Pengalaman Lolos UM-PTKIN & SBMPTN Lintas Jurusan

[Budayakan Membaca Sampai Selesai]

Pengalaman Ikut SBMPTN & UM PTKIN - UMPKTIN adalah sebuah jalur masuk UIN, IAIN atau STAIN yang melalui jalur tes umptkin 2019. Kepanjangan UMPTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Secara umum bisa dikatakan jika UMPTKIN mirip SBMPTN karena melalui jalur ujian tulis, bukan menggunakan raport.

Dalam mengerjakan soal um ptkin itu stidak semudah membalikkan telapak tangan karena butuh persiapan belajar serius agar bisa lolos. Soal um ptkin tidak sama dengan SBMPTN karena soal tes um ptkin 2019 itu terdapat soal kebahasaan arab dan soal keislaman um ptkin (tentang agama seperti fikih, akidah akhlak, al quran hadist, bahasa arab, dan sejarah peradaban islam), tpa um ptkin atau tkd um ptkin, dan tkb um ptkin.

Saat itu saya mendaftar di IAIN Tulungagung karena memang masih berada satu kota dengan alamat saya. UM PTKIN ini merupakan cadangan atau alternatif saya setelah SBMPTN. Saya tidak ikut SNMPTN dan SPAN PTKIN. SNMPTN tidak membolehkan jurusan kegamaan seperti saya yang pelajaran sehari-harinya (Bahasa Arab, Tafsir, Fiqih, Hadist, Aqidah, SKI, dan sebagainya). Meskipun sempat punya beberapa sertifikat akhirnya harus merelakan tidak ikut SNMPTN.


Kalau SPAN PTKIN tentu peluang lolos lebih besar karena saya sendiri dari jurusan Keagamaan dan sekolahnya Madrasah Aliyah Negeri. Namun, meskipun nantinya saya lolos SPAN PTKIN waktu daftar ulangnya ternyata lebih dulu dari pada pengumuman SBMPTN. Saya takut sudah bayar daftar ulang SPAN PTKIN tapi ternyata keterima SBMPTN. Akhirnya sia-sia uangnya. Sejujurnya saya ingin mencoba ikut SBMPTN mengambil prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Airlangga. Oleh karena saya sejak awal tidak ikut SPAN PTKIN untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang memang berniat masuk ke PTKIN.
Oleh karena itu, agar saya bisa kuliah saya harus ikut ujian tulis baik SBMPTN maupun UM-PTKIN. SBMPTN pun saya lintas jurusan. Dari jurusan Agama ke pelajaran IPS harus belajar IPS dari awal untuk mengalahkan anak-anak IPS yang sudah belajar IPS selama 3 tahun. Namun, selagi ada niat dan semangat saya yakin pasti bisa. Singkat cerita SBMPTN sudah berlalu, dan tinggal menunggu pengumumannya. Sambil nunggu pengumumannya makanya saya daftar UM-PTKIN buat jaga-jaga kalau saya tidak lolos SBMPTN.
Kabar buruk bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) Jurusan Keagamaan, pada tahun 2019 sudah tidak diperkenankan mengikuti SNMPTN dan juga SBMPTN berdasarkan informasi https://halo.ltmpt.ac.id. Namun, bagi siswa Madrasah Aliayh (MA) yang dari Jurusan IPS, IPA atau Bahasa masih diperbolehkan ikut SNMPTN 2019 dan SBMPTN 2019. 
 
Jurusan keagamaan (MA/K) tidak diperkenankan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN. silakan untuk mengikuti seleksi yang diadakan oleh PTKIN. Baca juga: Apa itu PTKIN?
Itu artinya, adik kelas saya yang sekarang Jurusan Keagamaan di MA atau pun MAN hanya bisa ikut jalur seleksi SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Jalur Mandiri.

Baca juga: Contoh Soal UM PTKIN
Aku belajar dari soal-soal UMPTKIN tahun sebelumnya. Bagi kalian yang tidak ada basic agama, saya sarankan untuk lihat soal soal itu dulu biar familiar dengan tipe soalnya. Menurutku, saat tes UMPTKIN kemaren yang tersulit menurutku Bahasa Arab karena memang pelajaran ini yang paling sulit sih menurutku. Untuk soal Matematika dasar, TPA, dan soal jurusan (IPA/IPS) mungkin relatif standar bagi saya ya. Tapi ya semua kembali pada persiapan kalian sendiri. Semakin matang penguasaan materi dan konsep, maka akan makin cepat dalam mengerjakan soal secara benar. Jangan menghafal cepat soalnya tapi dipahami materi dan konsepnya.
Soal UM-PTKIN 2019 download soal umptkin ipa, ipc, ipc buku soal um ptkin pembahasan kunci jawaban lengkap download
Pesan Buku UM PTKIN IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
Sudah ada materi tes UM PTKIN plus motivasi sukses UM-PTKIN
STOK BUKU TERBATAS!
Sempat ada dilema tentang sistem penilaian. Ada yang bilang salah dikurangi 1 (-1) ada yang bilang salah 0. Sempat simpang siur. Bahkan saya sempat tanya ke fanspage UM-PTKIN, tapi saya lupa jawabannya.

Untungnya tahun ini sudah ada aturan jelas seperti yang terdapat digambar diatas, bahwa sistem penilaian um-ptkin 2016, 2017, 2018 adalah Salah 0, Benar +1, Tidak dijawab 0 (untuk sistem penilaian um ptkin 2019 belum dapat informasi terbaru).

Tips lolos um ptkin versi saya kuncinya belajar, latihan, fokus dan patuhi syarat ketentuan. Belajar adalah amunisi kalian. Berlatih adalah untuk mempertajam. Fokus untuk mengimbangi speed mengerjakan karena dalam ujian masuk perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk mengerjakan soal dengan benar saja namun juga cepat, terlebih lagi bagian TPA (tes potensi akademik).

Bahkan seperti tiada hari tanpa belajar. kemana-mana bawa buku. Nggak pernah jalan-jalan sama temen. Dari pagi sampai malam terus belajar. Kadang kalau sakit, ya berhenti sejenak sambil baca-baca lagi. Manfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin. Karena hasil tidak mengkhianati usaha dan doa. Kata orang bijak: usaha tanpa doa adalah sombong, sedangkan doa tanpa usaha adalah sia-sia.


Cara Agar Tidak Jenuh Saat belajar:

  • Belajar 50 menit istirahat 10 menit (olahraga kecil atau ngemil makanan)
  • Cari tempat belajar yang nyaman, kalau jenuh ganti suasana/ruangan
  • Suasana belajar dibuat enjoy dan tenang. Serius tapi santai kayak di pantai.
  • Kasih reward ke dirimu jika mencapai target (misal: selesai mengerjakan TO dan lulus, kamu bisa tuh beli sesuatu yang bikin dirimu senang, beli eskrim misalnya)
  • Susunlah daftar materi apa yang kamu ingin pelajari dari sekarang hingga hari H ujian.
  • Nggak hanya dari buku, jika ada materi yang kurang jelas bisa sambil lihat penjelasan dari video. Dari situs belajar online yang berbayar seperti Zenius, Ruang Guru, Quipper hingga yang gratis seperti youtube dan situs rumah belajar kemdikbud yang dibuat oleh guru berprestasi dan pembuat soal UN.

Kalau boleh bernostalgia, saya dulu belajar sambil nyemil kerupuk karena kalau nggak nyemil suka ketiduran. Sesekali juga coklat kayak beng-beng. For your information, coklat bisa memicu hormon bahagia yang cocok buat bikin pikiran nggak panik alias bikin rileks. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu sedia coklat saat belajar jika memang kamu tipe orang belajar sambil makan. Tapi jangan kebanyakan makan, nanti nggak belajar-belajar. Terapkan aturan tegas: selesai 1 materi, baru bisa ngemil beng-beng. *by the way tidak harus beng-beng, guys!
Bukan sedang promosi atau di-endorse beng-beng

Dengan kondisi lintas jurusan mau tidak mau saya harus belajar lebih giat dari lainnya. Saya dulu belajar SBMPTN lintas jurusan dari bimbel, buku SKS, dan Zenius. Tiada hari tanpa membaca materi, mencatat, mengerjakan soal, dan try out.

Try out itu penting, meski tidak harus yang berbayar, kamu bisa bikin simulasi try out gratis sendiri dengan memberikan durasi yang persis sebagaimana waktu saat mengerjakan soal UTBK. Dengan ikut try out kita semakin terpacu untuk mengerjakan soal dengan cepat karena waktu yang diberikan sama persis dengan waktu saat UTBK asli nanti. Itu penting banget karena dalam UTBK tidak hanya benar tapi juga cepat.
Baca juga: Review BUKU SKS, Buku Recommended Untuk SBMPTN
Bersyukur, perjuangan panjang akhirnya berbuah manis. Saya dinyatakan Lolos SBMPTN pilihan pertama prodi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Tidak selang lama setelah pengumuman kelolosan SBMPTN, akhirnya juga lolos UM PTKIN prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam di IAIN Tulungagung.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil yang SBMPTN. Nah, kalau seandainya sbmptn saya nggak lolos, kan masih ada UMPTKIN. Jadi itu enaknya ikut UMPTKIN sebagai cadangan. Meskipun cadangan, belajarnya harus serius karena saingan UM-PTKIN juga banyak loh.

Baca juga: Yang Perlu Dibawa Saat UM PTKIN


Jadi gini strateginya:
Ikut tes SBMPTN dan UMPTKIN ! 
Saya sendiri menjadikan UMPTKIN sebagai alternatif bila tidak diterima SBMPTN. Tapi perlu diingat ya pengumuman UM-PTKIN lebih dulu (1 Juli 2019) daripada pengumuman SBMPTN (9 Juli 2019).
Baca juga: Cara Mengatasi Malas Belajar SBMPTN dan UMPTKIN
Berikut ada video cara pendaftaran UM-PTKIN 2019 dan tips belajar materi um-ptkin:


Nah, kalian juga bisa mendaftar di kampus swasta juga bila berminat. Tapi tetap perhatikan waktunya, karena ditakutkan sudah bayar daftar ulang eh ternyata diterima di SBMPTN. Sayang sekali kalau uangnya di kampus swasta gak bisa diambil! Pun juga ada yang hari tesnya bersamaan loh. Maka pintar-pintarlah melihat jadwal: pendaftaran, hari tes, jadwal pengumuman, dan daftar ulang. 

Siapkan plan A plan B plan C sampek Plan Z bila perlu.
Kamulah yang merencanakan masa depanmu!
Jika tidak lolos jalur satu, pastikan masih ada cadangan jalur lain.

Semangat semoga juga bisa tembus SBMPTN dan UM-PTKIN 2019!
Cek Kelulusan SBMPTN

Alhamdulillah, hasil ikhtiar SBMPTN dan UMPTKIN berbuah manis.
Dan momen ini adalah saat Ramadhan 2016 lalu.
Begitu berkesan. Saya yakin kalian juga PASTI BISA!!!
Lulus UM-PTKIN 2016
Baca juga => Perbedaan dan Persamaan antara SBMPTN dengan UMPTKIN
Ada juga pengalaman lain seperti yang ada di chanel youtube tractablemuslimAMIN yang juga Lolos UM-PTKIN beserta cara jitunya simak video berikut ini:


Itulah pengalaman saya dan perjuangan dalam masuk perguruan tinggi negeri. Cerita ini saya buat untuk memotivasi dan memacu semangat kalian untuk bisa berkuliah. Jangan takut belajar dari awal.

Bagi kalian yang dari SMA umum tapi ikut Tes UMPTKIN jangan pesimis dulu, itu seperti saya dari jurusan Agama Madrasah Aliyah ikut tes SBMPTN. Pada akhirnya tidak ada hasil yang menghianati usaha kalian.

Jangan lupa berdoa kepada Alloh agar apapun perguruan tinggi kalian nanti itulah yang terbaik menurut-Nya. Semoga berkah dan bermanfaat cerita ini.

Sudah ada ribuan temenmu yang mempersiapkan UM PTKIN 2019 sejak lama bahkan bersaing dengan alumni juga. Meskipun demikian, masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan jika pandai memanfaatkan waktu belajar soal mulai dari sekarang!

Jadwal UM PTKIN 2019
Pendaftaran UMPTKIN 2019 dimulai 2 April - 30 April 2019
Pelaksanaan Ujian Tulis UMPTKIN 2019 pada 28 Mei 2019
Cara melihat pengumuman um ptkin 2019 atau jadwal pengumuman kelulusan um ptkin 2019 diakses di http://pengumuman.um-ptkin.ac.id pada tanggal 1 Juli 2019.
Baca juga: Daftar Jurusan UM PTKIN

TESTIMONI MEREKA LULUS UM-PTKIN





contoh buku persiapan um ptkin 2019 ips ipa ipc pembahasan soal um ptkin pdf
Pesan Buku UM PTKIN IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
Buku langka, banyak dicari, stok terbatas!
Sudah ada materi tes UM PTKIN plus motivasi sukses UM-PTKIN
STOK BUKU TERBATAS!

Jangan lupa like facebook dibawah ini untuk update informasi terbaru:
Semangat belajar tes UM PTKIN 2019.
Berjuanglah untuk mendapatkan satu kursi di universitas idamanmu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel