Tanya Jawab UMPTKIN, Wajib Baca Buat Yang Masih Bingung! - PAGUNPOST -->

Tanya Jawab UMPTKIN, Wajib Baca Buat Yang Masih Bingung!

Banyak yang masih bingung tentang pendaftaran um ptkin. Sehingga banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh calon mahasiswa. 

Sebenarnya di website um-ptkin.ac.id sendiri sudah ada penjelasan informasinya, namun mungkin karena kurang teliti membaca sehingga ada informasi yang terlewat. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar UM PTKIN.

Ikut UM-PTKIN ?

INFO UMPTKIN


Sekadar informasi, untuk melakukan pendaftaran um-ptkin sangat disarankan menggunakan komputer/laptop agar pendaftaran berjalan lebih lancar.

Pastikan selalu TELITI dalam mengisi setiap formulir.


Kartu UMPTKIN

Cara Kartu UM PTKIN adalah dengan mendownload file kartu umptkin pdf yang muncul setelah finalisasi pendaftaran. Kemudian cetak/print pada kertas HVS ukuran A4. 

Tidak perlu dilaminating

Dan tidak perlu digunting. 

Biarkan utuh sebagaimana mestinya setelah diprint. Simpan baik-baik hasil print tersebut meskipun jika nanti ujiannya online. 

Untuk jadwal tes um ptkin (jam) juga sudah tertera di kartu ujianmu. Jadi ujiannya satu hari saja.

kartu umptkin

Lokasi Tes UM PTKIN

Lokasi tes um ptkin masih belum pasti.

Bisa ONLINE di rumah (seperti pada tahun 2020 dan 2021)
atau
Bisa OFFLINE datang ke lokasi ujian

*) sepertinya tergantung kondisi Corona, rajin-rajinlah update info umptkin 2022



Pakaian Ujian UMPTKIN

Saat tes UMPTKIN online, peserta disarankan menggunakan kemeja polos dan bawahan gelap.


Apakah UM PTKIN harus bayar sekarang pendaftaran?

Saat pendaftaran um ptkin muncul tombol "bayar sekarang", klik tombol tersebut agar muncul nomor SIP / kode bayar dan nomor PIN. 

Pembayarannya tidak harus sekarang karena itu fungsinya hanya sebagai tombol saja. Pembayaran bisa dilakukan sampai 4 Juni 2022. Jadi waktu pembayaran memang tidak harus hari itu juga.


Tidak apa-apa klik "bayar sekarang" dahulu hingga muncul SIP dan PIN. 

Simpan baik-baik SIP dan PIN tersebut. Screenshot dan download karena dipakai untuk pembayaran dan login. 




Sudah Daftar UTBK, Boleh Ikut UM PTKIN

Kamu bisa ikut UTBK SBMPTN dan UM PTKIN sekaligus. Ibaratnya mungkin sebagai nyawa cadangan. Siapa tahu tidak lulus SBMPTN malah rejekinya di UM PTKIN. 

Tugas kita hanya berusaha belajar MAKSIMAL dan berdoa. Urusan hasil, serahkan pada Allah SWT.

Foto

Foto yang digunakan adalah foto formal (rapi dan sopan, berhijab bagi perempuan) atau resmi menggunakan seragam dengan background (latar belakang foto) warna biru atau merah

Jangan foto selfie dengan ekspresi tidak wajar. 



Sistem Penilaian UM PTKIN

Sistem penilaian UM PTKIN belum diumumkan secara pasti, namun sebetulnya panita merahasiakan sistem penilaian umptkin

Yang jelas, ini adalah ujian mengerjakan soal umptkin jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin agar bisa menjawab soal dengan benar.


Ingin belajar UM-PTKIN ?

atau klik tombol di bawah ini:

Finalisasi UMPTKIN itu apa?

Finalisasi itu berarti telah menyelesaikan tahapan pendaftaran hingga selesai. Hingga muncul kartu ujian UMPTKIN. 

Jadi:
Daftar dulu diawal, trus bayar, setelah bayar login lagi untuk melanjutkan pendaftaran hingga selesai. Sampai download kartu umptkin.

Kalau belum muncul kartu peserta umptkin berarti belum finalisasi.

Pastikan sudah finalisasi agar sah sebagai peserta umptkin.

Jurusan yang dapat Dipilih

Maksimal kamu dapat memilih 3 jurusan dan maksimal 3 PTKIN. 

Intinya total jurusan yang bisa diambil sebanyak 3 prodi. 

Bisa 3 PTKIN sama semua tapi beda jurusan (misalnya: PAI - UIN SUKA, Ekonomi Syariah UIN SUKA, Sosiologi Agama - UIN SUKA) 

atau PTKIN beda semua (PAI - UIN Jakarta, Ekonomi Syariah - UIN Walisongo, PAI - UIN SGD Bandung). Atau juga boleh hanya memilih 1 atau jurusan. Intinya maksimal 3 prodi dan minimal 1 prodi.

atau mau jurusan SAMA tapi beda kampus (PGMI uin jkt, PGMI iain kediri, PGMI iain tulungagung).

Intinya total 3 pilihan.

Jelas, kan? 

Urutan prodi menyesuaikan dengan PRIORITASmu. Yang paling diinginkan taruh di pilihan pertama.

Tidak perlu bingung urusan RASIONALISASI karena UM PTKIN ini tidak ada passing grade dan tidak ada jumlah peminat hanya ada daya tampung/kuota. Namun sebaiknya jika memilih UIN dan IAIN sekaligus, taruh UIN pada urutan lebih atas daripada IAIN. 

Apakah UM PTKIN hanya ada jurusan keagamaan?

Setiap prodi UM PTKIN ini ada yang kategori IPS (seperti PAI, Manajemen Pendidikan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Sosiologi Agama, Ekonomi Syariah dsb) dan ada yang kategori IPA meski terbatas di kampus tertentu (seperti Teknik Informatika, Pendidikan Biologi, Tadris Kimia, Tadris Matematika dsb). 

Untuk lebih jelasnya silahkan cek jurusan um ptkin dan cek pada jurusan tiap kampus.

Ada beberapa prodi umum juga meskipun terbatas di kampus tertentu.

Dan setiap PTKIN menawarkan jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Khusus UIN, biasanya prodi-prodi umum ditawarkan di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

ikut UM-PTKIN ?

NO SIP dan Pin Hilang?

Bisa menghubungi helpdesk umptkin yang ada di website um-ptkin.ac.id dibagian bawah.

atau silahkan kotak masuk email karena NO SIP dan PIN juga dikirim ke alamat  email.

Apa maksud Surel ? Suret itu email


Apakah bisa daftar UMPTKIN gratis menggunakan KIP?

Pendaftaran UMPTKIN tidak gratis karena pengajukan KIP UIN/IAIN/STAIN biasanya baru dilakukan setelah diterima jadi mahasiswa. Tapi khusus uin malang bisa mengajukan KIP UIN Malang sekarang selagi pendaftaran umptkin dibuka. 

untuk KIP UIN/IAIN/STAIN memang diatur oleh masing-masing kampus. Tidak sama. 

berbeda dengan kip kemdikbud. 

karena UIN/IAIN/STAIN dibawah naungan kemenag.

Peluang SMA/SMK apakah lebih kecil dibanding MA?

Semua mempunyai kesempatan dan peluang yang SAMA. Tidak dibedakan antara siswa SMA/SMK dengan MA/Pondok karena pada dasarnya yang menjadi penentu kelulusan adalah nilai um ptkin. Jadi, belajarlah semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai yang tinggi. 

Materi UM PTKIN

Banyak yang bertanya, berapa banyak soal um ptkin? Apa saja materi umptkin ?

Adapun MATERI UJIAN UMPTKIN 2022 yaitu:
  • Potensi Akademik
  • Kemampuan Bahasa
  • Kemampuan Keislaman dan Moderasi Beragama
  • Kemampuan IPA/IPS


Pesan Buku UMPTKIN 2022 (baru)

Jika masih bingung atau ada pertanyaan lain, silahkan tulis di kolom komentar.
Terus semangat para pejuang PTKIN 2022!

Mohon bantu share agar mempermudah temanmu yang masih bingung dengan UMPTKIN.


Ingin belajar UM-PTKIN ?

64 Responses to "Tanya Jawab UMPTKIN, Wajib Baca Buat Yang Masih Bingung!"

  1. Gimana cara cetak kartu peserta ujiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal didownload file kartu peserta um ptkin formatnya pdf, trus bisa bawa ke tukang print terdekat

      Hapus
  2. Kalau lupa SIP dan PIN nya gmn? Padahal belum cetal kartunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek bukti transfer pembayaran umptkin, mungkin masih ada

      Hapus
    2. Kalau yang lupa pinnya bagimana?

      Hapus
    3. Sama saya juga lupa pin nya.. Kartu ujiannya hilang sebelum dicetak.. Gimana ada yang bisa bantu??

      Hapus
    4. tidak ada cara lain selain kamu harus cari sampai ketemu...

      Hapus
  3. Assalamualaikum
    Kak apakah SKL harus di legalisir..??
    Dan harus sama kah foto yang tertera di kartu umptkin dengan surat keterangan lulus atau boleh berbeda..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKL kalau asli nggak perlu legalisir.. yang penting SKL ada ttd dan stempel sekolah.. foto bebas

      Hapus
  4. Kalau Tau no SIP tapi lupa PINnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek bukti transfer, barangkali masih ada di sana

      Hapus
  5. Kak.. Kan disana tertulis akhir penecatakan kartu peserta, kalo telewat gimana kak ?

    BalasHapus
  6. Gimana jika no pin nya lupa kak?

    BalasHapus
  7. Cara cek lokasi ujian lengkapnya gimana? Hanya ada kode

    BalasHapus
    Balasan
    1. dateng ke kampusnya, biasanya ada informasi tertera di sana

      Hapus
  8. kak untuk pakaian tesnya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakaian tes umptkin bebas rapi sopan perempuan kalo bisa rok dan berkerudung. jangan lupa bersepatu

      Hapus
  9. Lupa no pin gimana dibutki pembayaran di bank gak ada

    BalasHapus
  10. Kalau kartu nya udah terlanjur digunting gimana???

    BalasHapus
  11. Cara Cari Tau PIN nya gimana kak? Saya Tau SIP nya dari bukti transfer.Tapi kalo lupa PIN nya tapi udah cetak kartu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya panitia coba ada di website umptkin nomornya

      Hapus
  12. Kak SKLnya yg gimana,apa kita harus minta lagi ke sekolah,apa yang di kasi pas pengumuman kelulusan?

    BalasHapus
  13. Kak klo pake SKL yg asli itu nanti nya bakal di kembaliin lagi atau tidak yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. balikin, cuma ditunjukin ke pengawas

      Hapus
  14. Kalau bukti pembayaran yg isinya nomor sip sama nomor pin. Hilang bagaimana? Sudah dicari tapi tidak ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tanya panitia Hanya Untuk Telepon)
      As: 0852 1028 2933
      IM3: 0857 5620 4877
      Simpati: 0821 9535 0933
      XL: 0819 1802 6777
      3: 0897 2900 700
      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0821 9535 0901
      0821 9535 0902
      0821 9535 0903

      Hapus
  15. Assalamualaikum.Boleh nanya pakaian kita saat umptkin apa yaa kak bagi laki-laki??
    Karna ada yang bilang biasanya harus hitam putih seperti pakaian biasa anak kuliah.

    BalasHapus
  16. Mau tanya kalau sudah cetak kartu, no pin dan sip nya masih untuk login pada saat ujian atau tidak?

    BalasHapus
  17. Cara nya melihat pengumuman umptkin itu menggunakan sip dan pin ya? Atau id pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Id pendaftaran itu yang mana kak??

      Hapus
    2. cuma kartu peserta aja kok.. nomor ujian... tidak pake sip dan pin

      Hapus
  18. Saat ingin melihat hasilnya kita perlu memasukan nomir peserta.
    Sedangkan nomor peserta kita hilang. Bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma kartu peserta aja kok.. nomor ujian... tidak pake sip dan pin

      Hapus
  19. Udah dicari tapi masih gak ketemu. Bukti transfer pembayarannya ada tapi lupa PIN.boleh minta bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma kartu peserta aja kok.. nomor ujian... tidak pake sip dan pin

      Hapus
  20. Udah dicari tapi masih gak ketemu. Bukti transfer pembayarannya ada tapi lupa PIN.boleh minta bantuan

    BalasHapus
  21. Untuk pengisian borang itu menggunakan nomor peserta yang mana ya?
    Yang tau tolong jawab. Please

    BalasHapus
  22. Bagaimana kalau ID Pendaftar hilang untuk login pendaftaran ulang umptkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari sampai ketemu... kartu ujian masa hilang

      Hapus
  23. Klo misalnya kita MA nya jurusan ipa tapi jurusan yg pengen kita ambil jurusan yang tesnya masuk ips.. Berarti kan lintas jurusan.. Nah peluangnya kita yang ipa ini apa lebih kecil dri yang emg ips ato gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja. tergantung persiapanmu belajar materi ips. tergantung dirimu sendiri. kalau sudah belajar ips, ya peluangnya sama. karena ini UMPTKIN ujian tulis menjawab soal. ya dilihat adalah nilai mengerjakan soal

      Hapus
  24. kak kok kartu ujian saya belum tampil sampe sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca jadwal cetak kartu ..
      cetak kartu mulai 1 juli

      Hapus
  25. sudah bayar tapi belum bisa lanjut ke tahap berikutnya, itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. login dek.. nanti lanjut pilih jurusan kuliah dll sampai cetak kartu

      Hapus
  26. Kak kalau misal ada kekeliruan biodata tapi sudah terlanjur finalisasi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya kalau sudah finalisasi tdk bisa diganti prodi, coba tanya panitia. nomor panitia ada di website um-ptkin.ac.id bagian bawah

      Hapus
  27. Maaf kak mau tanya, tadi kan aku daftar terus baru sampe selesai itu ngisi data data kemudian kurang nge klik BNI itu kan, malah ke kembali terus semu datanya hilang
    Kalo kira kira mau daftar lagi bisa ga ya kak

    BalasHapus
  28. Kak klo sudah daftar um-ptkin apakah bisa mendaftar lagi mandiri yg umum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja, tp sebaiknya dicek dulu kapan mandiri umum ditutup?

      kalau penutupan pendaftaran mandiri umum masih lama setelah pengumuman umptkin, ya mending nunggu pengumuman umptkin.

      atau kalau mau langsung daftar mandiri umum gpp

      Hapus
  29. Bagaimana ya kak kalau salah upload foto raport,belum cetak kartu mau di ganti tapi gabisa,tolong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. lapor panitia, nomornya di web um-ptkin.ac.id bagian bawah

      Hapus
  30. Kak nilai rapot saya bukan desimal tapi sudah terlanjur diberi titik apa tidak apa-apa?

    BalasHapus
  31. Kak kalo yang biodata rapot nya itu salah. Berpengaruh ga ya? Saya salah masukin kelas sepuluh bukan kelas 11. Deg degan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya panitia dulu aja, siapa tau bisa diganti oleh panitia

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel