Inilah 6 Perbedaan UM PTKIN dengan Jalur Mandiri

Banyak diantara Anda mungkin sulit membedakan atau tidak tahu apa saja perbedaan UMPTKIN dengan Jalur Mandiri. Secara harfiah, kepanjangan dari UMPTKIN adalah Ujian Masuk (bukan Ujian Mandiri) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN dan STAIN. Sedangkan Jalur Mandiri kerap disebut Ujian Mandiri (UM) dan ada juga yang menyebut UTUL (Ujian Tulis) yang pelaksanaannya berbeda-beda tiap kampus seperti UTUL UGM, Ujian Mandiri UIN SUKA, SPMB UIN Jakarta, dan sebagainya.


Perbedaan UMPTKIN dan Jalur Ujian Mandiri

Berikut adalah perbedaan jalur UM PTKIN dengan jalur mandiri

1. Jadwal Pelaksanaan

Secara konseptual UMPTKIN beda dengan jalur Ujian Mandiri karena pelaksanaan UMPTKIN dilaksanakan secara serentak se-Indonesia dalam waktu dan tanggal yang sama. UMPTKIN serentak seluruh UIN/IAIN/STAIN sedangkan UJIAN MANDIRI dilakukan mengikuti jadwal masing-masing kampus yang BERBEDA-BEDA.   

Sedangkan Jadwal Ujian Mandiri tiap kampus berbeda. Namanya juga MANDIRI maka istilahnya digelar oleh masing-masing kampus. Pelaksanaan Ujian Mandiri dilaksanakan setelah ujian UMPTKIN. Lebih dulu UMPTKIN dibandingkan Jalur Mandiri. Oleh karenanya, Jalur Mandiri adalah jalur terakhir untuk masuk kampus. Jadwal Ujian Jalur Mandiri mengacu pada website resmi masing-masing kampus dan lokasi ujian jalur mandiri biasanya HARUS DATANG KE KAMPUS LANGSUNG tidak seperti UMPTKIN yang bisa memilih PTKIN terdekat meskipun tidak daftar jurusan di sana.

2. Tempat Tes

Saat UMPTKIN kita bisa memilih 3 kampus sekaligus dan tempat tes yang terdekat dari rumah meskipun tidak memilih daftar ptkin tersebut. Misalnya kamu tinggal di Jakarta dan memilih pilih jurusan Hukum Keluarga UINSA, Manajemen Pendidikan Islam UIN SUKA dan Ekonomi Syariah UIN JAKARTA. Nah, untuk tesnya UMPTKIN kamu masih bisa memilih lokasi tes terdekat dari rumahmu yakni misalnya UIN Jakarta. Sebenarnya lokasi tes tidak harus di PTKIN yang dipilih prodinya. Nanti kamu sendiri yang menentukan PTKIN mana yang paling dekat dari rumahmu. BEBAS.

Sedangkan Jalur Mandiri biasanya dilaksanakan di kampus yang kamu daftarin. Misal, kamu ikut Ujian Jalur Mandiri UIN Suka Yogyakarta maka tesnya dilaksanakan di UIN SUKA dan kamu hanya bisa memilih jurusan yang ada di sana. Tidak mungkin ikut Jalur Mandiri UIN SUKA tapi memilih Jurusan di UIN Jakarta. Kalau daftar UIN SUKA maka kamu ya hanya bisa memilih jurusan yang tersedia di sana. Begitu pun jika misalnya kamu ikut jalur mandiri SPMB UIN Jakarta, maka kamu hanya bisa memilih jurusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saja.

3. Situs Pendaftaran

Situs pendaftaran UM-PTKIN yaitu https://um-ptkin.ac.id/ sedangkan situs pendaftaran Jalur Mandiri tiap univ berbeda beda, seperti https://spmb.uinjkt.ac.id/, http://admisi.uin-suka.ac.id dan masih banyak lagi.

buku umptkin ips 2020 buku umptkin 2020 ips contoh soal umptkin ips materi umptkin ips kisi kisi umptkin buku umptkin recommended
Buku UMPTKIN 2020
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

4. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran UMPTKIN sebesar 200.000 ini ditentukan oleh panitia UMPTKIN. Sedangkan biaya pendaftaran Jalur Mandiri ditetapkan oleh kampusnya sendiri. Oleh karena itu, biaya seleksi jalur mandiri tiap kampus juga berbeda-beda.

5. Soal Yang Diujikan

Soal UMPTKIN terdiri dari Keagamaan, IPA/IPS, TPA dan Kebahasaan Arab (khusus UM PTKIN 2019 soal bahasa arab MASIH DIPERTIMBANGKAN). Sedangkan Soal Ujian Mandiri UIN/IAIN/STAIN juga hampir mirip dengan UMPTKIN jika itu Ujian MANDIRI UIN/IAIN/STAIN.  Namun, Jalur Mandiri PTN tidak ada soal keagamaan dan bahasa arabnya. Hanya untuk PTKIN saja yang ada tambahan soal keislamaan dan kebahasaan arab.


6. Biaya Kuliah

Jalur UMPTKIN tidak dikenakan uang pangkal/uang gedung. Sedangkan beberapa jalur Mandiri ada yang dikenakan uang pangkal seperti Universitas Brawijaya, Undip dan Universitas Airlangga. Namun, secara umum untuk Jalur Mandiri UIN/IAIN/STAIN jarang yang mematok uang gedung dan biaya kuliahnya relatif sama dengan siswa yang lulus jalur lain seperti SNMPTN atau SPAN PTKIN. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengecek informasi biaya kuliah pada website masing-masing kampus.

---

Sekian artikel tentang perbedaan um-ptkin dengan jalur mandiri semoga bisa mencerahkan. Jika bermanfaat jangan ragu untuk bagikan ke media sosial dan grup grup yang kamu punya agar semakin banyak yang paham.

Selanjutnya, anda juga bisa membaca artikel Perbedaan Span ptkin dengan Umptkin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel