Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style Tahun 2015

Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style Tahun 2015. Batik merupakan hasil produksi dalam negeri yang memiliki nilai jual yang tinggi di mata negara lain. Bahkan batik sangat di gandrungi oleh para tokoh dan artis mancanegara. Keunikan dan keindahan batik mampu menghipnotis mata dengan corak keaslian dan kekentalan budaya yang ada di dalamnya. Sehingga batik selama beberapa dekade terakhir ini telah menjadi trending style di dunia perdagangan dan bisnis.

Setiap budaya di Indonesia memiliki batik, namun yang paling laris diminati oleh para pengunjung setia batik adalah corak batik Khas Kalimantan. Dalam hal ini Batik Khas Kalimantan Utara, selain batik motif kalimantan utara juga ada macam macam batik kalimantan: motif batik dayak kalimantan tengan, motif batik kalimantan timur, batik kalimantan barat hingga batik kalimantan selatan. Dan tentu semuanya memiliki penjelasan (keterangan) dan makna yang sarat akan filosofis.

Batik Khas Kalimantan Utara diyakini akan menjadi Trending Style di Tahun 2015 sebagai model batik dengan corak yang unik dan indah.


Sebelum kita membahas tentang Keunggulan Batik Kalimantan Utara, ada baiknya penulis jelaskan tentang histories terbentuknya Kalimantan Utara terlebih dahulu.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Tarakan Yang Wajib dikunjungi

Kalimantan Utara merupakan provinsi  termuda hasil dari pecahan Kalimantan Timur. Kalimantan Utara memisahkan diri dari Kalimantan Timur karena telah dianggap mampu untuk Berdikari sendiri untuk mengelola daerah kawasannya. Di antara kawasan yang ada di Kalimantan Utara yaitu; Kabupaten Bulungan (selaku provinsi Kalimantan Utara), Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan satu kabupaten baru yang berasal dari Kabupaten Bulungan yang telah mengalami pemekaran adalah Kabupaten Tana Tidung atau yang sering disebut KTT.

Dengan terbentuknya Kalimantan Utara, maka akan tercipta beberapa model khas yang akan menjadi bagian dari Kalimantan Utara, salah satunya adalah Kain Batik Khas Kalimantan Utara. Kain batik Kalimantan Utara ini merupakan hasil dari modifikasi corak Batik Kalimantan Timur dan juga corak batik dari Kalimantan lainnya. Mengapa demikian? Karena Kalimantan Utara sebagai provinsi penutup dari kawasan Kalimantan, maka Kalimantan Utara menyatukan seluruh corak batik kalimantan ke dalam corak batik yang nantinya akan digunakan oleh Kalimantan Utara sebagai media pemersatu.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Kalimantan Utara

Berikut adalah Keunggulan Batik Kalimantan Utara:


Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style Tahun 2015

Memiliki Corak yang Beragam
Setiap batik pada dasarnya memiliki corak yang beragam. Hal ini dilatarbelakangi oleh tempat dan gaya selingkung dari masing daerah. Keunggulan dari Batik Kalimantan Utara sebagai Provinsi Termuda terletak pada corak batiknya yang beragam. Beragam maksudnya setiap corak batik Kalimantan secara keseluruhan telah dimodifikasi dalam satu jenis batik Kalimantan Utara yang mana batik ini dikenal dengan sebutan Batik Borneo.

Memiliki Motif  Lebih Halus
Batik Kalimantan Utara memiliki motif yang lebih halus dari motif batik lainnya. Melalui beberapa tahapan dan proses yang panjang. Kain batik borneo ini juga pada saat pembuatannya dan pengolahan bahan tidak semerta-merta langsung siap di buat, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu mengenai jenis kain atau media pembuatan batiknya. Kain yang digunakan adalah kain yang memiliki kualitas tinggi.


Memiliki Tekstur yang Dingin
Kain batik Kalimantan Utara ini juga selain motifnya yang halus, ia juga memiliki tekstur yang dingin. Sehingga pada saat digunakan kita akan merasa nyaman dan adem sepanjang hari. Kenyamanan dalam menggunakan pakaian adalah hal yang utama.

Baca juga: Sepatu Kulit Kekinian Yang Murah Berkualitas

Memiliki Filosofi Tinggi
Dalam corak dan motif batik, seharusnya memiliki nilai dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Dalam batik Kalimantan Utara (batik borneo) ini memiliki banyak corak yang berupa logo dan simbol yang mengisyaratkan tentang keberadaan etnis dan budaya yang ada di Kalimantan. Dengan adanya penggambaran dalam bentuk motif batik akan lebih memperkaya khasanah budaya Kalimantan yang nantinya akan menjadi trending style di tahun 2015.

Sekian ulasan singkat dari Keunggulan Kain Batik Borneo Kalimantan Utara. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda. Dan juga Bisa Menjadi referensi tambahan buat Anda.

Silakan Baca artikel menarik lainnya:
7 Keistimewaan Kota Tarakan
Oleh-oleh Khas Tarakan
Tempat Wisata Kuliner di Tarakan.

1 Response to "Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style Tahun 2015"

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel. Terima kasih !