Inilah 6 Perbedaan UMPTKIN dengan Jalur Mandiri - PAGUNPOST -->

Inilah 6 Perbedaan UMPTKIN dengan Jalur Mandiri

Apa saja perbedaan UMPTKIN dengan Jalur Mandiri?

Kepanjangan dari UMPTKIN adalah Ujian Masuk (bukan Ujian Mandiri) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN dan STAIN

Sedangkan Jalur Mandiri kerap disebut Ujian Mandiri (UM) dan ada juga yang menyebut UTUL (Ujian Tulis) yang pelaksanaannya berbeda-beda tiap kampus seperti UTUL UGM, Ujian Mandiri UIN SUKA, SPMB UIN Jakarta, dan sebagainya.


Perbedaan UMPTKIN dan Jalur Ujian Mandiri

Berikut adalah perbedaan jalur UM PTKIN dengan jalur mandiri

1. Jadwal Pelaksanaan

Secara konseptual UMPTKIN beda dengan jalur Ujian Mandiri karena pelaksanaan UMPTKIN dilaksanakan secara serentak se-Indonesia dalam waktu dan tanggal yang sama. UMPTKIN serentak seluruh UIN/IAIN/STAIN NASIONAL sedangkan UJIAN MANDIRI dilakukan mengikuti jadwal masing-masing kampus yang BERBEDA-BEDA.   

Jadwal Ujian Mandiri tiap kampus berbeda. Jadwal Ujian Jalur Mandiri mengacu pada website resmi masing-masing kampus.

2. Tempat Tes

Saat UMPTKIN kita bisa memilih 3 kampus (bisa bermacam kampus) sekaligus dan tempat tes yang terdekat dari rumah meskipun tidak memilih daftar ptkin tersebut. Misalnya kamu tinggal di Jakarta dan memilih pilih jurusan Hukum Keluarga UINSA, Manajemen Pendidikan Islam UIN SUKA dan Ekonomi Syariah UIN JAKARTA. Nah, untuk tesnya UMPTKIN kamu masih bisa memilih lokasi tes terdekat dari rumahmu yakni misalnya UIN Jakarta. Sebenarnya lokasi tes tidak harus di PTKIN yang dipilih prodinya. Nanti kamu sendiri yang menentukan PTKIN mana yang paling dekat dari rumahmu. BEBAS.

Sedangkan Jalur Mandiri biasanya dilaksanakan di kampus yang kamu daftarin. Misal, kamu ikut Ujian Jalur Mandiri UIN Suka Yogyakarta maka tesnya dilaksanakan di UIN SUKA atau bisa juga model tesnya bersifat online tergantung kebijakan jalur mandiri masing-masing kampus. 

Kalau daftar jalur mandiri UIN SUKA maka kamu ya hanya bisa memilih jurusan yang tersedia di sana. Begitu pun jika misalnya kamu ikut jalur mandiri SPMB UIN Jakarta, maka kamu hanya bisa memilih jurusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saja.

Dan jenis jalur mandiri selain tes, ada juga yang model Mandiri Prestasi atau Jalur Mandiri Nilai UTBK/Umptkin. Tergantung kebijakan kampusnya.

3. Situs Pendaftaran

Situs pendaftaran UM-PTKIN yaitu https://um.ptkin.ac.id/ sedangkan situs pendaftaran Jalur Mandiri tiap univ berbeda beda, seperti https://spmb.uinjkt.ac.id/, http://admisi.uin-suka.ac.id dan masih banyak lagi.

4. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran UMPTKIN sebesar 200.000 ini ditentukan oleh panitia UMPTKIN. Sedangkan biaya pendaftaran Jalur Mandiri ditetapkan oleh kampusnya sendiri. Oleh karena itu, biaya seleksi jalur mandiri tiap kampus juga berbeda-beda.

5. Soal Yang Diujikan

Soal UMPTKIN 2024 ada perubahan dibanding tahun sebelum karena tidak ada mapel IPA atau IPS. Materi UMPTKIN 2024 yaitu Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca dan Literasi Ajaran Islam.

Sedangkan untuk jalur mandiri yang tes soal kemungkinan ada mapel IPA / IPS tergantung jurusan kuliah yang diambil dan tergantung kampusnya. 

Dan sekali lagi, kebijakan jalur mandiri tiap kampus beda-beda. Bisa jadi ada yang hanya pakai nilai UTBK/UMPTKIN tanpa perlu tes soal lagi.



6. Biaya Kuliah

Jalur UMPTKIN tidak dikenakan uang pangkal/uang gedung. Hanya bayar UKT.

Sedangkan beberapa jalur Mandiri kampus UMUM bayar ukt + uang pangkal seperti Universitas Brawijaya, Undip, Universitas Airlangga dan kampus laiinya. Namun, mandiri kampus UMUM juga ada yang bisa lewat KIP Kuliah Kemdikbud sehingga bisa juga dapat kuliah gratis tanpa bayar ukt dan tanpa bayar uang pangkal.

Untuk Jalur Mandiri di kampus Islam Negeri yaitu UIN/IAIN/STAIN biasanya tidak ada uang pangkal dan hanya membayar UKT per semester saja. Dan ada juga Kip Kuliah untuk PTKIN yang pendaftarannya dibuka oleh kampus masing-masing di web kampusnya misalnya kip.uin-malang.ac.id, https://kip.uin-antasari.ac.id/ dan lainnya. Jadi untuk KIP Kuliah UIN/IAIN/STAIN pendaftarannya beda-beda tergantung kampusnya. Rajin cek mencari info sendiri agar tidak telat.

---

Sekian artikel tentang perbedaan um-ptkin dengan jalur mandiri semoga bisa mencerahkan. 

Selanjutnya, anda juga bisa membaca artikel Perbedaan Span ptkin dengan Umptkin.


***
Mau Soal UM PTKIN?
***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel