Cara Ampuh Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi Alami dengan Bedak Alami dan Aman

Tips Ampuh Cara Mengobati, menghilangkan dan Mengatasi Biang Keringat dengan obat Alami dan Aman Pada Bayi Menggunakan Bedak - Apakah anak Anda mengalami biang keringat? Tentunya hal ini tidak Anda inginkan bukan? Apa sih biang keringat itu? Dan apa penyebab biang keringat dapat menyerang bayi yang masih kecil dan mungil?

Biang keringat adalah jenis penyakit kulit yang berupa bintil-bintil kecil yang berisi air berwarna kemerahan yang biasang menyerang pada anak usia 1 tahun sampai 3 tahun. Biang keringat ini sangat gatal, dan terkadang anak akan merasa gerah dengan biang keringat ini hal ini disebabkan keringat buntet pada bayi. Bahkan anak akan menangis dan rewel sejadi-jadinya akibat gatal yang disebabkan biang keringat. Bingung mau dikasih obat apa salep kah? atau bedak ?

Seperti namanya biang keringat ini terdiri dari dua suku kata yaitu biang dan keringat. Biang dapat diartikan sebagai pemicu dan keringat adalah cairan yang keluar dari pori-pori. Biang keringat dalam bahasa lainnya sering dikenal dengan nama miliaria atau biang keringat merupakan ruam yang gatal berbentuk bintik-bintik kecil dan timbul yang menyebabkan rasa menyengat pada kulit.

Bintik-bintik merah harus segera diobati. Ruam biang keringat ini dapat muncul di mana pun pada organ tubuh. Akan tetapi, biang keringat ini sering muncul pada wajah, leher, punggung, dada, paha, serta betis. Penyebab utama biang keringat ini muncul adalah karena adanya kelebihan keringat atau penyumbatan kalenjar keringat sehingga menyebabkan kulit menjadi lembab dan memberikan peluang besar pada bakteri jahat untuk berkembang biak. Biang keringat juga dapat muncul ketika tubuh merasa panas dan gerah. Biang keringat bukan termasuk penyakit yang berbahaya, akan tetapi jika terus dibiarkan penyakit ini dapat menular melalui kontak fisik, udara, atau pakaian. Namun, Anda tidak perlu khawatir, Pagunpost akan berbagi Tips Ampuh Cara Alami dan Aman Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi.


Ilustrasi Biang Keringat

MENGHILANGKAN BIANG KERINGAT PALING MANJUR PADA BAYI

Menggunakan Bedak Dingin



Pasti Anda tidak asing lagi mendengar bedak dingin. Bedak dingin seperti namanya digunakan untuk mendinginkan kulit. Nah, ketika anak Anda terkena biang keringat, maka berikan bedak dingin pada kulit anak Anda yang terkena ruam. Karena biang keringat itu bersifat panas dan gatal. Maka dari itu, jika diberikan bedak dingin akan mampu meredakan gatal yang disebabkan oleh iritasi biang keringat. Bedak dingin yang digunakan adalah bedak dingin alami yang dibuat dengan menggunakan beras yang dihaluskan kemudian dicampur dengan daun pandan agar aromanya wangi. Jadi, bukan sembarang bedak kawan. Cara pembuatan bedak dinginnya: Tumbuk halus beras sebanyak 3 mug kemudian campurkan segelas air bersih, iris-iris kecil daun pandan yang sudah dikeringkan, aduk secara merata kemudian bulat kecil seperti kelereng, setelah itu jemur di panas terik matahari. Jika ingin menggunakannya, campurkan hasil bedak dingin yang sudah mengeras dalam sedikit air lalu usapkan pada wajah atau kulit yang terkena biang keringat. Simple bukan? Bedak yang cocok biang keringat ini.


Menggunakan Minyak Telon


Minyak telon ternyata juga ampuh untuk meredakan ruam bintik-bintik biang keringat pada kulit. Minyak telon mampu untuk menghangatkan kulit yang lembab. Sehingga membunuh perkembangan bakteri pada kulit. Nah, tentunya hal ini sering dilakukan oleh para ibu ketika selesai memandikan bayinya. Ternyata penggunaan minyak telon selain menghangatkan tubuh bayi juga mampu untuk meredakan ruam yang disebabkan oleh biang keringat. Caranya cukup mudah, oleskan minyak telon pada tubuh yang terkena biang keringat. Lakukan setiap selesai memandikan bayi Anda. Hal ini mampu untuk mencegah terjadinya biang keringat.


Menggunakan Madu



Madu adalah obat yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Madu adalah obat alami yang bersumber dari sarang tawon. Madu sangat berkhasiat buat tubuh. Bahkan manfaat madu ini sangat banyak sekali. Termasuk untuk mengobati dan menghilangkan penyakit kulit seperti biang keringat. Karena unsur yang terkandung dalam madu menurut penelitian mampu untuk membunuh pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh. Serta mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah, oleskan madu pada kulit yang terkena biang keringat. Diamkan selama 30 menit.



Menggunakan Lidah Buaya



Lidah buaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Meskipun lidah buaya ini sedikit bau aromanya, namun, khasiatnya amatlah banyak. Salah satu diantaranya adalah mampu menghilangkan ruam yang disebabkan oleh biang keringat. Caranya; ambil gel lidah buaya setelah itu oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena biang keringat. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih.






Menggunakan Daun Kecamba


Apakah benar daun kecamba mampu untuk menghilangkan biang keringat? Daun kecamba yang dimaksud bukanlah kecamba toge yang kita konsumsi. Melainkan, daun kecamba ini menyerupai jenis daun jambu biji. Daun kecamba ini merupakan istilah bahasa daerah yang berasal dari Kalimantan Utara. Daun ini konon dahulunya sering digunakan oleh para leluhur terdahulu untuk mengobati panu, kadas, kurap. Dan setelah dilakukan penelitian, ternyata daun kecamba ini juga mampu untuk menghilangkan penyakit kulit seperti biang keringat. Caranya cukup mudah. Tumbuk halus daun kecamba, setelah itu oleskan pada kulit yang terkena ruam biang keringat, sebaiknya penggunaan daun kecamba ini digunakan di pagi hari dan dibersihkan pada sore hari ketika Anda memandikan bayi Anda.



Menggunakan Tepung Tapioka



Bahan alami yang terakhir andalah tepung tapioka. Tepung tapioka atau sering disebut dengan tepung kanji sangat baik digunakan untuk mengobati dan menghilangkan biang keringat. Tepung tapioka mampu memberikan efek dingin pada kulit yang terkena biang keringat. Serta dapat mengeringkan biang keringat yang basah atau keringat berlebih pada bayi. Caranya sangat mudah, taburkan tepung tapioka pada kulit yang terkena biang keringat secara merata, dan baiknya pemberian tepung tapioka ini diberikan pada saat setelah mandi di pagi hari, dan Anda dapat membersihkannya ketika mandi di sore hari. Lakukan cara di atas secara teratur untuk meraih hasil yang maksimal.


Sagu

Siapa sangka Sagu yang merupakan makanan khas dari daerah papua dan maluku ternyata bisa menjadi obat biang keringat. Caranya cukup mudah, sediakan sagu seberat 100gr dan wadah bisa piring/mangkok. Kemudian tuanglah sagu ke wadah tadi (bisa piring/mangkok) tambahkan air secukupnya untuk mengental dan juga jangan terlalu encer. Pemakaian olahan sagu untuk biang keringat cukup dengan mengoleskannya ke setiap kulit yang terkena biang keringat. Bersabar dan biarkan hingga kering. Sangat dianjurkan digunakan saat akan tidur. Jadi tau kan? Ternyata biang keringat bisa disembuhkan dengan Sagu.


Baca juga: Sepatu Kulit Kekinian Yang Murah Berkualitas

Itulah beberapa Tips Ampuh Cara Alami dan Aman Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi rujukan kesehatan bayi.

Bagaimana? Punya solusi lain menghilangkan biang keringat? Bisa tulis di kolom komentar ya.