Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Utara

Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Utara. Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi berkembang yang masih sangat belia dari provinsi yang ada di Indonesia. Kalimantan Utara merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota, yakni Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau, dan Kota Tarakan. 

Tentunya setiap daerah memiliki wahana atau objek pariwisata. Masing-masing daerah memiliki pariwisata yang berbeda-beda  berdasarkan letak geografis. Kalimantan Utara memiliki geografis yang unik dari daerah lainnya. Keunikan Kalimantan Utara ini nampak dari meningkatnya destinasi  wisatawan dalam negeri dan asing yang berkunjung di Kalimantan Utara. 

Provinsi Kalimantan Utara bertetangga dengan Negara Malaysia Tawau. Kalimantan Utara kaya akan hasil alamnya, seperti hutan tropis, pegunungan, lautan, daratan, dan keasrian alam yang indah. Kalimantan Utara memiliki beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berwisata di Kalimantan Utara karena ada spot keren di kaltara.

Berikut adalah Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Utara:



Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Utara


1. Objek Wisata Pantai Amal, Hutan Mangrove, dan Peninggalan Sejarah Pearl Hearbor Kota Tarakan
Objek wisata yang ada di Tarakan Kalimantan Utara amat banyak sekali diantaranya; pantai amal, hutan mangrove, dan bekas peninggalan sejarah peperangan di Kota Tarakan, atau sering disebut dengan Pearl Herbor. Pantai amal merupakan objek wisata nan indah yang di miliki masyarakat Tarakan. Setiap hari minggu sore, pantai ini dipenuhi oleh para kaula muda yang sedang kasmaran untuk sejenak menikmati eksotisme pantai. Bukan hanya kaula muda, para orangtua pun ikut-ikutan untuk menikmati keindahan panorama pantai hingga menjelang senja untuk melihat terbenamnya matahari. Begitu juga dengan hutan mangrov. Hutan Mangrove juga sebagai tempat menghabiskan masa-masa libur bersama keluarga tercinta. Biasanya hutan mangrove penuh akan pengunjung ketika hari libur telah tiba. Di lain tempat, ada juga bekas peninggalan sejarah yang membuktikan dan merekam kisah masa lalu Kota Tarakan. Seperti, meriam, musium, dan banker.


2. Objek Wisata Gunung Putih di Kabupaten Bulungan
Objek wisata yang terkenal di Kabupaten Bulungan adalah Gunung Putih. Gunung putih ini merupakan gunung yang sangat unik. Kandungan batu kapurnya amat banyak di dalam gunung ini, makanya diberi sebutan dengan nama Gunung Putih. Gunung Putih memiliki patahan-patahan tangga yang unik, sehingga jika Anda telah sampai di puncak gunung  maka Anda dapat melihat keindahan alam Kabupaten Bulungan dari atas. Sungguh pemandangan yang indah.



3. Objek Wisata Air Terjun Gunung Rian Kabupaten Tana Tidung
Objek wisata Gunung Rian merupakan sebuah objek wisata yang terletak di desa Safari Rian. Gunugn Rian merupakan sebuah gunung yang dipenuhi hutan lindung yang sangat luas. Di dalam gunung ini terdapat sebuah air terjun yang cukup tinggi dan jernih. Air yang terjatuh dari atas ke bawah membuat panorama gunung rian semakin indah. Gunung Rian memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata masyarakat Indonesia.



4. Objek Wisata Batu Lamapu Kabupaten Nunukan
Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata yang indah. Memiliki panorama alam yang asri. Objek wisata batu lamapu terletak di daerah pulau sebatik. Di pulau ini terdapat hamparan pantai yang luas dan bila air laut telah pasang disebut batu lamapu. Itulah sejarah penaman batu lamapu, yakni batu yang timbul ketika air tengah pasang.



5. Objek Wisata Long Bawan Kabupaten Malinau       
Long Bawan adalah merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia. Penduduk asli long bawan adalah berasal dari suku dayak lundaye. Suku dayak lundaye merupakan suku yang amat dekat dengan alam. Biasanya mereka mengadakan upacara adat yang disebut Nyumpai Semarang Mei Ulang.


Inilah seputar info sederhana yang dapat penulis hadirkan untuk Anda para pecinta wisata. Semoga Bermanfaat dan berguna untuk referensi tambahan Anda mengenai Daftar Wisata di Kalimantan Utara. 

Silakan baca artikel menarik dibawah ini: