Apa Saja Materi UMPTKIN? - PAGUNPOST -->

Apa Saja Materi UMPTKIN?

Materi UMPTKIN - Memasuki perguruan tinggi negeri menjadi ribuan anak ada di Indonesia. Meski untuk masuk kedalamnya bukan hal yang mudah dan membutuhkan perjuangan ekstra. 

Salah satunya berjuang di jalur UMPTKIN yang berbasis tes soal umptkin.

Apa saja materi UMPTKIN? 

  • Materi UMPTKIN 2024 : Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, Literasi Ajaran Islam.

Mau belajar latihan Soal UM PTKIN?



Jangan kaget. Memang ada perbedaan dibanding UMPTKIN tahun sebelumnya karena tahun ini tidak ada tes mapel IPA atau IPS.


Sedangkan sistem pelaksanaan UMPTKIN 2024 dilakukan secara online-onsite yang artinya mengerjakan soal ujian berbasis online tapi tetap DATANG ke kampus lokasi ujian.

Jadi bukan di rumah lagi.


Mau Soal UM PTKIN?


Cara Mengurutkan Prodi UMPTKIN

Hal penting yang perlu dilakukan saat pendaftaran mengurutkan pilihan jurusan sesuai prioritas keinginan. Tentukan terlebih dahulu jurusan prioritas yang diinginkan.

Taruh prodi yang PALING kamu inginkan di pilihan 1 karena panitia akan menyeleksi berdasarkan pilihan 1 dulu. Jika nilaimu memenuhi untuk masuk di jurusan pilihan 1 yang kamu pilih, maka akan dinyatakan lulus umptkin. Sedangkan jika tidak, maka akan diseleksi dipilihan 2 dan 3. 

Baik pilihan 1 atau 2 atau 3 semua ada peluang lulus tapi POTENSI lulus lebih besar di pilihan 1.


Apa Saja Materi UMPTKIN ?

Seleksi UM-PTKIN merupakan sebuah ujian tes mengerjakan soal-soal umptkin

Adapun MATERI UJIAN UMPTKIN 2024 yang terbaru yaitu:
  • Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, Literasi Ajaran Islam.

Mengutip dari situs resmi um.ptkin.acid, materi yang diujikan dalam UMPTKIN 2024 sebagai berikut:

#1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
  • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
  • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
  • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.
#2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

#3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

#4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.


^Oleh karena itu, persiapan harus dilakukan secara matang dengan cara banyak berlatih mengerjakan contoh soal umptkin.




Tips Belajar UM PTKIN 

Sebenarnya apa sih tips lulus umptkin

UM-PTKIN merupakan ujian dengan metode seleksi berbasis ujian tulis, maka tidak ada cara lain selain belajar materi UM-PTKIN termasuk soal bahasa arab UM-PTKIN yang masih asing bagi beberapa peserta apalagi yang dari SMK atau SMA. 

Simak beberapa tips berikut ini agar lebih percaya diri menghadapi ujian UM-PTKIN

1. Perbanyak Tryout Soal UMPTKIN

Kumpulan soal umptkin dapat dipelajari melalui berbagai sumber, mulai dari buku UMPTKIN atau tryout umptkin online. 



2. Perdalam Materi UMPTKIN

Meskipun tidak ada mapel IPA atau IPS, namun tetap butuh persiapan untuk belajar materi umptkin 2024 yaitu Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, Literasi Ajaran Islam. 

Pahami konsep mengerjakan, materinya agar membantu menjawab soal secara cepat dan benar.


Ingin belajar UM-PTKIN ?


3. Konsisten

Tidak perlu menunggu pengumuman snmptn/span ptkin. 

Belajar UMPTKIN bisa lebih awal dari sekarang agar lebih banyak waktu persiapan diri.

Misalnya, minggu ini fokus belajar Potensi Akademik, minggu depan Penalaran Matematika, dan seterusnya. Jadi buat jadwal belajar umptkin atau dicicil belajarnya.

4. Berdoa Lulus UMPTKIN

Apabila semua tahapan tersebut sudah ditempuh, termasuk di dalamnya mendalami soal keislaman. Maka langkah selanjutnya adalah dengan berdoa dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hasil usaha keras akan semakin maksimal jika dibantu dengan adanya doa. 

4 Responses to "Apa Saja Materi UMPTKIN? "

  1. Apakah farmasi boleh dngan UMPTKN ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smk farmasi atauu mau kuliah jurusan farmasi?

      jalur umptkin yg ada jurusa farmasi hanya UIN Makassar, UIN lain farmasi lewat snmptn, sbmptn dan mandiri..

      Hapus
  2. untuk jurusan alquran tafsir bisa dgn UMPTKIN ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lewat SPAN-PTKIN atau UMPTKIN atau Jalur Mandiri

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel