Bersyukurlah bagi yang Tidak Eligible SNBP - PAGUNPOST -->

Bersyukurlah bagi yang Tidak Eligible SNBP

Hai, apa kamu termasuk siswa yang tidak eligible?

Tenang, kamu tidak sendirian kok.

Bagi yang eligible saya ucapkan selamat karena artinya kamu punya kesempatan ikut SNBP. Apakah siswa eligible sudah pasti lulus snmptn? jangan senang duluu karena belum tentu LOLOS SNBP. Masih ada tahap seleksi lagi yang lebih ketat karena saingannya bukan lagi teman satu sekolah tapi se-Indonesia. Seleksi SNBP sesungguhnya baru akan dimulai. 

---

Bagi yang tidak eligible SNBP, jangan berkecil hati. 

Cobalah bersyukur dan coba ambil hikmahnya. Mencoba ikhlas menerima takdir Allah.

Tidak eligible itu semacam menumbuhkan kesadaran agar dapat lebih awal dalam fokus mempersiapkan UTBK SNBT
hikmahnya adalah Anda tidak perlu lagi menantikan pengumuman SNBP yang belum pasti. 
Memang boleh-boleh aja ikut SNBP sambil tetap belajar SNBT. Itu bagus karena kamu tidak terbuai dengan SNBP, tapi kadang bagi sebagian orang bisa saja eligible itu membuat malas belajar karena terlalu berharap hanya SNBP saja tanpa mempersiapkan cadangan jalur lain seandainya gagal SNBP.

Oleh karena itu, dengan tidak eligible harusnya membuatmu makin sadar kalau SNBT harus dipersiapkan lebih awal karena banyak materi/latihan yang perlu dikerjakan agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Maksimalkan belajar dan doa.

Bagi yang tidak eligible, sekarang bisa fokus belajar persiapan jalur lain tanpa perlu berharap SNBP lagi karena dari awal memang tidak bisa ikut SNBP.

Bagi yang eligible, tulisan ini bukan berarti melarangmu untuk belajar SNBT. Kamu juga perlu sadar bahwa masih hanya eligible belum tentu lolos SNBP.  Hindari berharap pada satu jalur saja coba lihat jalur lain juga sebagai cadangan.  

Meski eligible, kalian juga perlu untuk membayangkan rencana terburuk yaitu TIDAK LULUS SNBP. Sehingga jangan terlalu berharap pada SNBP saja tanpa persiapan belajar SNBT atau jalur cadangan lain. 

Jangan belajar sistem dadakan ketika pengumuman SNBP dinyatakan TIDAK LOLOS SNBP namun baru kepikiran mulai belajar SNBT. Memang masih ada waktu belajar tapi mepet dengan ujian SNBT. 

Sehingga belajarnya tidak perlu nunggu pengumuman SNBP.

Sekarang sudah boleh, kok.


Baca juga => Alasan ikut umptkin



Bagi yang tidak eligible, sebelum jatuh lebih sakit, Allah telah memberikan kode agar kamu belajar UTBK SNBT mulai dari sekarang tanpa perlu menunggu pengumuman SNBP lagi. Yuk, perbanyak bersyukur dan kurangi mengeluh.

Semua ada hikmahnya jika melihat sebuah kejadian dari sisi positif. 

Tugas kita hanya berusaha sekuat tenaga dan berdoa kepada-Nya. 

Selagi belum ada pengumuman lulus, kamu bisa daftar beberapa jalur sebagai cadangan. 

Tapi juga perlu tau konsekuensi karena sudah mendaftar, ketika sudah dinyatakan lulus ya usahakan diambil kecuali jika diterima banyak kampus maka mau tidak mau harus ada yang tidak diambil. Berani memilih harus berani mengambil. Jadilah siswa yang bertanggungjawab. 

Selain SNBT, ada seleksi masuk kuliah lain yaitu untuk masuk PKTIN seperti IAIN, STAIN dan UIN yaitu SPAN PTKIN dan UM PTKIN. SPAN PTKIN ini mirip dengan SNBP karena sama-sama menggunakan nilai raport dan prestasi. Hanya beda pilihannya kampus dan prodinya yaitu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti IAIN, STAIN dan UIN se-Indonesia. Pendaftaran SPAN PTKIN menggunakan nilai raport dan dikoordinir oleh Guru BK sehingga hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 sekarang. Jadwal SPAN-PTKIN dan SNBP hampir berdekatan.

Kalau SPAN PTKIN yang hanya bisa diikuti kelas 12. Tidak dibatasi jumlah yang daftar tapi tergantung kebijakan pihak sekolah apakah mengikutkan semua siswa atau hanya sebagian saja.

Sedangkan jalur UM PTKIN merupakan jalur ujian tulis yang tidak hanya siswa kelas 12 namun bisa juga alumni (jika umptkin 2023 maka alumni 3 tahun terakhir yang bisa ikut yaitu 2023, 2022 dan 2021). UMPTKIN tidak perlu melalui pihak sekolah. UMPTKIN bisa mendaftar sendiri dan memilih prodi yang diminati. 
Baca juga: Jurusan UMPTKIN, cek disini 
Jangan lupa mulai sekarang mempersiapkan UM PTKIN dengan mulai belajar dari kumpulan soal UM PTKIN agar bisa tahu model soal um ptkin dan materi umptkin yang sering muncul dalam um ptkin. Apalagi kuota persentase diterima jalur UM PTKIN cukup besar sekitar 40% dari total keseluruhan daya tampung. 
Klik juga: Contoh Soal UM PTKIN
Akhirnya, selamat berjuang untuk menjadi mahasiswa di kampus yang kalian inginkan. Jangan pernah lelah dalam berjuang karena ini menyangkut masa depan kalian. 



SNBP bukan akhir segalanya.
Jangan takut gagal.
Takutlah untuk tidak mau mencoba jalur lain.

***
Mau Soal UM PTKIN?
***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel