Simak Tips & Strategi Belajar Materi UMPTKIN 2024 - PAGUNPOST -->

Simak Tips & Strategi Belajar Materi UMPTKIN 2024

Pelaksanaan tes UM-PTKIN menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dengan datang ke lokasi ujian kampus.

Jika tips lolos span ptkin sangat tidak jelas karena peluang lulus span-ptkin itu banyak faktor, berbeda dengan tips lolos um ptkin yang bergantung pada seberapa kamu menguasai materi um ptkin sehingga bisa mengerjakan soal umptkin dengan benar banyak. 

Nah, gimana sih memaksimalkan waktu yang ada agar bisa Lulus UM PTKIN? Dan bagaimana tips lolos umptkin serta strategi belajar materi UMPTKIN yang efektif?

Dalam postingan kali ini, saya akan coba sharing berdasarkan pengalaman lolos UMPTKIN Bukan untuk disombongkan, namun semoga pengalaman saya bisa bermanfaat untuk kalian yang lagi persiapan UMPTKIN.

1. Jangan Sampai Malas Belajar

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa malas belajar seringkali menghampiri. Apapun bentuknya: bisa tidur-tiduran di rumah, malas buka buku um ptkin, sibuk main dengan teman dan sebagainya. Sesekali atau dua kali itu sebenarnya wajar tapi jangan keterusan mager. 

Um ptkin bukan ajang undian berhadiah atau uji keberuntungan. Kalau bisa malahan harus mempersiapkan umptkin jauh-jauh hari bahkan sebelum pengumuman span ptkin. Intinya sih, jangan terlalu berharap dengan span ptkin. Persiapkan cadangan jika gagal span-ptkin salah satunya bisa dengan ikut um ptkin.

Jika malas telah datang, mari kita lawan. Kamu bisa berpindah tempat belajar, dari yang awalnya di kamar mungkin bisa di taman, perpustakaan, atau bahkan di atas pohon. 

Intinya, cari suasana baru agar belajar tidak bosan/jenuh. Terapkan sistem istirahat juga. Jangan terlalu diforsir. Misalnya, belajar 50 menit, istirahat 15 menit kemudian lanjut belajar lagi. 

Kalau kamu tipe orang belajar sambil ngemil, siapkan camilan-camilan disamping buku belajarmu. Jika sudah selesai belajar misal 50 menit, ambil makanan/minum buat istirahat sejenak.

Manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan perbanyak latihan mengerjakan contoh soal um ptkin.

2. Memperbanyak Referensi Bacaan

Materi UMPTKIN 2024 berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun 2024 tidak ada IPA / IPS. Yang lintas jurusan, full senyum? 

Nah, materi umptkin 2024 : Penalaran Akademik (Verbal, Kuantitatif, Gambar), Penalaran Matematika, Literasi Membaca (Arab, Inggris, Indonesia), dan Literasi Ajaran Islam. 


^Oleh karena itu, persiapan harus dilakukan secara matang dengan cara banyak berlatih mengerjakan contoh soal umptkin.

Pahami konsep soal dan materinya. 

Mau punya buku UMPTKIN?

3. Latihan Kerjakan soal secara BENAR & CEPAT

Waktu ujian UMPTKIN sangat terbatas. Jadi jangan berlama-lama dengan soal. 

Latihan ikut tryout UMPTKIN dan dikasih durasi waktu mengerjakan agar melatih mental ujian.

Dalam tes dituntut untuk benar dan cepat agar tidak kehabisan waktu ujian.

Mau Soal UM PTKIN?
***

4. Hindari Membuka Media Sosial Terlalu Sering

Tips lulus um ptkin yang keempat ini berkaitan dengan yang pertama, ketika sudah sering membuka media sosial facebook, twitter atau instagram kadang membuat kita lupa belajar. Terlalu asyik membuka hp sampai lupa waktu atau malas belajar. Padahal waktu terus berjalan.

Saran saya, kurang-kurangi waktu membuka hp mendekati ujian um ptkin. Bukalah hp sesekali untuk mencari informasi penting saja. Catat hal-hal yang perlu disiapkan atau apa aja dibawa saat umptkin. Tidak perlu bertanya hal yang tidak penting seperti "siapa yang pilih jurusan X?", "ada nggak yang daftar di univ Z?", "siapa yang jomblo?".

*****

Setelah ikhtiar belajar, jangan lupakan berdoa.  klik => Latihan UMPTKIN Gratis

Jadi belajar + doa.

Tidak hanya belajar saja dan tidak hanya doa tanpa belajar.

Semoga kamu lulus di kampus yang dicita-citakan. Aamiin.

Kamu pasti juga bisa!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel