Mau Lulus UM PTKIN? Simak Tips & Strategi Belajar Materi UM-PTKIN Disini

Pelaksanaan tes UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tahun ini akan dilaksanakan berbasis komputer atau Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Jika tips lolos span ptkin sangat tidak jelas karena peluang span ptkin sangat kompleks, berbeda dengan tips lolos um ptkin yang bergantung pada seberapa kamu menguasai materi um ptkin. Memang tidak banyak waktu yang tersedia untuk mematangkan persiapan. Namun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Nah, gimana sih memaksimalkan waktu yang ada agar bisa Lulus UM PTKIN? Dan bagaimana tips lolos umptkin serta strategi belajar materi UMPTKIN yang efektif? Apalagi buat kamu yang lintas jurusan harus tidak boleh kendor dalam belajar materi umptkin.

Dalam postingan kali ini, saya akan coba sharing berdasarkan pengalaman lolos UM PTKIN Bukan untuk disombongkan, namun semoga pengalaman saya bisa bermanfaat untuk kalian yang lagi persiapan UMPTKIN.

1. Jangan Sampai Malas Belajar

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa malas belajar seringkali menghampiri. Apapun bentuknya: bisa tidur-tiduran di rumah, malas buka buku um ptkin, sibuk main dengan teman dan sebagainya. Baiklah, itu sebenarnya adalah hal alamiah bukan berarti terus dibenarkan. Meskipun ada yang berpendapat orang pinter kalah orang bejo (orang pintar kalah dengan orang yang hoki), namun yang perlu diingat adalah hasil tidak mengkhianati usaha (dan doa). Um ptkin bukan ajang undian berhadiah atau uji keberuntungan. Kalau bisa malahan harus mempersiapkan umptkin jauh-jauh hari bahkan sebelum pengumuman span ptkin. Intinya sih, jangan terlalu berharap dengan span ptkin. Di-PHP-in itu sakit rasanya. Optimis harus tapi realistis juga penting. Persiapkan um ptkin dengan maksimal jangan malah corat-coret kelulusan UN.

Jika malas telah datang, mari kita lawan. Kamu bisa berpindah tempat belajar, dari yang awalnya di kamar mungkin bisa di taman, perpustakaan, atau bahkan di atas pohon. Intinya, cari suasana baru agar belajar tidak bosan/jenuh. Terapkan sistem istirahat juga. Jangan terlalu diforsir. Misalnya, belajar 50 menit, istirahat 15 menit kemudian lanjut belajar lagi. Kalau kamu tipe orang belajar sambil ngemil, siapkan camilan-camilan disamping buku belajarmu. Belajar sambil ngemil, bukan ngemil sambil belajar. Intinya, manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan perbanyak latihan mengerjakan contoh soal um ptkin 2020.

2. Memperbanyak Referensi Bacaan

Apakah soal um ptkin mirip dengan sbmptn? Kalau menurut saya pribadi sih, dibilang mirip juga enggak dan dibilang sama persis juga tidak. Tentu materi tes umptkin beda dengan sbmptn karena tes um ptkin ada tambahan materi um ptkin keislaman meliputi Alquran Hadist, Akidah, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam) dan kebahasaan arab.

Jadi, mau tidak mau kalian juga harus memperdalam menjawab latihan soal wawasan keislaman kalian. Bagi anak SMA, jangan patah semangat karena banyak siswa SMA yang ikut UM PTKIN dan bisa tembus. Kamu tidak perlu hafal soal dan jawaban, namun pahami konsep soal dan materinya. InsyaAllah jika ada tipe soal um ptkin yang mirip dengan tahun lalu akan bisa kamu jawab dengan mudah dan cepat.

Kabar baiknya, pada buku um ptkin 2020 ada kisi kisi UM PTKIN berisi materi UM PTKIN yang mengacu pada kumpulan soal soal um ptkin dari tahun sebelumnya.

Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

3. Kerjakan soal secara BENAR & CEPAT

Waktu ujian UMPTKIN sangat terbatas. Jadi jangan berlama-lama dengan soal. Jika merasa kesulitan bisa dilewati terlebih dahulu.

PETUNJUK A
Pilih jawaban yang paling benar ( A, B, C, D, atau E )

PETUNJUK B
Soal terdiri atas tiga bagian, yaitu PERNYATAAN, SEBAB, dan ALASAN yang disusun secara berurutan.
(A) Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
(B) Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
(C) Jika pernyataan benar, alasan salah
(D) Jika pernyataan salah, alasan benar
(E) Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

PETUNJUK C
Pilihlah
(A) jika jawaban (1), (2), dan (3) benar
(B) jika jawaban (1) dan (3) benar
(C) jika jawaban (2) dan (4) benar
(D) jika jawaban (4) saja yang benar
(E) jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar


Tinggal dilihat soalnya saja kira-kira masuk Petunjuk A, B atau C.

4. Hindari Membuka Media Sosial Terlalu Sering

Tips lulus um ptkin yang keempat ini berkaitan dengan yang pertama, ketika sudah sering membuka media sosial facebook, twitter atau instagram kadang membuat kita lupa belajar. Terlalu asyik membuka hp sampai lupa waktu. Padahal waktu terus berjalan.

Saran saya, kurang-kurangi waktu membuka hp mendekati ujian um ptkin. Bukalah hp sesekali untuk mencari informasi penting saja seperti: cara penilaian UMPTKIN 2020, jadwal ujian, hal-hal yang perlu disiapkan atau apa aja dibawa saat umptkin. Tidak perlu bertanya hal yang tidak penting seperti "siapa yang pilih jurusan X?", "ada nggak yang daftar di univ Z?", "siapa yang jomblo?".

4. Belajar dari Soal-soal Tahun Lalu

"Tidak penting seberapa lambat kamu paham, asalkan kamu tidak pernah berhenti untuk belajar" 

Tipe soal yang sering muncul um ptkin bisa kamu ketahui dengan belajar soal umptkin. Bukan berarti soal yang muncul sama persis, tapi setidaknya udah punya gambaran soal-soal yang seperti apa yang muncul dalam tes umptkin. Plus ada materi um ptkin 2020.


Mau punya Buku UMPTKIN 2020 dan pembahasan?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

Rahasia terakhir dalam um ptkin adalah doa. Dengan doa, segala yang mustahil bisa tercapai. Dari doa pula InsyaAllah akan muncul kemudahan setelah adanya usaha-usaha. Semangat menakhlukan umptkin 2020. Semoga kamu lulus di kampus yang dicita-citakan. Aamiin.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk share ke teman-temanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel