan mandiri)

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak mau nanya beasiswa SPAN-PTKIN itu apa aja ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPAN-PTKIN bukan beasiswa.

      SPAN-PTKIN ini adalah salah satu jalur masuk UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA. kalau mau daftar beasiswa itu beda lagi. SPAN PTKIN fokus ke seleksi masuk kampusnya

      Hapus
  9. Kak kan aku ikut snmpt,pilihan keduanya iain. Nah iain itu termasuk snmptn ga si kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. IAIN tidak lewat SNMPTN.

      kalau UIN masih bisa lewat SNMPTN/SBMPTN

      kalau IAIN itu jalurnya SPANPTKIN, UMPTKIN dan Mandiri

      Hapus
  10. Kak kan aku termasuk siswa yang kepilih snmptn,terus pilihan kedua aku iain. Nah apakah iain termasuk di snmptn ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iain tidak ikut snmptn..

      Iain lewat spanptkin, umptkin atau ujian mandiri

      Hapus
  11. Kak ketika masuk SPAN PTKIN apkah wajib hafalan Al qur'an kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Span ptkin itu nama untuk seleksinya.

      Maksudnya kalau masuk ptkin (uin, iain, stain)? Kalau hafal 30 juz alquran tidak wajib.. Tapi MUNGKIN nanti saat kuliah ada kewajiban hafal ayat/hadist.. Tergantung jurusan kuliahnya juga

      Hapus
  12. Kak kalau ikut snm sama span ptkin bisa ? takutnya kalau saya lulus snm sekolah saya di blacklist sama uin nya gitu...

    BalasHapus
  13. Kak,apakah spanptkin berlaku di seluruh universitas?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. span ptkin itu jalur masuk UIN, IAIN, STAIN dan UNSIKA

      Hapus
  14. Kak jika keterima di snmptn dan ptkin tapi orang tua bilang ambil yang ptkin aja gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa terus daftar snmptn kalau orangtua lebih nyuruh ke ptkin?

      Hapus
  15. Kak, kalau misalnya kita dafttarnya SNMPTN dan span ptkin di kampus yang sama, terus udah lolos di SNMPTN... apakah masih ada peluang buat keterima di span ptkin juga?
    Mohon penjelasannya kakšŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saja.. jurusan di snmptn dan span ptkin kan beda..

      Hapus
    2. kamu lebih milih snmptn atau span ptkin?

      Hapus
  16. Kak, saya mau tanya temen saya lulus span, kalo mislnya dia lulus utbk juga, dia lebih milih utbk, lalu mundur span? Apa sekolah kena blacklist kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir daftar ulang span-ptkin kapan? kalau tdk daftar ulang hangus

      trus pengumuman sbmptn kapan?

      Hapus
  17. Assalam..
    Kak.. aku rencana kuliah tahun adepan ambil prodi tadris bahasa inggris di IAIN dekat rumah aku. Pakai jalur apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau IAIN biasanya 3 jalur SPAN-PTKIN (raport dan khusus siswa kelas 12), UMPTKIN (ujian tulis dan kls 12 bisa alumni juga bisa) dan jalur mandiri

      Hapus
  18. assalamualaikum, apakah sekolah yg sudah mendaftarkan snmptn bisa untuk masuk uin prodi hukum keluarga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, hukum keluarga tersedia lewat jalur spanptkin, umptkin dan mandiri.

      Hukum keluarga tidak bisa snmptn/sbmptn.

      Kalau snmptn/sbmptn biasanya ilmu hukum yg umum

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel