Cara Pendaftaran UMPTKIN 2020 Lengkap

pendaftaran umptkin 2020, Pendaftaran um-ptkin online, pendaftaran um-ptkin.ac.id, pendaftaran online, um-ptkin, jadwal pendaftaran um-ptkin, jadwal um-ptkin 2020

Memiliki sebuah cita-cita masuk kampus negeri tentu menjadi sebuah hal yang sangat wajar. Sehingga berbagai cara dilakukan, agar bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita tersebut. Salah satu hal yang menjadi impian banyak siswa yang baru saja lulus dari SMA/sederajat atau siswa kelas 12 adalah dapat lolos dari UM-PTKIN, sebuah jalur masuk universitas islam negeri seperti UIN, IAIN dan STAIN yang seleksinya serentak nasional.

Jika anda ingin masuk di perguruan tinggi keagamaan islam maka harus tahu cara pendaftaran UM-PTKIN 2020, sehingga dapat mempersiapkan hal tersebut jauh-jauh hari. hal tersebut tentu membuat persiapan yang dilakukan lebih matang dan kesempatan berkuliah di kampus impian semakin dekat. Bagi anda yang belum tahu info UM-PTKIN maka bisa simak beberapa ulasan berikut ini.

Cara Pendaftaran UM-PTKIN 2020 Lengkap


Pengertian UM-PTKIN

Bagi anda yang masih belum tahu apa itu UM-PTKIN, maka perlu diketahui bahwa ini adalah salah satu jalur yang dapat digunakan jika, berencana masuk ke perguruan tinggi negeri keagamaan islam di Indonesia. Seleksi ini, umumnya dilaksanakan dalam skala nasional yang setara dengan jalur SBMPTN. Penerimaan jalur ini berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh peserta ujian. 
Cara Pendaftaran UM-PTKIN 2020 Lengkap
Pendaftaran UMPTKIN 2020
Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, nantinya dapat memilih perguruan tinggi negeri keagamaan di seluruh indonesia sesuai dengan yang diinginkan. Perguruan yang dapat dipilih seperti universitas islam negeri (UIN), institut agama islam negeri (IAIN), dan sekolah tinggi agama islam negeri (STAIN). 

jurusan UM-PTKIN yang dapat dipilih oleh peserta juga sangat beragam, sehingga  bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Seleksi akan dilaksanakan berdasarkan hasil ujian tertulis, yang dilaksanakan secara bersamaan oleh PTKIN di Indonesia. Badan yang mengoordinasi jalannya UM-PTKIN adalah direktorat pendidikan tinggi islam kementerian agama republik Indonesia. 


Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN

Jika sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri tahun 2020, maka harus mengetahui cara daftar um ptkin 2020 yang umumnya tidak berbeda jauh dari tahun 2019. Persyaratan dalam pendaftaran tersebut adalah :

  • Lulusan 3 (tiga) tahun terakhir yang berarti, lulus tahun 2018,2019, dan 2020. Berasal dari satuan pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SSMKA/ pesantren muadalah atau yang setara dan memiliki izin resmi dari kementerian agama.
  • Bagi lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah saat melakukan pendaftaran. 
  • Sedangkan bagi lulusan tahun 2020, harus mempunyai surat keterangan lulus/ ijazah dari kepala madrasah/ sekolah/ pesantren muadalah.


Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2020

Umumnya  alur pendaftaran di tahun 2020 tidak jauh beda dari tahun 2019, berikut merupakan alur pendaftaran UM-PTKIN.

  1. Calon peserta biasanya harus mendaftar dan mengisi biodata di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapatkan nomor slip instruksi pembayaran. Selain itu calon peserta juga akan mendapatkan PIN dan informasi nomina yang harus dibayarkan, sekaligus tatacara pembayarannya. 
  2. Setelah itu barulah calon peserta dapat melakukan pembayaran melalui bank BNI maupun selain BNI dengan beberapa ketentuan. Jika pembayaran dilakukan melalui BNI/ BNI Syariah, maka pembayaran dapat dilakukan di seluruh kantor cabang, ATM, SMS / Internet Banking, dan keagenan BNI dengan menunjukkan/ memasukkan nomor SIP. 
  3. Jika selain Bank BNI, maka pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke virtual account BNI melalui Kantor Pos atau bank manapun di seluruh Indonesia, yang telah mendukung transfer antar bank. Caranya juga mudah karena tinggal menunjukkan nomor SIP sebagai nomor virtual account BNI anda.  Nantinya peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran.
  4. Biaya seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. 
  5. Jika sudah membayar, peserta dapat melanjutkan pendaftaran UM-PTKIN online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan  nomor SIP dan PIN. 
  6. Setelah itu dapat memilih kelompok ujian, program sstudi, lokasi ujian, dan tipe ujian hingga cetak kartu ujian. Setelahnya calon peserta yang resmi terdaftar dapat mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi yang telah dipilih. 

Tata cara Daftar UM-PTKIN 2020

Untuk mendaftar, maka calon peserta harus mendaftar secara online melalui website resmi www.um-ptkin.ac.id dengan cara sebagai berikut,
  1. Kunjungi web lalu klik menu daftar dan klik tombol daftar. 
  2. Isi biodata pendaftaran kemudian akan memperoleh nomor slip instruksi pembayaran (SIP)
  3. Segera bayar di mitra PTKIN untuk mendapatkan PIN. 
  4. Akses kembali website yang sebelumnya dan klik menu daftar lalu pilih tombol login. Anda dapat login menggunakan SIP dan PIN yang telah didapatkan.
  5. Jika sudah maka anda harus cetak kartu ujian UM-PTKIN. Hal tersebut karena kartu ujian harus di bawa saat ujian berlangsung dan akan diperiksa oleh panitia penyelenggara ujian. 

Tipe Ujian UM-PTKIN 

Dalam ujian UM-PTKIN, calon peserta dapat memilih dua macam tipe ujian, dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Tipe ujian yang pertama adalah paper based test (PBT), merupakan ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal umptkin dan jawaban akan disajikan dalam kertas, sehingga peserta ujian wajib membawa pensil 2B karena tes ini menggunakan lembar jawaban komputer (LJK).

Sedangkan tipe tes yang kedua menggunakan computer based test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. Meski begitu, jumlah butir soal dan waktu tes akan sama dengan peserta yang menggunakan metode PBT. Teknik ini tidak lagi menggunakan kertas, baik untuk naskah soal umptkin maupun lembar jawaban. Tips Lulus UM-PTKIN yang pasti adalah belajar dari contoh soal UMPTKIN dan prediksi soal UMPTKIN 2020.

Kelompok ujian UM-PTKIN

SOAL UMPTKIN dibagi menjadi beberapa kelompok ujian, yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan campuran. Dengan materi ujian tes kemampuan dasar (TKD), tes potensi akademik, bahasa, dan soal keislaman serta kemampuan sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. 

Jika memilih kelompok ujian IPA maka akan mengerjakan soal kemampuan IPA.  Jika memilih kelompok ujian IPS maka akan mengerjakan soal kemampuan IPS. Sedangkan jika memilih kelompok ujian ilmu pengetahuan campuran maka harus mengerjakan soal kemampuan IPA dan IPS.
Setelah mengikuti seluruh proses ujian yang dilaksanakan, maka tinggal menunggu UM-PTKIN pengumuman. Pengumuman biasanya  akan diberikan melalui website resmi pihak penyelenggara dan tidak melalui website non resmi lainnya. Setelah lolos barulah nanti harus melakukan daftar ulang di perguruan tinggi yang dipilih.

buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Jadwal Pendaftaran UM-PTKIN Online

Bagi anda yang ingin mengetahui jadwal resmi pelaksanaan UM-PTKIN, maka dapat terus memantau website resmi dari pihak penyelenggara di um-ptkin.ac.id untuk INFO 2020. Sehingga informasi yang didapatkan lebih akurat dan terpercaya. 

Sehingga pendaftaran biasanya dilakukan pada bulan april-mei, tergantung dengan panitia penyelenggara ujian UMPTKIN 2020. Namun, kamu bisa PERSIAPAN LEBIH AWAL jika ingin peluang lulus UMPTKIN semakin BESAR. Dan kamu dapat melihat jumlah daya tampung sebagai acuan karena tidak passing grade UM-PTKIN.

Perguruan tinggi negeri Islam Negeri (PTKIN) memang menjadi impian banyak siswa, terutama yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas atau siswa kelas 12. Salah satu cara jalur masuk perguruan tinggi negeri islam negeri yaitu, dengan daftar UM-PTKIN 2020 yang memiliki banyak pilihan perguruan tinggi dan jurusan yang ada di dalamnya (UIN, IAIN dan STAIN). 

Tentu untuk mencapai sebuah hal yang diinginkan harus melalui berbagai perjuangan, termasuk untuk masuk ke kampus impian. Yuk persiapan UMPTKIN 2020 mulai dari SEKARANG meskipun jadwal pendaftaran um-ptkin 2020 belum dibuka. Semakin matang persiapan, semakin baik!

Baca juga: Buku UMPTKIN 2020

0 Response to "Cara Pendaftaran UMPTKIN 2020 Lengkap"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel