Pengalaman Lolos UM-PTKIN & SBMPTN Lintas Jurusan - PAGUNPOST -->

Pengalaman Lolos UM-PTKIN & SBMPTN Lintas Jurusan

Pengalaman Ikut SBMPTN & UMPTKIN - UMPTKIN adalah sebuah seleksi  jalur masuk UIN, IAIN atau STAIN yang melalui jalur ujian tulis dengan mengerjakan soal umptkin

Kepanjangan UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Jalur UMPTKIN mirip SBMPTN karena sama-sama melalui jalur ujian tes tapi UMPTKIN dan SBMPTN itu dua jalur yang berbeda.

Dalam mengerjakan soal umptkin tidak semudah membalikkan telapak tangan karena butuh persiapan belajar agar bisa lolos. Soal umptkin tidak sama persis dengan SBMPTN karena soal umptkin itu biasanya : Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, Literasi Ajaran islam. Ya, salah satu yang paling membedakan adalah pada tes Literasi Ajaran Islam. Selain itu, biasanya juga ada soal bahasa Arab pada literasi membaca.




UMPTKIN bisa menjadi cadangan atau alternatif jika tidak diterima SBMPTN. Jadi boleh ikut SBMPTN dan UMPTKIN sekaligus. 

Belajar latihan soal soal UMPTKIN agar tidak terlalu kaget dengan bentuk dan model soal yang diujikan. 

Pengalaman ikut UMPTKIN 2016, menurut saya, saat tes UMPTKIN bagian yang tersulit menurutku Bahasa Arab karena bagi saya pelajaran ini yang sulit. Tapi ya semua kembali pada persiapan kalian sendiri. 

Baca juga: Soal UMPTKIN

Semakin matang penguasaan materi dan konsep, maka akan makin cepat dalam mengerjakan soal secara benar. Jangan menghafal cepat soalnya tapi dipahami materi dan konsepnya.

sistem penilaian umptkin tidak dijelaskan secara mendetail sehingga kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Tips lolos um ptkin versi saya kuncinya belajar, latihan,doa fokus dan patuhi syarat ketentuan. Belajar untuk bisa mempersiapkan bekal sebelum berperang melawan soal. Berlatih contoh latihan soal umptkin dan pembahasan agar punya persiapan/gambaran.

Fokus untuk belajar dan tingkatkan speed mengerjakan karena dalam ujian masuk perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk mengerjakan soal dengan benar saja namun juga cepat karena waktu mengerjakannya terbatas. Jangan sampai kehabisan waktu menjawab.

Lelah, pusing, dan malas itu hal yang wajar. Sesekali istirahat tidak apa-apa. Tapi memang butuh dipaksakan. Motivasi saya adalah menunda kesenangan kecil untuk kesenangan yang lebih besar. Kesenangan kecil itu maksudnya berfoya-foya atau main-main, sedangkan kesenangan besar adalah bisa masuk kampus impian. 

Perjalanan mungkin tidak akan mudah. Butuh ikhtiar dan doa. Saya percaya hasil tidak mengkhianati usaha dan doa. Kata orang bijak: usaha tanpa doa adalah sombong, sedangkan doa tanpa usaha adalah sia-sia.

Baca juga: Soal UMPTKIN

Cara Agar Tidak Jenuh Saat belajar versi saya:

  • Pastikan sudah punya bahan belajar dulu ya. Gimana mau belajar umptkin kalau tidak ada bahan? klik => Latihan UMPTKIN Gratis
  • Belajar 50 menit istirahat 10 menit (jika duduk coba berdiri sejenak, minum air putih atau ngemil makanan secukupnya). 
  • Cari tempat belajar yang nyaman, kalau jenuh ganti suasana/ruangan. Bisa dipinggir kali, sawah, pantai atau terserah. Suasana belajar dibuat enjoy dan tenang. 
  • Kasih reward ke dirimu jika mencapai target (misal: selesai mengerjakan tryout umptkin dan nilaimu sesuai harapan, kamu bisa beli sesuatu yang bikin dirimu senang, beli eskrim misalnya). 
  • Susunlah daftar materi apa yang kamu ingin pelajari dari sekarang hingga hari H ujian.
  • Sesekali refresh otak sesuai hobi misalkan olahraga, masak, menanam sayur dan lainnya.

Kalau boleh bernostalgia, saya dulu belajar sambil nyemil kerupuk karena kalau nggak nyemil suka ketiduran. Sesekali juga jajan beng-beng karena coklat bisa memicu hormon bahagia yang cocok buat bikin pikiran nggak tegang. Secukupnya aja. Minum air putih juga ya.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu sedia coklat saat belajar jika memang kamu tipe orang belajar sambil makan. Terapkan aturan tegas: selesai 1 materi, baru bisa ngemil beng-beng. 

Apalagi untuk kamu yang ingin lintas jurusan mau tidak mau saya harus belajar lebih giat dari lainnya. Saya dulu belajar dari banyak sumber dan bahan. 

Tryout itu penting, apalagi jika tryoutnya ada durasi waktu mengerjakan. Dengan ikut try out kita semakin terpacu untuk mengerjakan soal dengan cepat karena dikejar waktu. Itu penting banget karena dalam ujian tes itu tidak hanya benar tapi juga cepat

Baca juga: Soal UMPTKIN

Bersyukur, qodarullah, perjuangan panjang akhirnya berbuah manis. 

Saya dinyatakan Lolos SBMPTN pilihan pertama. Tidak selang lama setelah pengumuman kelolosan SBMPTN, akhirnya juga lolos UM PTKIN prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Kalau seandainya sbmptn saya nggak lolos, kan masih ada UMPTKIN. Jadi itulah enaknya ikut UMPTKIN sebagai cadangan. 


Jadi gini strateginya:
Ikut tes SBMPTN (sekarang namanya SNBT) dan UMPTKIN ! 
Saya sendiri menjadikan UMPTKIN sebagai alternatif bila tidak diterima SBMPTN.
 
Nah, kalian juga bisa mendaftar di kampus swasta juga bila berminat. Cek biaya kuliahnya juga ya karena swasta kadang relatif mahal. Perhatikan jadwalnya juga karena ditakutkan sudah bayar daftar ulang eh ternyata diterima di SBMPTN. Biaya hidup juga. 

Maka pintar-pintarlah melihat jadwal: pendaftaran, hari tes, jadwal pengumuman, dan daftar ulang. 

Siapkan plan A plan B plan C sampek Plan Z bila perlu.
Kamulah yang merencanakan masa depanmu!
Jika tidak lolos jalur satu, pastikan masih ada cadangan jalur lain.

klik => Latihan UMPTKIN Gratis

Semangat semoga juga bisa tembus SBMPTN dan UM-PTKIN 2023!
Cek Kelulusan SBMPTN

Alhamdulillah, hasil ikhtiar SBMPTN dan UMPTKIN berbuah manis.
Dan momen ini adalah saat Ramadhan 2016 lalu.
Begitu berkesan. Saya yakin kalian juga PASTI BISA!!!
Lulus UM-PTKIN 2016
Baca juga => Perbedaan dan Persamaan antara SBMPTN dengan UMPTKIN
Itulah pengalaman saya dan perjuangan dalam masuk perguruan tinggi negeri. Cerita ini saya buat untuk memotivasi dan memacu semangat kalian untuk bisa berkuliah. Jangan takut belajar dari awal.

Bagi kalian yang dari SMA umum tapi ikut Tes UMPTKIN jangan pesimis dulu, banyak juga yang lolos. Siswa SMK juga ada yang lolos. Intinya belajar persiapan aja dulu sambil doa.


Berdoa kepada Alloh agar apapun perguruan tinggi kalian nanti itulah yang terbaik menurut-Nya. Semoga berkah dan bermanfaat cerita ini.

Pesan Buku UMPTKIN 

*
Baca juga: Daftar Jurusan UM PTKIN

klik => Latihan UMPTKIN Gratis 


TESTIMONI MEREKA LULUS UM-PTKIN





Pengalaman Lolos UM-PTKIN

Pesan Buku UMPTKIN

***

Semangat belajar tes UMPTKIN 2024.
Berjuanglah untuk mendapatkan satu kursi di universitas idamanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel