Prospek Jurusan Manajemen Dakwah

Prospek Jurusan Manajemen Dakwah - Saat mendengar nama Jurusan Manajemen Dakwah, orang biasanya akan berpikir bahwa mahasiswa jurusan ini sedang belajar untuk menjadi da’i. Padahal, prospek kerja Manajemen Dakwah tidak hanya itu saja. Ada banyak keahlian yang dipelajari mahasiswa saat menjalani kuliah ini sehingga mereka memiliki prospek kerja yang luas.

Prospek Jurusan Manajemen Dakwah

Apa itu Jurusan Manajemen Dakwah

Jurusan Manajemen Dakwah biasanya ditempatkan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi atau Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Seperti namanya, Jurusan Manajemen Dakwah merupakan jurusan kuliah dimana mahasiswanya mempelajari kombinasi ilmu manajemen dan dakwah.

Tujuan didirikannya jurusan ini adalah untuk menciptakan sarjana ahli dan profesional dalam hal pengembangan dakwah sesuai kebutuhan masyarakat serta dalam hal mengelola lembaga keagamaan. Dalam kuliah ini, dakwah tidak selalu berarti ceramah karena di era modern ini  dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Sehingga, jika Anda masuk ke jurusan ini, Anda tidak akan selalu menjadi seorang penceramah. Kemampuan dakwah yang dikombinasikan dengan keahlian manajemen yang Anda peroleh akan memungkinkan Anda untuk bekerja di belakang layar. Anda bahkan dapat menjadi seorang leader setelah lulus nanti.

Jurusan Manajemen Dakwah ini adalah jurusan yang lebih cocok untuk orang-orang dengan minat dan kemampuan tertentu. Mereka yang memiliki passion dalam dakwah agama Islam atau pengelolaan lembaga keagamaan akan merasa senang kuliah di sini. Selain itu, mereka yang pandai merangkai kata-kata, berani tampil di depan khalayak umum, dan suka bekerja dengan banyak orang akan cocok masuk ke jurusan ini.

Gambaran Proses Perkuliahan

Karena jurusan ini adalah kombinasi ilmu manajemen serta dakwah, mahasiswa akan diwajibkan menempuh berbagai mata kuliah berbau bisnis dan manajemen. Beberapa mata kuliah Manajemen Dakwah yang berkaitan dengan ilmu tersebut adalah akuntansi, manajemen pemasaran, manajemen SDM, perilaku konsumen, dan kewirausahaan.

Selain itu, mahasiswa tentu juga akan menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan dakwah, contohnya dakwah pembangunan, psikologi dakwah, sejarah lembaga dakwah, dan tafsir dakwah. Di jurusan ini, ada juga mata kuliah manajemen lembaga keuangan Islam, manajemen pegadaian syariah, manajemen umroh dan haji, manajemen dakwah, serta manajemen BMT.

Bahasa merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam perkuliahan Manajemen Dakwah. Di jurusan ini, mahasiswa dituntut untuk bisa berbahasa Arab dan Inggris dengan baik. Oleh karenanya, tak heran jika ada mata kuliah bahasa Arab 1, 2, 3 dan bahasa Inggris 1, 2, 3 dalam jurusan ini.

Dalam perkuliahan Manajemen Dakwah, ada beberapa mata kuliah praktik yang perlu ditempuh oleh mahasiswa. Beberapa mata kuliah pratikum tersebut adalah praktik lembaga keuangan Islam, praktik manajemen organisasi, praktik manajemen ZIS, dan praktikum dakwah. Selain itu, mahasiswa juga diharuskan melakukan PPL.

Di semester enam atau tujuh, mahasiswa Manajemen Dakwah akan menempuh kuliah konsentrasi. Ada dua pilihan program konsentrasi, Program Manajemen Haji, Umroh, dan Wisata Religi serta Program Manajemen Kelembagaan. Program yang pertama ini cocok bagi Anda yang nantinya ingin bekerja di biro travel atau Kemenag. Sedangkan program yang kedua cocok bagi Anda yang suka melakukan pekerjaan suka rela.


Prospek Lulusan Manajemen Dakwah

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa prospek kuliah manajemen dakwah tidak terlalu menjanjikan. Akan tetapi, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada berbagai prospek karir yang dimiliki para lulusan Manajemen Dakwah. Berikut ini prospek karir tersebut.

1. Staf di lembaga keuangan Islam
Lulusan Manajemen Dakwah memiliki keahlian dalam bidang akuntansi dan manajemen keuangan. Oleh karenanya, mereka dapat bekerja di lembaga keuangan Islam, contohnya BMT, bank syariah, dan Baznas.

2. Staf di lembaga keagamaan
Mahasiswa yang telah lulus dari jurusan ini juga dapat bekerja di lembaga keagamaan karena mereka telah dibekali keahlian pengelolaan lembaga dakwah, masjid, serta lembaga kemasyarakatan islam.

3. PNS di Kemenag
Lulusan jurusan ini memiliki peluang besar untuk menjadi PNS atau staf di Kemenag. Ilmu Manajemen Dakwah mereka akan sangat berguna di lembaga pemerintah ini.

4. Staf di biro haji dan umroh
Karena lulusan Manajemen Dakwah telah dibekali keahlian mengelola biro Haji dan Umroh, maka mereka dapat bekerja di biro ini. Setelah cukup berpengalaman, mereka bahkan dapat menjadi manajer biro Haji dan Umroh.

5. Pengelola organisasi politik Islam
Mahasiswa yang telah lulus daru jurusan ini  telah dibekali pengetahuan dan keahlian mengelola berbagai organisasi. Sehingga, mereka dapat menjadi pengelola organisasai politik Islam.

6. Wirausahawan
Lulusan jurusan ini telah menempuh mata kuliah praktik kewirausahaan. Sehingga, mereka pasti dapat menjadi wirausahawan sukses.


Kampus yang Ada Jurusan Manajemen Dakwah

Ada banyak universitas Islam yang menawarkan Jurusan Manajemen Dakwah. Akan tetapi, Anda sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih kampus. Pilihlah kampus yang memiliki Jurusan Manajemen Dakwah akreditasi A.

Berikut ini beberapa universitas yang menawarkan Jurusan Manajemen Dakwah terakreditasi A:
- UIN Sunan Gunung Djati 
- UIN Sunan Kalijaga 
- UIN Syarif Hidayatullah 
- UIN Sunan Ampel
- UIN Alauddin 
dan masih banyak lagi.. silahkan browsing di google untuk tahu akreditasi manajemen dakwah kampus yang ingin kamu masuki.

Semoga pembahasan tentang Jurusan Manajemen Dakwah ini dapat membantu Anda dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Untuk informasi lebih detail tentang jurusan ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi universitas di atas.


***
Mau belajar Materi UMPTKIN atau latihan Soal UMPTKIN 2020?

klik => UMPTKIN 2020


Mau punya Soal UMPTKIN 2020? klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

1 Response to "Prospek Jurusan Manajemen Dakwah"

  1. Sangat Sangat Membntu..
    Min. Saya Masuk Manajemen Dakwah Di Konsentrasi ManJemen Keuangan Islam..

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel