Cara Ampuh Mengusir Lalat Membandel Mudah dan Praktis

Acapkali kita sering terganggu dengan berbagai jenis serangga di sekitar kita. Serangga yang akan kita bahas kali ini adalah lalat. Lalat merupakan jenis serangga yang sering menyerang makanan. Biasanya rumah-rumah makan atau warung akan menjadi sasaran empuk bagi lalat. Suasana seperti ini akan membuat orang yang makan di warung atau rumah makan menjadi tidak nyaman, selain itu juga lalat juga membawa kotoran yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena lalat sering berada di tempat sampah untuk mengais makanan di sana. Nah, bisa Anda bayangkan, ketika Anda sedang makan ada lalat yang hinggap di makanan Anda. Tentunya kotoran yang ada di tubuh lalat juga akan menginfeksi makanan Anda. Terkadang sudah berbagai cara yang kita lakukan untuk mengusir lalat, baik menggunakan metode alamiah maupun buatan, namun hasilnya juga sama, lalat semakin banyak berdatangan. Kali ini pagunpost akan berbagi tips mengenai Cara Ampuh Mengusir Lalat Membandel Mudah dan  Praktis.
Ilustrasi Lalat - Img via Wikipedia.org
Cara Ampuh Mengusir Lalat Membandel Mudah dan Praktis

Dalam mengusir lalat ada beberapa cara yang sering digunakan, baik cara alamiah (dengan bahan rempah-rempah) atau pun dengan cara manual dan kreatif dari tangan manusia. Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi berikut pagunpost hadirkan caranya untuk Anda:

1. Menggunakan kantong plastik berisi air. Cara ini sudah sering digunakan oleh orang, cara ini merupakan cara klasik untuk dapat mengusir lalat. Caranya, ambil kantong plastik yang ukuran satu kilo, masukkan air ke dalam kantong plastik secukupnya, kemudian ikat kantong plastik yang berisi air, dan gantungkan kantong plastik yang berisi air di dekat makanan atau jualan Anda. Cara ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja, melainkan cara ini juga sudah ada sejak lama di luar negeri. Pastinya Anda bingung bukan? Apa korelasinya kantong plastik dengan air untuk mengusir lalat? Ternyata jika ditinjau dari sisi sains, kantong plastik yang diisi dengan muatan air mampu membuat lalat pusing melihat pantulan cahaya dari matahari yang langsung memantulkan cahaya yang ada dalam kantong plastik yang berisi air tersebut, karena sifat memuai pada kantong plastik, sehingga hal ini akan membuat lalat mengalami fatamorgana. Maka dari itu cara ini juga merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengusir lalat. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan, cara ini hanya dapat digunakan dalam kondisi terang atau siang hari yang panas dan cerah. Jika dalam kondisi redup atau di malam hari tentunya cara ini tidak akan dapat bekerja.

Baca juga: Inilah Ciri-Ciri Virus Zika dan Cara Pencegahannya

2. Menggunakan air kopi dalam botol. Cara yang kedua ini adalah cara yang memadukan kreatifitas menggunakan botol buatan sendiri yang didalamnya dimasukkan air kopi. Kenapa harus menggunakan kopi? Karena aroma kopi tidak disukai oleh serangga. Nah, agar aroma kopi dapat keluar dengan efektif hendaknya ditaruh dalam sebuah botol plastik. Caranya: Ambil botol plasti merek aqua atau merek lainn yang serupa, potong dua botol tersebut. Kemudian, masukkan lubang botol ke arah bawah secara berlawanan. Kemudian masukan cairan kopi ke dalamnya. Dan letakkan cairan kopi tersebut di atas meja makan. Dan buktikan sendiri keampuhannya.

3. Menggunakan kulit jeruk. Cara yang ketiga ini juga merupakan cara yang ampuh untuk mengusir lalat. Dalam kulit jeruk terdapat enzim asam yang memiliki aroma yang menyengat. Aroma ini berfungsi untuk mengusir serangga termasuk lalat. Caranya cukup mudah, kupas kulit jeruk tentunya Anda memakan lebih dahulu buahnya, setelah itu, pencet kulit jeruk sehingga mengeluarkan cairan yang berisi enzim zat asam, letakkan kulit jeruk tersebut di atas meja makan baik di rumah Anda maupun rumah makan Anda. Silakan Anda coba dan buktikan sendiri apakah lalat akan betah atau malah memilih untuk pergi.

4. Menggunakan buah apel dengan tusukan cengkeh. Cara yang keempat ini cukup terbilang unik. Pasalnya menggunakan jenis buahan yang dipadukan dengan rempah-rempah yaitu cengkeh. Tentunya Anda tahu bukan cengkih banyak digunakan untuk apa. Ya, cengkih merupakan bahan dasar untuk mengolah rok0k. Tentunya ketika apel yang memiliki cairan manis yang mampu memancing lalat untuk hinggap, ketika cengkih ada di atas buah apel tersebut maka lalat tidak akan mau mendekatinya. Cara ini cukup dengan membeli satu buah apel. Kemudian memotong buah apel menjadi dua bagian atau 3 bagian atau boleh lebih. Setelah itu, potong cengkeh menjadi dua dan tancapkan cengkih di atas permukaan kulit buah apel. Dan silakan letakkan ditempat yang ingin Anda letakkan, bisa dimeja makan atau sekitar dapur dan warung Anda.

Baca Juga: Tips Ampuh Untuk Mengatasi Bayi Susah Tidur Rewel dan Suka Menangis

5. Menggunakan lem perekat. Cara yang kelima sudah dipastikan dan sangat dianjurkan. Bukan hanya mengusir lalat bahkan bisa membasmi hama lalat. Cara ini dengan menggunakan lem perekat. Lem perekat ini tentu saja bisa dibuat sendiri. Caranya amat mudah. Beli lem tikus atau lem yang menimbulkan aroma yang nyengat. Kemudian berikan atau oleskan lem tersebut di atas permukaan pembungkus nasi yang anti basah dan anti minyak. Potong kertas nasi tersebut menjadi dua atau lebih bagian. Setelah itu Letakkan kertas nasi yang sudah dibauri dengan lem perekat tersebut di atas meja atau tempat yang aman, sehingga pelanggan Anda tetap merasa nyaman dan aman ketika makan. Dan jika tidak mahu repot membuatnya lem perekat lalat ini sudah banyak dijual dipasaran, Anda bisa langsung membelinya di toko-toko terdekat.

Itulah Cara Ampuh Mengusir Lalat Membandel Mudah dan Praktis. Terimakasih telah membaca tulisan kami hingga akhir. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat Anda. Dan jangan lupa membaca tulisan kami lainnya.

1 Response to "Cara Ampuh Mengusir Lalat Membandel Mudah dan Praktis"

  1. Usir lalat alami itu emang susah tapi caranya diatas simple dan mudah

    ReplyDelete

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !