12 Alasan Mengapa Harus Kuliah di UIN Jakarta (Syarif Hidayatullah)

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau yang lebih akrab disebut dengan UIN Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) favorit di Indonesia dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Sejarah berdirinya UIN Jakarta sendiri bermula  dari dibentuknya Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) sebagai akademi dinas Departemen Agama pada tanggal 1 Juni 1957. Motto UIN Jakarta adalah Knowledge, Piety, Integrity. Lokasi UIN Jakarta berada di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan 15412, Banten, Indonesia. 
suka duka kuliah di UIN jakarta
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (id.wikipedia.org)

Mengutip dari dari website uinjkt.ac.id, penggunaan nama "Syarif Hidayatullah" yang merupakan nama asli Sunan Gunung Jati itu dikarenakan peran Syarif Hidayatullah yang besar dalam pengukuhan kekuasaan Islam di Sunda Kelapa yang berganti nama Jayakarta dan diubah menjadi Batavia. Awalnya adalah IAIN Jakarta kemudian ketiga berganti menjadi UIN maka namanya adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai bentuk menghargai jasa Syarif Hidayatullah, salah satu Walisongo, sekaligus menjadikan sumber inspirasi bagi pengembangan di massa mendatang.

Bagi alumni dan siswa yang sekarang duduk di bangku kelas 12 mungkin mulai penasaran untuk mengenal UIN Jakarta secara lebih mendalam. Oleh karena itu, mari baca artikel ini sampai selesai.


12 Alasan Memilih UIN Jakarta

Setidaknya ada 12 alasan mengapa harus berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Alasan Kuliah di UIN Jakarta ini saya dapatkan langsung dari Brosur Pendaftaran UIN Jakarta dengan penambahan secukupnya. Penasaran? Berikut adalah 12 alasan kuliah di UIN Jakarta:

#1. Terbesar di Indonesia

UIN Jakarta merupakan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) terbesar di Indonesia dengan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Dosen dengan ratusan doktor lulusan perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Lebih dari 80 guru besar dari berbagai disiplin keilmuan serta gedung-gedung perkuliahan yang megah dan modern dengan kampus yang menawarkan lingkungan akademik multikultural.
UIN JKT uin syarif hidayatullah, biaya kuliah uin jakarta, jadwal pendaftaran uin jakarta 2019, ukt uin jakarta 2019, penerimaan pendaftaran uin syarif hidayatullah jakarta, beasiswa uin syarif hidayatullah jakarta, jurusan uin jakarta dan akreditasi, uin jakarta kedokteran, um ptkin uin jakarta, soal spmb uin jakarta 2019 pembahasan  Jurusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta SPAN-PTKIN passing grade pengumuman spmb prodi  span ptkin uin  um ptkin uin jakarta spmb uin jakarta program studi uin jakarta biaya uin pendaftaran rs uin syarif hidayatullah ciputat jakarta
Gedung UIN Jakarta (uinjkt.ac.id)

#2. Jendela Keunggulan Akademik Islam Indonesia

UIN Jakarta adalah pusat kajian dan riset dosen serta peneliti yang telah menjadi jendela keunggulan akademik Islam di Indonesia dan masyarakat dunia. Para peneliti dari berbagai universitas terkemuka di dunia kini telah menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  sebagai referensi utama dalam melihat Islam, terutama Islam di Indonesia.

#3. Integrasi Keilmuan, Keislaman, Kemanusiaan, Kemodernan dan Keindonesiaan

UIN Jakarta merupakan universitas riset yang berkelanjutan melakukan eksperimen integrasi antara aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan, kemodernan dan ke-indonesia-an, serta akan terus menjembatani dikotomi antara ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu umum. 

#4. Pengembangan IPTEK Berlandaskan Moral dan Spiritual

UIN Jakarta menjadi pengembang ilmu pengetahuan yang dilandasi nilai-nilai moral dan spiritual keagamaan yang solid. Prospek Lulusan UIN Jakarta tidak hanya memiliki kecakapan akademik, tetapi juga integrasi moral dan spiritual.

#5. Administrasi Akademik Berbasis IT

UIN Jakarta telah menerapkan sistem layanan akademik berbasis information technology (IT) bernama Academic Information System (AIS). Sistem ini melayani pendaftaran UIN Jakarta, pembayaran biaya kuliah UIN Jakarta, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), dan melihat Kartu Hasil Studi (KHS) atau nilai mahasiswa, sehingga layanan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Mahasiswa bisa melihat nilainya di manapun dan kapanmu dengan mudah bisa melalui smartphone.

#6. Beasiswa Kuliah UIN Jakarta

Ada banyak sekali beasiswa kuliah UIN Jakarta karena telah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik pemerintahan maupun swasta, nasional hingga internasional. Ragam jenis beasiswanya pun beragam. Tidak hanya bidikmisi UIN Jakarta saja. Tapi juga ada beasiswa mahasiswa berprestasi, beasiswa kurang mampu, dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Contoh beasiswa kuliah yang tersedia di UIN Jakarta: Beasiswa Bidik Misi Pemda, Kementerian Agama, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Bimantara, Bazis, Dompet Dhuafa, PT Gudang Garam, JIMS, Orbit, Bina Amaliyah, ISE PT Bank, Mandiri, Beasiswa Tahfidz Al – Qur’an, Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan lain-lain. Jangan malas mencari informasi pendaftaran dan semangatlah dalam mengurus berkas serta birokrasinya.  Dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, jangan lagi beranggapan jika biaya kuliah UIN Jakarta mahal. Jika nantinya tidak mendapatkan beasiswa, tenang saja karena pilihan UKT UIN Jakarta itu relatif terjangkau.
Biaya Kuliah UIN Jakarta (Kelompok UKT)

#7. Kurikulum Berbasis KKNI

UIN Jakarta telah menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu kerangka penjejangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

#8. Dosen Lulusan Perguruan Tinggi Terkemuka

Tenaga pengajar UIN Jakarta berlatar belakang pendidikan magister (S2), doktor (S3) dan guru besar dari lulusan perguruan tinggi terkemuka baik dalam maupun luar negeri, seperti Afrika, Eropa, Amerika, Australia dan Asia.

#9. Fasilitas Kampus Modern

UIN Jakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran memadai. Di setiap kelas perkuliahan telah tersedia fasilitas pembelajaran modern, perkuliahan disampaikan dengan memanfaatkan multimedia dan setiap program studi UIN Jakarta telah didukung dengan laboratorium praktikum.
rs uin syarif hidayatullah ciputat jakarta
Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah (foto: quipper.com)

#10. Networking Luas

UIN Jakarta membangun networking baik di tingkat nasional dan internasional. Networking atau relasi ini dibangun dengan lembaga negara, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan universitas. Dengan adanya networking ini memungkinkan mahasiswa dan alumni UIN Jakarta dapat mengakses lembaga-lembaga yang menunjang akademik dan karier mereka, misalnya dalam hal magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan lain sebagainya.

#11. Kerja sama Internasional

UIN Jakarta memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk studi dan riset di universitas luar negeri yang menjadi partnership. Hal ini memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa atau student exchange secara lebih terbuka.

#12. Program Sisipan

UIN Jakarta menawarkan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam beberapa subjek mata kuliah tertentu juga dapat mengikuti program sisipan UIN Jakarta (Sandwich) di jurusan atau prodi yang diiginkan.


Jurusan UIN Jakarta 2019 dan Akreditasi

Tidak sabar berkuliah di UIN Jakarta? Sabar, silahkan baca dulu jurusan UIN Jakarta 2019 atau prodi UIN Jakarta 2019 yang ditawarkan. Ada beberapa fakultas yang berisi beberapa jurusan UIN Jakarta dan akreditasi yang lengkap. Untuk masalah akreditasi ini sifatnya berubah-ubah karena setiap 5 tahun sekali ada akreditasi lagi. Bisa jadi prodi UIN Jakarta yang sekarang terakreditasi B akan naik menjadi A. Berikut adalah prodi Sarjana (S1) UIN Jakarta 2019:

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
1. Pendidikan Agama Islam (A)
2. Pendidikan Bahasa Arab (A)
3. Pendidikan Bahasa Inggris (B)
4. Pendidikan IPS (A)
5. Pendidikan Matematika (B)
6. Pendidikan Biologi (B)
7. Pendidikan Fisika (B)
8. Pendidikan Kimia (B)
9. Manajemen Pendidikan (A)
10. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (B)
11. Pendidikan Guru MI/SD (B)
12. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) *

Fakultas Adab dan Humaniora
1. Bahasa dan Sastra Arab (A)
2. Sastra Inggris (B)
3. Sejarah dan Kebudayaan Islam (B) 
4. Tarjamah (Bahasa Arab) (A)
5. Ilmu Perpustakaan (A)

Fakultas Ushuluddin
1. Studi Agama Agama (B)
2. Ilmu Al-Quran dan Tafsir *
3. Ilmu Hadis (A)
4. Aqidah dan Filsafat Islam (A)
5. Ilmu Tasawuf *

Fakultas Syariah dan Hukum
1. Perbandingan Mazhab  (A)
2. Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah) (A)
3. Hukum Tata Negara (Siyasah) (A)
4. Hukum Pidana Islam (Jinayah) (A)
5. Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat) (A)
6. Ilmu Hukum (B)

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (A)
2. Bimbingan dan Penyuluhan Islam (A)
3. Manajeman Dakwah (A)
4. Pengembangan Masyarakat Islam (A)
5. Kesejahteraan Sosial (B)
6. Jurnalistik *

Fakultas Dirasat Islamiyah
1. Dirasat Islamiyah (A)

Fakultas Psikologi
1. Psikologi (A)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
1. Manajemen (A)
2. Akuntansi (A)
3. Ekonomi Pembangunan (A)
4. Perbankan Syariah (B)
5. Ekonomi Syariah (B)

Fakultas Sains dan Teknologi
1. Teknik Informatika (B)
2. Agribisnis (A)
3. Sistem Informasi (A)
4. Matematika (B)
5. Biologi (A)
6. Kimia (B)
7. Fisika (B)
8. Teknik Pertambangan *

Fakultas Ilmu Kesehatan
1. Kesehatan Masyarakat (B)
2. Farmasi (B)
3. Ilmu Keperawatan (B)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
1. Sosiologi (A)
2. Ilmu Politik (A)
3. Ilmu Hubungan Internasional (A)

Fakultas Kedokteran
1. Pendidikan Dokter (B)

keterangan *) admin belum mendapatkan data akreditasi prodi tersebut

Pendaftaran UIN Jakarta 2019

Pendaftaran UIN Jakarta 2019 terbagai dalam 5 jalur seleksi, yakni SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN dan SPMB Mandiri. Masing-masing jalur seleksi memiliki syarat berbeda dan jurusan yang dibuka pun berbeda.

SNMPTN UIN Jakarta dan SBMPTN UIN Jakarta tentu akan membuka prodi-prodi dari ilmu umum, seperti Pendidikan Dokter, Sosiologi, Ilmu Hubungan Internasional, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Teknik Informatika dan jurusan umum lainnya.

Sedangkan untuk SPAN-PTKIN UIN Jakarta dan UM-PTKIN UIN Jakarta yang merupakan pola seleksi dibawah Kemenag, maka UIN Jakarta akan membuka jurusan atau prodi-prodi ilmu keagamaan seperti, Pendidikan Agama Islam (PAI), Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah dan prodi keagamaan lainnya.

Pada SPAN PTKIN 2018, dua prodi UIN Jakarta masuk 5 prodi dengan peminat terbanyak dalam SPAN PTKIN 2018 yaitu Perbankan Syariah dengan 11.326 peminat padahal daya tampung hanya 56 dan Ekonomi Syariah dengan total peminat 9.618 tapi hanya diterima 85. Bagi yang mengincar dua prodi tersebut belajarnya harus lebih giat lagi. Buat yang mengambil jurusan lain juga harus tetap belajar karena persaingan masuk UIN Jakarta tidak gampang.

Kabar buruk bagi yang ikut SPAN PTKIN 2019 adalah kuota persentase diterimanya hanya sekitar 20% dari total keseluruhan mahasiswa yang akan diterima dalam sebuah jurusan. Tapi kabar baiknya, justru jalur UM PTKIN punya peluang diterima lebih besar karena sekitar 40% camaba. Jadi kesimpulannya jangan hanya menunggu pengumuman SPAN PTKIN, tapi juga mulai persiapan belajar materi UM PTKIN sekarang.
Baca juga: Pengalaman Lolos UM PTKIN
Untuk jalur SPMB UIN Jakarta 2019 belum ada pengumuman lebih lanjut karena jalur mandiri ini adalah jalur terakhir masuk UIN. SPMB UIN Jakarta ini dilakukan berdasarkan tes mengerjakan Soal Ujian Mandiri UIN Jakarta. Untuk jadwal pendaftaran SPMB UIN Jakarta 2019 dan pengumuman SPMB UIN Jakarta akan diupdate di website resmi uinjkt.ac.id.

Berikut ada video PBAK UIN Jakarta "Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan". Semacam Ospeknya UIN Jakarta:
Akankah dirimu ada dalam PBAK UIN Jakarta 2019? Aamiin, semoga saja.

Melihat begitu banyaknya jalur masuk UIN Jakarta, saran saya, jangan hanya berharap pada satu jalur saja. Misalnya, terlalu berharap pada SNMPTN tapi tidak persiapan SBMPTN. Terlalu berharap pada SPAN-PTKIN tapi tanpa belajar Soal UM-PTKIN tahun sebelumnya. Tidak ada yang bisa menjamin kamu bakal lulus di jalur masuk yang mana. Yang terpenting adalah menyiapkan alternatif atau cadangan jalur lain seandainya satu jalur ditolak.

Jadwal Pendaftaran UIN Jakarta 2019

Brosur UIN Jakarta UIN Syarif Hidayatullah Jkt SPMB UIN Jakarta UKT UIN Jakarta Biaya Hidup jurusan uin syarif hidayatullah, biaya kuliah uin jakarta, jadwal pendaftaran uin jakarta 2019, ukt uin jakarta 2019, penerimaan pendaftaran uin syarif hidayatullah jakarta, beasiswa uin syarif hidayatullah jakarta, jurusan uin jakarta dan akreditasi, uin jakarta kedokteran, um ptkin uin jakarta, soal spmb uin jakarta 2019 pembahasan  Jurusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta SPAN-PTKIN passing grade pengumuman spmb prodi  span ptkin uin  um ptkin uin jakarta spmb uin jakarta program studi uin jakarta biaya uin pendaftaran rs uin syarif hidayatullah ciputat jakarta
Brosur Pendaftaran UIN Jakarta 2019

Baca juga artikel dibawah ini dengan klik pada judulnya:

Sekian artikel mengernai 12 Alasan Memilih UIN Jakarta. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin kuliah di UIN Jakarta. Makin yakin untuk mendaftar di UIN Jakarta? Apakah kamu yang selanjutnya menjadi keluarga besar UIN Jakarta? Mari berjuang untuk mendapatkan satu bangku kuliah di #UINJKT.

0 Response to "12 Alasan Mengapa Harus Kuliah di UIN Jakarta (Syarif Hidayatullah)"

Posting Komentar

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel