Kupas Tuntas UM PTKIN 2019, Wajib Baca Buat Yang Masih Bingung!

Banyak yang masih bingung tentang pendaftaran um ptkin 2019. Sehingga banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh calon mahasiswa. Sebenarnya di website um-ptkin.ac.id sendiri sudah jelas informasinya, namun mungkin karena kurang teliti membaca sehingga ada informasi yang terlewat. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar UM PTKIN 2019.

Kupas Tuntas UM PTKIN 2019


Sekadar informasi, untuk melakukan pendaftaran um-ptkin sangat disarankan menggunakan komputer/laptop agar pendaftaran berjalan lebih lancar. Pastikan selalu TELITI dalam mengisi setiap formulir. Beberapa file yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran adalah file foto dengan ukuran maksimal 1 mb. Pendaftaran UM PTKIN dibuka mulai 2 April sampai 30 April 2019. Tes UM PTKIN dilaksanakan serentak pada tanggal 28 Mei 2019 di seluruh PTKIN di Indonesia. Hanya satu kali saja. Sumber informasi yang didapatkan berasal dari instagram @umptkin dan pengalaman pribadi.

PENDAFTARAN UM PTKIN 2019 DIPERPANJANG!
- Pengisian biodata diperpanjang hingga Kamis, 9 Mei 2019 | 16:00 WIB
- Pembayaran diperpanjang hingga Kamis, 09 Mei 2019 | 24:00 WIB
- Finalisasi (mendapat kartu ujian) diperpanjang hingga Jumat, 10 Mei 2019 | 16:00 WIB

Kartu UM PTKIN

Kartu UM PTKIN dicetak pada kertas HVS ukuran A4. Tidak perlu dilaminating. Dan tidak perlu digunting. Biarkan utuh sebagaimana mestinya setelah diprint. Simpan baik-baik hasil print tersebut dan jangan lupa dibawa saat tes um ptkin. Untuk jadwal tes um ptkin (jam) juga sudah tertera di kartu ujianmu.
print kartu um ptkin 2019 pendaftaran umptkin 2019

Apakah UM PTKIN harus bayar sekarang pendaftaran?

Saat pendaftaran um ptkin muncul tombol "bayar sekarang", silahkan klik tombol tersebut agar muncul nomor SIP / kode bayar dan nomor PIN. Pembayarannya tidak harus sekarang karena itu fungsinya hanya sebagai tombol saja. Pembayaran bisa dilakukan sampai 30 April 2019. Tidak hangus dan tidak ada 1x24 jam hangus seperti UTBK. Jadi, tidak apa-apa klik "bayar sekarang" tapi bayarnya besok atau minggu depan masih bisa.

Sudah Daftar UTBK, Boleh Ikut UM PTKIN

Sangat boleh mendaftar um ptkin meskipun sudah daftar UTBK. Kamu bisa ikut UTBK SBMPTN dan UM PTKIN sekaligus. Ibaratnya mungkin sebagai nyawa cadangan. Siapa tahu tidak lulus SBMPTN malah rejekinya di UM PTKIN. Tugas kita hanya berusaha. Urusan hasil, serahkan pada Allah SWT.

Salah Pengisian Data

Jika terdapat kesalahan data dalam mengisi pendaftaran um ptkin 2019 seperti nama, alamat, tanggal lahir, tempat lahir dan lain-lain baru diketahui setelah finalisasi maka hal itu TIDAK MASALAH. Kamu tetap bisa melanjutkan pendaftaran. Namun, jika misalnya ingin mengubah lokasi tes atau pilihan prodi maka mau tidak mau harus DAFTAR LAGI dan BAYAR LAGI. Jangan lupa mempersiapkan hal-hal yang harus dibawa saat um ptkin.

JIKA Nomor PIN atau NOMOR SIP HILANG silahkan hubungi PANITIA UM PTKIN 2019:
(Hanya Untuk Telepon)
 As: 0852 1028 2933
 IM3: 0857 5620 4877
 Simpati: 0821 9535 0933
 XL: 0819 1802 6777
 3: 0897 2900 700
(Untuk SMS dan Whatsapp)
 0821 9535 0901
 0821 9535 0902
 0821 9535 0903

Ijazah Apa wajib dibawa?

Bagi peserta UM PTKIN 2019 yang alumni lulusan 2018 dan 2017 WAJIB membawa ijazah asli atau fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir. Sedangkan bagi lulusan 2019 karena ijazahnya belum keluar silahkan minta surat keterangan lulus (SKL) dari sekolah yang telah dilegalisir kepala sekolah. Minta SKL sesudah informasi kelulusan saja ya. Mungkin awal mei sudah ada informasi kelulusan.

Foto

Foto yang digunakan adalah foto formal (rapi dan sopan, berhijab bagi perempuan) atau resmi menggunakan seragam dengan background (latar belakang foto) warna biru, merah, hijau atau kuning. Jangan foto selfie dengan ekspresi tidak wajar. Bukan foto di pinggir pantai juga. Ini kamu sedang daftar UM PTKIN bukan pendaftaran model.

Lokasi Tes UM PTKIN

Lokasi tes um ptkin bisa memilih PTKIN terdekat meskipun kamu tidak mendaftar di sana. Jadi, misalnya rumahmu di Surakarta tapi memilih jurusan di UIN Jakarta semua, maka nanti silahkan pilih lokasi tes di IAIN Surakarta karena domisilimu di Surakarta. Ya meskipun tanpa memilih IAIN Surakarta, kamu tetap bisa memilih ujian di IAIN Surakarta.

Tapi saya juga menyarankan kalau bisa dan minat kamu juga memilih atau daftar prodi di tempat tes terdekat dengan catatan kamu minat berkuliah di sana. Misalnya pilihan 1 & 2 UIN Jakarta dan pilihan 3 IAIN Surakarta. Nah, nanti tesnya di IAIN Surakarta. Sekali lagi, tidak harus memilih tempat tes di PTKIN yang dipilih kok sebenarnya.

Kuota SSE (Komputer) terbatas

Banyak yang bertanya apakah kuota pendaftaran UM PTKIN itu terbatas? Yang terbatas dalam kuota ujian komputer karena jumlah komputernya terbatas. Untuk ujian dengan menggunakan kertas, insyaAllah kuotanya kertas tidak terbatas selama masih ada ruangan yang bisa digunakan. Jika ingin ujian menggunakan komputer, sebaiknya segera mendaftar saja. Dan meskipun kamu menggunakan ujian kertas, daftarnya juga SEGERA jangan nunggu masa akhir pendaftaran.

Sistem Penilaian UM PTKIN

Sistem penilaian UM PTKIN 2019 adalah SALAH 0, BENAR 1, TIDAK DIJAWAB 0. Meskipun salah nol bukan berarti asal jawab. Usahakan kerjakan semua soal um ptkin dengan cepat dan benar.


Soal Bahasa Arab UM PTKIN

Sempat berhembus kabar jika soal bahasa arab um ptkin akan dihapuskan namun informasi tersebut belum pasti. Kabar terbaru dari panitia menyebutkan masih dipertimbangkan. Oleh karena itu, buat jaga-jaga sebaiknya tetap mempelajari materi um ptkin bahasa arab entah keputusannya seperti apa.


Bidikmisi UM PTKIN

Daftar Bidikmisi UM PTKIN ini sama dengan Daftar Bidikmisi SPAN PTKIN. Yang mana pendaftaran bidikmisi PTKIN itu mayoritas dilakukan SETELAH DINYATAKAN LULUS UM PTKIN atau SPAN PTKIN. Jadi menunggu informasi kelulusan dulu baru mengajukan Bidikmisi UM PTKIN. Oleh karena itu, sekarang semua pendaftar tetap membayar biaya pendaftaran UM PTKIN.

Khusus yang sudah daftar um ptkin dan memilih kampus IAIN Pekalongan atau UIN Malang, PENDAFTARAN BIDIKMISI kedua kampus tersebut SUDAH DIBUKA. Jadi segera cek website kedua kampus tersebut untuk melengkapi berkas-berkas um ptkin. Sekali lagi, semua tetap bayar pendaftaran um ptkin.

Jurusan yang dapat Dipilih

Maksimal kamu dapat memilih 3 jurusan dan maksimal 3 PTKIN. Intinya total jurusan yang bisa diambil sebanyak 3 prodi. Bisa PTKIN sama semua (misalnya: PAI - UIN SUKA, Ekonomi Syariah UIN SUKA, Sosiologi Agama - UIN SUKA) atau PTKIN beda semua (PAI - UIN Jakarta, PAI - UIN Walisongo, PAI - UIN SGD Bandung). Atau juga boleh hanya memilih 1 atau jurusan. Intinya maksimal 3 prodi dan minimal 1 prodi.

Jelas, kan? Urutan prodi menyesuaikan dengan PRIORITASmu. Tidak perlu bingung urusan RASIONALISASI karena UM PTKIN ini tidak ada passing grade dan tidak ada jumlah peminat hanya ada daya tampung/kuota. Namun sebaiknya jika memilih UIN dan IAIN sekaligus, taruh UIN pada urutan lebih atas daripada IAIN. 

Apakah UM PTKIN hanya ada jurusan keagamaan?

Setiap prodi UM PTKIN ini ada yang kategori IPS (seperti PAI, Manajemen Pendidikan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Sosiologi Agama, Ekonomi Syariah dsb) dan ada yang kategori IPA (seperti Teknik Informatika, Pendidikan Biologi, Tadris Kimia, Tadris Matematika dsb). Untuk lebih jelasnya silahkan cek jurusan um ptkin.

Dan setiap PTKIN menawarkan jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Khusus UIN, biasanya prodi-prodi umum ditawarkan di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Peluang SMA/SMK apakah lebih kecil dibanding MA?

Semua mempunyai kesempatan dan peluang yang SAMA. Tidak dibedakan antara siswa SMA/SMK dengan MA/Pondok karena pada dasarnya yang menjadi penentu kelulusan adalah nilai um ptkin. Jadi, belajarlah semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai yang tinggi. 

Materi UM PTKIN

Banyak yang bertanya, berapa banyak soal um ptkin? Ada beberapa materi yang akan diujikan dalam UM PTKIN meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKD).

Tes Kemampuan Dasar  UM PTKIN terdiri dari:
Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman (Alquran Hadist, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak dan Fikih)
Klik => Buku UM PTKIN
Tes Kemampuan Bidang (TKB) meliputi SOSHUM (Geografi, Ekonomi, Sosiologi, dan Sejarah) atau SAINTEK (Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia). Tergantung kelompok ujian yang didapatkan mengacu pada jurusan um ptkin yang diambil.

Pesan Buku UM PTKIN 2019 IPS, IPA, & IPC hubungi
SMS/WhatsApp 085785087038 atau klik=> pesan di sini
BONUS masuk grup WhatsApp Pejuang UM-PTKIN 2019
STOK BUKU TERBATAS!
Bisa klik gambar dibawah ini:

Jika masih bingung atau ada pertanyaan lain, silahkan tulis di kolom komentar.
Terus semangat para pejuang PTKIN 2019!
Mohon bantu share agar mempermudah temanmu yang masih bingung dengan UMPTKIN 2019.

33 Responses to "Kupas Tuntas UM PTKIN 2019, Wajib Baca Buat Yang Masih Bingung!"

  1. Gimana cara cetak kartu peserta ujiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal didownload file kartu peserta um ptkin formatnya pdf, trus bisa bawa ke tukang print terdekat

      Hapus
  2. Kalau lupa SIP dan PIN nya gmn? Padahal belum cetal kartunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek bukti transfer pembayaran umptkin, mungkin masih ada

      Hapus
    2. Kalau yang lupa pinnya bagimana?

      Hapus
    3. Sama saya juga lupa pin nya.. Kartu ujiannya hilang sebelum dicetak.. Gimana ada yang bisa bantu??

      Hapus
    4. tidak ada cara lain selain kamu harus cari sampai ketemu...

      Hapus
  3. Assalamualaikum
    Kak apakah SKL harus di legalisir..??
    Dan harus sama kah foto yang tertera di kartu umptkin dengan surat keterangan lulus atau boleh berbeda..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKL kalau asli nggak perlu legalisir.. yang penting SKL ada ttd dan stempel sekolah.. foto bebas

      Hapus
  4. Kalau Tau no SIP tapi lupa PINnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek bukti transfer, barangkali masih ada di sana

      Hapus
  5. Kak.. Kan disana tertulis akhir penecatakan kartu peserta, kalo telewat gimana kak ?

    BalasHapus
  6. Gimana jika no pin nya lupa kak?

    BalasHapus
  7. Cara cek lokasi ujian lengkapnya gimana? Hanya ada kode

    BalasHapus
    Balasan
    1. dateng ke kampusnya, biasanya ada informasi tertera di sana

      Hapus
  8. kak untuk pakaian tesnya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakaian tes umptkin bebas rapi sopan perempuan kalo bisa rok dan berkerudung. jangan lupa bersepatu

      Hapus
  9. Lupa no pin gimana dibutki pembayaran di bank gak ada

    BalasHapus
  10. Kalau kartu nya udah terlanjur digunting gimana???

    BalasHapus
  11. Cara Cari Tau PIN nya gimana kak? Saya Tau SIP nya dari bukti transfer.Tapi kalo lupa PIN nya tapi udah cetak kartu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya panitia coba ada di website umptkin nomornya

      Hapus
  12. Kak SKLnya yg gimana,apa kita harus minta lagi ke sekolah,apa yang di kasi pas pengumuman kelulusan?

    BalasHapus
  13. Kak klo pake SKL yg asli itu nanti nya bakal di kembaliin lagi atau tidak yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. balikin, cuma ditunjukin ke pengawas

      Hapus
  14. Kalau bukti pembayaran yg isinya nomor sip sama nomor pin. Hilang bagaimana? Sudah dicari tapi tidak ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tanya panitia Hanya Untuk Telepon)
      As: 0852 1028 2933
      IM3: 0857 5620 4877
      Simpati: 0821 9535 0933
      XL: 0819 1802 6777
      3: 0897 2900 700
      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0821 9535 0901
      0821 9535 0902
      0821 9535 0903

      Hapus
  15. Assalamualaikum.Boleh nanya pakaian kita saat umptkin apa yaa kak bagi laki-laki??
    Karna ada yang bilang biasanya harus hitam putih seperti pakaian biasa anak kuliah.

    BalasHapus
  16. Mau tanya kalau sudah cetak kartu, no pin dan sip nya masih untuk login pada saat ujian atau tidak?

    BalasHapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel