Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi Rewel dan Suka Menangis

Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi Rewel dan Suka Menangis. Tentunya sebagian besar orangtua mengalami susah tidur, namun apa yang akan terjadi jika permasalahan susah tidur ini terjadi pada buah hati Anda. Pastinya Anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Permasalahan susah tidur ini merupakan permasalahan serius yang butuh cara cepat dalam penyelesaiannya sehingga buah hati Anda dapat tidur dengan rilex, nyaman, dan aman.Biasanya bayi yang susah tidur (alias matanya melek terus padahal ngantuk) ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja faktor internal ataupun eksternal. Nah, pasti Anda sudah tidak sabar bukan, apa saja faktor kenapa bayi susah tidur dan bagaimana cara mengatasi susah tidur pada bayi rewel dan suka menangis.

Bayi Susah Tidur - Image Pagunpost.Com





Seperti yang telah kita bahas di atas, banyak faktor yang bisa menyebabkan bayi susah tidur atau imsomnia, ketika bayi susah tidur tentunya akan membuat bayi menjadi rewel bahkan menangis. Dalam kondisi seperti ini kita harus terlebih dahulu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan bayi susah untuk tidur, berikut beberapa identifikasi mengenai mengapa bayi susah untuk tidur.

Faktor Penyebab Bayi Susah Tidur

1. Karena Lapar. Faktor lapar sangat mempengaruhi bayi susah untuk tidur, karena ketika bayi lapar ia akan sangat sulit untuk tidur sebelum ia kenyang.
2. Kondisi baju yang tidak nyaman. Ketika si bayi merasa ada yang tidak nyaman pada tubuhnya maka ia akan rewel dan menangis
3. Tubuhnya kotor. Ketika tubuh si bayi kotor (belum mandi) maka tubuhnya akan terasa gatal dan akan menimbulkan ruam merah. Dan ini sangat mengganggu si bayi karena tidak nyaman.
4. Popoknya basah. Hal ini juga menjadi faktor utama kenapa bayi sulit untuk tidur.
5. Ruang kamar yang tidak nyaman. Ketidaknyamanan ruang kamar juga berpengaruh pada kenyamana si bayi. ketika kamar itu pengap atau panas tentunya si bayi tidak dapat tidur dengan nyenyak.
6. Gangguan Kesehatan. Ketika  anak sakit atau tidak sehat, maka anak akan sulit untuk tidur disebabkan oleh faktor sakit yang ia derita.
7. Bising atau keributan. Nah, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tidur si bayi. Bayi sangat peka terhadap suara, ketika ada kebisingan maka ia akan terbangun, dan akan sulit untuk tidur kembali.


Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi Rewel dan Suka Menangis


1. Berikan Bayi ASI sebelum tidur. 

Pemberian ASI sebelum tidur merupakan cara yang ampuh menidurkan bayi. Ketika bayi dalam kondisi kenyang maka secara cepat ia akan ngantuk dan akan tertidur pulas. Hal ini menjadi sesuatu yang paling dasar dalam mengatasi susah tidurnya sang bayi. Jika si bayi tidak menggunakan ASI bisa digantikan dengan susu formula sampai si bayi kenyang dan tertidur. (Perhatian: Berikan ASI/Susu formula dengan tidak berlebihan)

2. Ketika malam hari berikan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. 

Pada malam hari biasanya bayi lebih suka tidur sambil menyusui bersama ibunya (jika ASI). Bagi bayi yang sehat dan mudah berkeringat, para ibu juga hendaknya memperhatikan kenyamanan anak Anda. Dengan pakaian yang longgar dan dengan kain yang mampu menyerap keringat akan lebih membuat anak Anda nyaman ketika tidur sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak.

3. Gantilah Popoknya Sebelum Tidur. 

Ketika si bayi akan tidur di malam hari, gantilah popoknya terlebih dahulu. Popok yang basah dan lembab akan membuat iritasi pada kulit dan hal ini dapat menyebabkan bayi tidak nyaman dan akan kesulitan untuk tidur.

4. Sirkulasi kamar yang nyaman dan aman. 

Pemberian sirkulasi kamar juga sangat penting untuk membuat buah hati Anda nyaman dan aman ketika tidur. Ciptakan ruang kamar yang sejuk sehingga anak akan lebih nyaman ketika tidur. Jika Anda menggunakan kipas angin, sangat dianjurkan membersihkan secara rutin kipas angin Anda, sehingga si bayi tidak terkena debu yang dapat membuat buah hati Anda sakit. Jika Anda menggunakan AC sangat dianjurkan karena AC yang sesuai standar mampu membunuh virus radikal bebas yang ada dalam kamar sehingga buah hati Anda dapat tidur dengan nyaman dan aman.


5. Kondisi Kesehatan. 

Kondisi kesehatan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan tidur buah hati Anda. Ketika sang bayi sedang kurang sehat atau sakit kondisi psikologisnya juga akan ikut terganggu. Maka dari itu, silakan bawa buah hati Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Masih butuh info tambahan? tenang saja saya berikan video 10 Cara Agar Bayi Bisa Tidur Pulas Semalaman Tanpa Rewel dan Menangis:


Itulah beberapa Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi Rewel dan Suka Menangis. Semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda dan dapat menjadi solusi ketika buah hati Anda mengalami hal yang serupa. Terimakasih telah membaca tulisan ini, dan jangan lupa membaca tulisan bermanfaat kami lainnya. 

0 Response to "Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur Pada Bayi Rewel dan Suka Menangis"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !