6 PERBEDAAN UMPTKIN DAN JALUR UJIAN MANDIRI

Banyak diantara Anda mungkin sulit membedakan atau tidak tahu apa saja perbedaan UMPTKIN dengan Jalur Mandiri. Secara harfiah, kepanjangan dari UMPTKIN adalah Ujian Masuk (bukan Ujian Mandiri) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Sedangkan Jalur Mandiri kerap disebut Ujian Mandiri (UM) dan ada juga yang menyebut UTUL (Ujian Tulis) seperti UTUL UGM.


Berikut adalah perbedaan jalur UM PTKIN dengan jalur mandiri

1. Jadwal Pelaksanaan

Secara konseptual UMPTKIN ini hampir sama dengan SBMPTN karena dilaksanakan secara serentak. UMPTKIN serentak seluruh UIN/IAIN/STAIN sedangkan SBMPTN serentak seluruh PTN. Jadwal pelaksanakaan UMPTKIN ini mengacu pada website resmi UMPTKIN yaitu um-ptkin.ac.id. UMPTKIN ini ada panitianya yang setiap tahun digilir.  

Sedangkan Jadwal Ujian Mandiri tiap kampus berbeda. Namanya juga MANDIRI maka istilahnya digelar oleh masing-masing kampus. Pelaksanaan Ujian Mandiri dilaksanakan setelah ujian UMPTKIN. Lebih dulu UMPTKIN dibandingkan Jalur Mandiri. Oleh karenanya, Jalur Mandiri adalah jalur terakhir untuk masuk kampus. Jadwal Ujian Jalur Mandiri mengacu pada website resmi masing-masing kampus.

2. Tempat Tes

Saat UMPTKIN kita bisa memilih 3 kampus sekaligus dan tempat tes yang terdekat dari rumah meskipun tidak dipilih. Misalnya pilih jurusan Hukum Keluarga UINSA, Manajemen Pendidikan Islam UIN SUKA dan Ekonomi Syariah UIN JAKARTA. Nah, untuk tesnya UMPTKIN kamu masih bisa memilih lokasi tes terdekat dari rumahmu. Sekali lagi, tidak harus yang dipilih.

Sedangkan Jalur Mandiri biasanya dilaksanakan di kampus yang kamu daftarin. Misal, kamu ikut Ujian Jalur Mandiri UIN Suka Yogyakarta maka tesnya dilaksanakan di sana dan kamu hanya bisa memilih jurusan yang ada di sana. Tidak mungkin ikut Jalur Mandiri UIN SUKA tapi memilih Jurusan di UIN Jakarta. Kalau daftar UIN SUKA maka kamu ya hanya bisa memilih jurusan yang tersedia di sana.

3. Situs Pendaftaran

Situs pendaftaran UM-PTKIN yaitu https://um-ptkin.ac.id/ sedangkan situs pendaftaran Jalur Mandiri tiap univ berbeda beda, seperti https://spmb.uinjkt.ac.id/ ,  http://admisi.uin-suka.ac.id dan masih banyak lagi.

4. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran UMPTKIN ini ditentukan oleh panitia UMPTKIN. Sedangkan biaya pendaftaran Jalur Mandiri ditetapkan oleh kampusnya sendiri. Oleh karena itu, biaya seleksi jalur mandiri tiap kampus juga berbeda-beda.

5. Soal Yang Diujikan

Soal UMPTKIN terdiri dari Keagamaan, IPA/IPS, TPA dan Kebahasaan Arab. Sedangkan Soal Ujian Mandiri UIN/IAIN/STAIN juga hampir mirip dengan UMPTKIN meski terdapat perbedaan. Sedangkan untuk Jalur Mandiri PTN tidak ada soal keagamaan dan bahasa arabnya.

buku spmb MANDIRI UIN stain IAIN IPS IPA IPC CAMPURAN 2018
BUKU UJIAN MANDIRI UIN/IAIN/STAIN
UNTUK PESAN BUKU HUBUNGI:
WhatsApp/SMS ke 085785087038 
atau klik disini

6. Biaya Kuliah

Jalur UMPTKIN tidak dikenakan uang pangkal/uang gedung. Sedangkan Jalur Ujian Mandiri ada yang dikenakan uang pangkal seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga. Namun, secara umum untuk Jalur Mandiri UIN/IAIN/STAIN jarang yang mematok uang gedung dan biaya kuliahnya relatif sama dengan siswa yang lulus jalur lain seperti SNMPTN atau SPAN PTKIN. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengecek informasi biaya kuliah pada website masing-masing kampus.

Sekian artikel tentang perbedaan um-ptkin dengan jalur mandiri semoga bisa mencerahkan. Anda juga bisa membaca artikel Perbedaan Span ptkin dengan Umptkin.

0 Response to "6 PERBEDAAN UMPTKIN DAN JALUR UJIAN MANDIRI"

Post a Comment

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel