PERTANYAAN "ANEH" DI GRUP CALON MAHASISWA YANG SEHARUSNYA TIDAK PERLU DIJAWAB

Ketika masih menjadi seorang siswa, mungkin dapat dimaklumi jika masih bingung kemudian bertanya hal-hal yang sepele yang sebenarnya sudah jelas informasinya. Ini dapat mengindikasikan minat baca generasi zaman now yang kurang aktif mencari informasi sendiri. Akibatnya, mereka memenuhi grup-grup SNMPTN SBMPTN SPAN PTKIN UM PTKIN dengan pertanyaan mendasar, absurd, dan agak "aneh".

Miris tiap ada yang tanya begituan.
Sadar! Sainganmu udah ad ayang belajar sejak tahun lalu
Sainganmu tidak hanya teman seangkatan, tapi juga alumni

SBMPTN bukan ajang coba-coba berhadiah. Apalagi kamu yang lintas jurusan, harus belajar lebih giat.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang menurut saya absurd dan tidak perlu dijawab.

Saat UN

  • Bantu dong kak ngerjain soal ini pakai cara (sambil ngirim foto soal di komputer)? well, no comment untuk TS ini. Jika sebatas try out alangkah baiknya jika dikerjakan sendiri. Tapi bisa aja yang difoto adalah soal setelah try out selesai. Mirisnya lagi, jika ada yang foto soal UNBK saat ujian berlangsung. Semoga segera tobat ya!

Sebelum Pengumumuman SNMPTN

  • Kapan pendaftaran SNMPTN? Informasi sudah begitu jelas tersedia di media sosial maupun di website resmi snmptn. Jika ada yang bertanya kapan pendaftaran snmptn, maka saran saya kasihkan link snmptn. Suruh dia baca sampai habis informasinya. Anehnya, ada juga yang tanya kapan pendaftaran SNMPTN padahal pendaftaran sudah ditutup. Ke mana aja selama ini?
  • Di sini ada yang ngambil jurusan X di Univ Y nggak? Jika kalian menemukan pertanyaan seperti itu lebih baik diamkan saja. Jawabannya pasti ada! Ya tidak mungkin yang daftar di jurusan tersebut cuma kamu aja, meskipun nantinya di grup yang jawab dikit namun pada kenyataan banyak yang mendaftar jurusan tersebut secara diam-diam. Kenapa diam-diam? Agar jurusan tersebut tidak semakin favorit sehingga persaingannya kurang ketat. Jika jurusan tersebut kamu gembar-gemborkan, maka secara tidak langsung siswa lain juga akan mempertimbangkan jurusan tersebut dan bukan tidak mungkin mereka akan memilih jurusan itu.
  • Apa cuma aku yang nggak ikut SNMPTN? Sebuah pertanyaan konyol yang juga saya temui digrup-grup calon mahasiswa. Ketahuilah bahwa yang nggak ikut SNMPTN bukan hanya kamu aja, tapi banyak. Karena SNMPTN itu kan ada sistem pemeringkatan, jadi wajar jika ada yang tidak lolos pdss dan tidak bisa ikut SNMPTN.


Saat Pengumuman SNMPTN

  • Semoga yang komen di sini Lolos SNMPTN? Katakan Aamiin. Tanggapan saya, lebih baik kalian mempersiapkan sbmptn dan berdoa dengan nyata daripada hanya sekedar komentar di postingan grup.
  • Di sini ada yang lintas jurusan tapi lolos SNMPTN? Mending diamkan saja karena jawabannya pasti ADA.
  • Ada nggak anak SMK yang lolos SNMPTN? Tidak perlu dijawab karena lagi-lagi jawabannya ADA.
  • Siapa yang keterima SNMPTN di Jurusan A Univ B? Pasti ada. Dan tidak perlu dijawab karena nantinya kamu bakal ketemu di kampus. Kalau niatnya nyari teman ya tidak apa-apa sih, tapi kalau cuma basa-basi mending tidak perlu bertanya hal ini.
  • Sebenarnya lolos SNMPTN, tapi saya kurang cocok dengan jurusan yang lolos karena pilihan ke-3 diambil nggak ya SNMPTN? Itulah mengapa dari awal disarankan hanya memilih jurusan yang benar-benar sesuai bakat dan minatmu. Sekalipun berada di pilihan ketiga jangan sampai milih jurusan yang ngasal. Bayangkan jika kamu keterima di jurusan tersebut, apakah nantinya diambil atau tidak diambil. Nasi sudah menjadi bubur. Pilih lanjut SNMPTN dengan jurusan yang kurang cocok tapi akan mencoba mencintainya atau mundur dan ikut berjuang di jalur sbmptn

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2018

Setelah Pengumuman SNMPTN dan Mendaftar SBMPTN

  • Di sini yang lokasi tes SBMPTN di tempat Z siapa? Barangkali sama? Jelas ada. Namun, jika kamu bertanyaan pada sebuah grup kecil, peluang untuk menemukan teman tes yang lokasi sama itu kecil. Sebenarnya aneh juga menayakan lokasi tes yang sama, karena sebenarnya justru kalian akan sibuk chatingan dengan mereka dan cenderung lupa belajar. Emang kalau punya teman se-panlok bakal contekan ya? Enggakn, kan? Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencari teman-teman yang selokasi tes (nggak harus ruangannya sama tapi mungkin daerah tesnya sama) biar enak kalau pas menginap SNMPTN apalagi buat kamu yang pergi ke kota lain. Tanya ini tergantung niatnya aja sih!
  • Di sini ada yang lolos SBMPTN tanpa bimbel? Saya berasumsi mereka yang bertanya ini sedang tidak ikut bimbel. Makanya mereka bertanya, apakah ada yang lolos SBMPTN meskipun tanpa bimbel. Sebenarnya tidak perlu dijawab, karena jawabannya sudah pasti ada. Entah itu banyak atau sedikit.
  • Peluang keterima kalau lintas jurusan gimana ya? Untuk SNMPTN mungkin agak sedikit kecil peluangnya karena tidak linier dengan jurusan. Namun pada SBMPTN ini murni menggunakan patokan nilai ujian SBMPTN. Entah kamu dari SMA, SMK, MAN, Pondok jurusan apapun IPA, Tata Boga, Elektro, IPS tidak akan mempengaruhi panitia. Panitia hanya melihat hasil nilaimu mengerjakan soal SBMPTN. Meskipun lintas jurusan tapi belajarlah dengan sungguh-sungguh, banyak kok yang lolos. Bahkan ada yang belajar mulai dari 0 di SBMPTN untuk bisa lolos. Tentunya mereka sudah mencari start belajar lebih awal dari kalian yang baru belajar setelah pengumuman SNMPTN.
  • Gan, waktu dan tempat yang bagus buat daftar SBMPTN di mana? Pertanyaan yang menggelikan sebenarnya. Waktu yang bagus buat daftar SBMPTN ya selama pendaftaran itu masih dibuka: entah malam, pagi, subuh, siang atau sore. Kalau masalah tempat daftar bebas asalkan ada koneksi internet yang mencukupi.
  • Kartu tanda peserta sbmptn itu diprint mode kartu atau bisa kertas HVS A4 aja? Bebas. Panitia menyarankan kertas A4 dan landscape (miring). Yang penting jelas dibaca pengawas. Nggak perlu digunting ya.
  • Share soal-soal SBMPTN dong! thanks. Miris aja ketika membagikan sebuah file pdf hasil bajakan tanpa seizin atau minimal beli. Hargailah hak cipta sekecil apapun, termasuk sebuah e-book soal atau soal pdf. Kecuali kalau sekedar tanya 1 soal yang sulit, itu masih wajar ya.
  • Di sini ada yang nggak semangat atau malas belajar SBMPTN? Saya menebak yang bertanya itu tidak lolos SNMPTN atau emang lagi malas. SBMPTN adalah jalur yang harus diperjuangan dengan maksimal. Nggak ada ceritanya asal-asalan jawab kemudian lolos PTN favorit. Saingannya berat dan tidak hanya teman seangkatan. Saingan SBMPTN juga dari Alumni-alumni juga. Dari pada bertanya hal yang kurang berfaedah mending maksimalkan sisa waktu yang ada.
  • Aturan pakaian sbmptn gimana? Oke untuk urusan ini emang terkadang kurang jelas. Jadi boleh kamu jawab. Dari beberapa sumber yang saya dapat termasuk di website resmi SBMPTN, aturan pakaian saat tes SBMPTN nanti bebas, rapi, sopan, baju/kaos berkerah, memakai sepatu tertutup jangan sampai jari kaki kelihatan. Tidak boleh pakai kaos oblong tanpa kerah. Pemakaian celana jeans diperbolehkan asalkan tidak robek, tapi untuk lebih amannya mending tidak pakai jeans tapi pakailah celana biasa (kain). Khusus peserta perempuan, diperkenankan mengenakan rok yang sopan/usahakan panjang ya. Paling aman: pakai baju putih, celana/rok hitam. 
  • Surat Keterangan Lulus (SKL) udah bener belum? Gunakan SKL yang sudah diberikan pihak sekolah saat pengumuman kelulusan. Itu udah benar. Tidak perlu usah ditanyakan lagi. Ga usah diragukan lagi. Yang penting ada foto kamu, pernyataan kalau lulus dan tanda tangan kepala sekolah serta stampel asli. Jangan buang waktumu untuk hal-hal yang sebenarnya udah jelas.
Baca juga: Buku Materi SBMPTN / UM PTKIN Lengkap & Recommended

Oke kayaknya udah banyak sekali saya bahas pertanyaan "aneh" yang saya temukan di grup-grup SBMPTN. Buat para senior, siapkan kesabaran untuk menjawab pertanyaan adek-adekmu dengan sabar dan tanpa nge-gas. Dan buat adek-adek SMA, usahakan nyari informasi dulu kalau nggak paham baru bertanya di grup. Nyari sumber informasi yang valid, jangan cuma hanya "katanya" tapi nggak jelas kebenarannya. Dan adek-adek SMA, usahakan bertanya hal-hal yang memang kurang jelas aja, jangan bertanya hal-hal yang sudah jelas tertulis.

Sibukkan diri dengan belajar SBMPTN sekalipun belum ada pengumuman SNMPTN. Kalau perlu siapkan SBMPTN sejak tahun lalu. Jangan justru sibuk bertanya hal remeh temeh, atau malah rame di grup panlok sampai lupa belajar. SBMPTN bukan ajang mengundi nasib, karena hasil SBMPTN adalah cerminan dari usahamu.

Mohon maaf jika dirasa terlalu kasar. Tidak bermaksud menjatuhkan kalian tapi itu hanya opini saya. Mau jadi mahasiswa harus berfikir dewasa, mendiri mencari informasi dan aktif dalam mengerjakan soal bukan hanya media sosial. Jika sudah berusaha nyari informasi di internet atau tanya guru BK/temen nggak ada yang tau, barulah kamu tanya digrup facebook atau whatsApp. Kritis itu baik. Tapi bertanya hal yang sudah jelas itu kurang baik. Buat kamu yang menemukan pertanyaan seperti di atas, mohon bersabar ini ujian. Jawablah jika kalian masih punya kesabaran.

Semoga langkahmu dipermudah dalam memilih PTN yang sesuai dengan bakat minat dan ridho Tuhan. 

Baca juga: Gagal SNMPTN? Kamu bisa coba 4 jalur ini selain SNMPTN

Apakah kamu pernah menjumpai pertanyaan-pertanyaan diatas? Bagaimana kamu menanggapinya? Dijawab, diabaikan atau ditenggelamkan dari grup? Bisa ditulis di kolom komentar ya. Jangan lupa share ke temanmu yang suka bertanya absurd.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel