Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2019 Yang Harus Diketahui

Bagi yang mempunyai kebingungan tentang SPAN PTKIN 2019, ada baiknya menyimak beberapa pertanyaan yang sering ditayakan dan jawabannya. Semoga bisa menjawab kebingunganmu dengan tuntas. 
  • Saya sudah ikut SNMPTN, apakah boleh ikut SPAN-PTKIN juga? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus.
  • Saya sudah daftar SNMPTN dan SPAN-PTKIN bersamaan, bagaimana jika lolos kedua jalur tersebut? Jawabannya: Silakan memilih jalur SNMPTN karena jika dinyatakan lolos SNMPTN tapi tidak diambil maka akan berdampak ke sekolah dan adik kelasnya di tahun mendatang. Namun pastikan jika anda memang benar-benar berminat dengan SPAN PTKIN jangan iseng mencoba tapi saat lulus tidak diambil karena harus jelas alasan mengundurkan diri SPAN PTKIN.
  • Apa SPAN-PTKIN ada sistem blacklist jika lulus tapi tidak diambil/daftar ulang? Jawabannya: Tidak ada blacklist, panitia SPAN PTKIN tidak menerapkan sistem blacklist tersebut. Namun, bisa jadi setiap kampus memberikan sanksi yang berbeda-beda pada sekolahmu. Untuk lebih aman bisa membuat surat pengunduran diri resmi yang ditunjukan kepada kampus tersebut dengan alasan yang kuat, misalnya sudah lulus SNMPTN. Dan catatan jika memang tidak berniat ikut SPAN PTKIN ya kalau sadar diri lebih baik tidak perlu ikut saja, berikan kesempatan untuk peserta lain yang serius ikut. Bukan asal coba-coba berhadiah.
  • Apakah SPAN-PTKIN bisa mengajukan bidikmisi? Jawabannya: Bisa, pengajuan bidikmisi di PTKIN setelah dinyatakan diterima di PTKIN yang dipilih. Namun, khusus Bidikmisi UIN Malang dan IAIN Pekalongan bisa mengajukan bidikmisi sekarang selama masa pendaftaran belum ditutup. Cek website https://uin-malang.ac.id/bidikmisi/ dan http://www.iainpekalongan.ac.id/ jika Anda mendaftar di kampus tersebut. Pada dasarnya semua UIN / IAIN / STAIN terdapat BIDIKMISI. Hanya saja jadwal pendaftarannya yang mungkin berbeda-beda. Intinya rajin mencari informasi bidikmisi sendiri jangan bergantung informasi pihak sekolah saja. 

  • Kenapa kartu peserta SPAN PTKIN tidak bisa dibuka? Jawabannya: Pastikan di hp/ laptop terdapat aplikasi PDF atau semacamnya.
  • Apakah kartu peserta SPAN PTKIN wajib dicetak? Jawabannya: Wajib sebagai bukti peserta dan ditunjukkan saat daftar ulang jika lolos nantinya. Ukuran kertasnya bebas, bisa memakai kertas yg umum dipakai yaitu kertas A4. Tidak perlu dilaminating apalagi dikasih pigora. Baca juga=> Jangan hanya berharap SPAN PTKIN 2019.
  • Apakah SPAN-PTKIN ada tes masuk seperti tes baca quran? Jawabannya: Tidak ada, kami menyeleksi berdasarkan prestasi yang sudah diupload saat pendaftaran SPAN-PTKIN. Jikalau ada tes baca quran itu kebijakan PTKIN masing-masing dan itu dilakukan setelah diterima jadi mahasiswa PTKIN tersebut. Dan tes baca al quran setelah lulus SPAN PTKIN tidak akan mempengaruhi kelulusan.
  • Nomor KTP (NIK) diisi apa padahal belum punya KTP? Jawabannya: Jika tidak punya KTP maka bisa cek NIK di Kartu Keluarga disamping persis namamu. Yang dibutuhkan hanya NIK-nya saja jadi meskipun belum punya KTP, masih sudah punya NIK yang ada di KARTU KELUARGA.
  • Lulusan tahun 2018 apa bisa ikut SPAN-PTKIN? Jawabannya: Tidak bisa, SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi lulusan yang sama dengan dibuka jalur seleksi ini tiap tahun. Pendaftaran SPAN PTKIN 2019 harus melalui pihak sekolah, kemudian siswa akan mendapatkan ID pendaftaran dan password untuk login. Untuk alumni 2017 & 2018 masih bisa ikut UM PTKIN 2019. klik juga=> tips lulus um ptkin.
  • Saya punya 2 piagam/sertifikat, sebagai juara di kabupaten dan sebagai peserta lomba provinsi, mana yang bisa saya upload? Jawabannya: Silakan upload piagam/sertifikat sebagai juara karena memiliki nilai tinggi daripada peserta. Perlu diketahui, masa berlaku sertifikat adalah 2 tahun.
  • Apakah sertifikat peserta bisa dimasukkan dalam SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak bisa menggunakan sertifikat peserta. Minimal yang dilampirkan adalah sertifikat juara harapan. Kalau sertifikat sebagai peserta semua orang yang ikut lomba/kegiatan tersebut pasti dapat. Kalau sertifikat juara tidak semua orang punya sehingga akan jadi nilai tambah bagi yang punya sertifikat juara.

  • Kenapa jurusan umum UIN tidak ada di SPAN PTKIN? Jawabannya: jurusan umum UIN biasanya dibuka di jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri. Sedangkan Jurusan SPAN PTKIN & Jurusan UM PTKIN mayoritas berbau keagamaan dan kombinasi dengan umum. Namun, ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum di SPAN PTKIN dan UM PTKIN, seperti UIN Alauddin Makassar dan beberapa PTKIN lainnya.
  • Apakah SPAN PTKIN harus lulus pemeringkatan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada, SPAN PTKIN tidak ada pemeringkatan seperti SNMPTN. Semua boleh mendaftar dan langsung memilih jurusan dan kampus.
  • Apa maksud proses seleksi I (8-15 Maret 2019) dan seleksi II (20-22 Maret 2019)? Jawaban: Jadi seleksi tahap 1 itu adalah seleksi tingkat pusat, sedangkan seleksi tahap 2 adalah seleksi untuk untuk tingkat PTKIN. Jika sudah dinyatakan Lulus PTKIN 1, maka tidak akan diseleksi lagi di PTKIN 2. Pengumuman kelulusan baru akan diumumkan 1 April 2019. Jadi yang menjadi acuan penilaian adalah nilai rapor, piagam juara (bila ada), dan rekam jejak sekolah. SPAN PTKIN bukan tes tulis.
  • Bagaimana cara memperbaiki nilai raport span ptkin yang salah? Jawaban: Jika ingin memperbaiki nilai siswa yang salah harus ada surat pembatalan/pembukaan finalisasi yang ditujukan ke PANITIA SPAN-UM PTKIN dengan melampirkan NPSN (pembatalan finalisasi sekolah) di dalam surat dan bertandatangan oleh Kepala Sekolah serta Stempel sekolah. Suratnya dikirim ke WhatsApp panitia yaitu 0821 9535 0901 / 0821 9535 0902 / 0821 9535 0903. Silakan berkoordinasi dengan guru BK atau operator di sekolah.

  • Bisakah SPAN PTKIN hanya memilih 1 PTKIN saja? Jawabannya: Tidak bisa, harus memilih 2 PTKIN dan masing-masing PTKIN 2 prodi. Jadi, total ada 4 prodi yang akan kamu pilih. Pastikan PTKIN dan prodi yang kamu pilih benar-benar yang kamu minati dan mendapatkan restu orang tua. Lebih baik tidak usah ikut SPAN PTKIN jika tidak berminat kuliah di PTKIN.  INGAT! Jangan memilih prodi yang sama dalam satu PTKIN. Misalnya, jika PTKIN 1 UIN Jakarta maka ada 2 slot jurusan itu harus beda. Tidak boleh PAI semua atau perbankan syariah semua dalam satu PTKIN. Kalau beda di PTKIN diperbolehkan.
Contoh yang tidak boleh atau otomatis bakal tidak lolos:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Manajemen Pendidikan Islam
Pilihan prodi 2: Manajemen Pendidikan Islam

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Hukum Keluarga
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga
*) tidak boleh sama antara prodi 1 dan 2 dalam 1 PTKIN.

Contoh yang boleh:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

Intinya, dalam satu PTKIN pilihan prodi 1 & 2nya harus berbeda. Kalau sama tapi beda PTKIN diperbolehkan.
  • Apakah ukuran foto harus 500kb? Jawabannya: Tidak harus, 500kb adalah ukuran maksimal. Jadi jika foto yang dimiliki di bawah 500kb tidak masalah. Format foto SPAN PTKIN adalah jpg/jpeg. Pakaian tidak harus berseragam yang penting foto formal/resmi. Latar belakang atau background foto biru atau merah. Jika backgroud fotonya hijau atau warna lain dan sudah terlanjur finalisasi ya tidak apa-apa. Foto tidak berpengaruh dalam penilaian span ptkin.
  • Apakah bisa lintas jurusan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada aturan yang melarang lintas jurusan, silahkan mendaftar lintas jurusan. Apalagi dalam SPAN PTKIN tidak dikelompokkan mana prodi IPA dan IPS. Namun, tetap saja panitia dan pihak kampus tentu juga punya pertimbangan penilaian sendiri.
  • Jika sudah terlanjur finalisasi, apakah bisa SPAN PTKIN dibatalkan? Jawaban: Tidak bisa, jika sudah finalisasi berarti Anda sudah resmi terdaftar sebagai peserta SPAN PTKIN.
  • Berapa persentase kuota SPAN PTKIN? Jawaban: jika mengacu pada buku panduan, kuota lulus SPAN PTKIN minimal 20% dari total keseluruhan daya tampung satu angkatan. Sedangkan persentase yang akan diterima jalur UM PTKIN minimal 40% dan jalur mandiri sekitar 30 persen. Sisa 10% adalah tergantung kebijakan masing-masing kampus untuk menambah kuota pada jalur mana.
  • Saya sudah SPAN-PTKIN, apa masih boleh daftar UM-PTKIN? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar UM PTKIN.
Klik juga=> Soal UM PTKIN
Segera selesaikan pendaftaran SPAN PTKIN 2019 karena pendaftaran SPAN PTKIN ditutup 28 Februari 2019. Jangan sampai salah jurusan, ketahui betul prospek kerja. Tunggu apalagi, segera finalisasi sebelum server down atau ramai menjelang penutupan SPAN PTKIN. Berikut juga ada video cara mendaftar SPAN PTKIN 2019, silahkan ditonton (play):
Jika ada pertanyaan lain tentang SPAN PTKIN 2019 atau pun UM PTKIN 2019 yang belum ada di atas, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Harus Ikut UM PTKIN 2019

128 Responses to "Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2019 Yang Harus Diketahui"

  1. kalau ikut SPAN PTKIN lolos dan juga ikut SBMPTN juga lolos itu kita harus mengambil yang mana? Jika yang di ambil SBMPTN itu bagaimana jadinya yang SPAN PTKIN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mustahil menunggu pengumuman SBMPTN,

      pengumuman span ptkin tanggal 1 april, dan daftar ulangnya kira-kira 1 minggu setelahnya..

      sedangkan pengumuman sbmptn masih juli 2019

      jadi ya ketika kamu tidak daftar ulang, belum tentu kamu lulus sbmptn...

      Hapus
    2. kalau km ambil span ptkin daftar ulang harus bayar UKT, sambil nunggu pengumuman sbmptn...

      Hapus
  2. Skrng udh bisa finalisasi kn klo data udh diperiksa bener bener trus sekaligus cetak krtu kn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya langsung cetak kartu span ptkin saja. semoga lulus span ptkin 2019 ya

      Hapus
  3. assalamuaikum kk .Saya mau tanya kk nilai saya di SPAN-PTKIN ada yang salah kk jadi gimana ya kk cara mengubahnya? tolong jawab dong kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, langsung hubungi pihak guru yaa

      Hapus
    2. Tetapi kk guru saya gak tau cara mengubah ya kalau bisa kk tolong jelasin dong gimana cara ya

      Hapus
    3. kalau sudah finalisasi sepertinya tdk bisa.. atau tanya langsung dengan panitia span ptkin.. nomor panitia span ptkin ada di website bagian bawah

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kak saya tidak punya ktp trus bagaimana cara mengisi no .Ktp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca artikel diatas, jika tdk punya KTP bisa cek di kartu keluarga sebelah namamu karena yang dibutuhkan NIK aja

      Hapus
    2. Assalamualaikum kk...

      Kemarin saat mengisi tad span saya tidak mengisi kolom ktp nya,saya cuma ksih garis datar.Saya nggak tau ternyata ktp itu nomor kk.dan rata rata teman saya yg ikut span begitu semua..

      Apa tidak akan mempengaruhi penilaian???

      Mohon dijawab secepatnya yah..

      Hapus
    3. kalau udah terlanjur ya gimana lagi,
      kalau nanti lulus, diperbaiki aja pas daftar ulang

      Hapus
  6. Assalamualaikum,kak kartu span saya tereap tidak biaa di cetak padahal saya punya apl pdf dsb,gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, coba dibuka lewat komputer/laptop ya

      Hapus
  7. Kak, apa wilayah mempengaruhi kemungkinan lolos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau penilaian span ptkin 2019 saya kurang tahu ya,
      pilih kampus yang kamu suka saja...

      Hapus
  8. Assalamualaikum, saya mau bertanya. Apakah jurusan kedokteran UIN Jakarta bisa melalui span ptkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan kedokteran dibuka di jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri sepertinya. Kalo SPAN & UM PTKIN mayoritas jurusan keagamaan dan kombinasi umum + agama.. Jadi untuk jurusan yang murni biasanya di SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Ujian Mandiri..

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum,kak kalau sertifikatnya hanya sebagai peserta bagaimana?sedangkan di pengisian prestasi hanya sampai harapan 3 saja

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum.
    Kak apakah jurusan teknik industri di UIN SUKA, bisa lewat jalur UM PTKIN. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknik industri UIN SUKA dibuka dijalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur MANDIRI.

      Hapus
  11. Assalamualaikum kak.
    Saya sudah mendaftar span ptkin kak, jd lupa memasukkan foto nya. Bagai mana itu kak? Apa bisa di atasi atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah finalisasi? kalau sudah finalisasi tidak bisa diubah

      Hapus
  12. Apakah ada Dampaknya Jika kita Tidak Mendaftar SPAN-PTKIN sedangkan Nilai Raport yang sudah Dimasukin Telah Difinalisasi Sekolah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak masalah karena kan belum dinyatakan LULUS SPAN.. Atau untuk lebih jelas bisa tanya ke panitia SPAN PTKIN 2019

      Hapus
  13. Ka gimana caranya ya, kan aku cuma boleh di daerah Jakarta sedangkan span ptkin harus mengisi dua PTAIN. Mohon ka solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya, yang jelas harus 2 PTKIN/PTAIN

      Hapus
  14. assalamu'alaikum ka nilai rapot bahasa inggris saya kan dari semester 1 sampai semester 4 nilainya 75. apakah bisa lulus jalur span ptkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelaung lulus tetap ada, namun jangan hanya ikut span ptkin, coba persiapkan jalur lain seperti um ptkin sbg cadangan

      Hapus
  15. Kak kok saya malah ngisi nomor kk bukan nomor sebelah nama saya,itu gimana? Berpengaruh apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah terlanjur, bisa diperbaiki saat nanti VERIFIKASI SPAN PTKIN jika sudah dinyatakan LULUS SPAN

      Hapus
  16. Kak sy mau nanya,klau kita satu sekolah trus pilih jurusan dan di PTKIN yang sama apa kemungkinan besar yg akan diterima siswa yg nilainya lebih tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara logika, IYA. tapi tergantung juga kalau punya sertifikat meski nilainya kurang bisa jadi pertimbangan lebih

      Hapus
  17. Tolong dibantu kak...bgmn sya kedepannya...sya sangat serius untk mngambil ptkin ini...yaallah smoga ada jalannya

    BalasHapus
  18. Kak sya baru tau skrng klu tdk boleh sma antar parodi 1 dan 2 dalam 1 ptkin.dan dikatakan jika seperti itu otomatis tdk akan lolos..Sya berharap skli bisa lolos di salah satu ptkin yg sy pilih..tapi saya salah mngambil langkah...Tolong dibantu kak...bgmn sya kedepannya...sya sangat serius untk mngambil ptkin ini...yaallah smoga ada jalannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada jalur Umptkin dan ujian mandiri. . Persiapkan dari sekarang aja belajar materi umptkin dan soal um ptkin

      Hapus
  19. Saya sngat tdk tau soal ini kak..sya sngat tdk mnyangka harus gugur sblum bertempur krna kebodohan sy..apakah kakak bisa bantu sy?sy sngat ingin masuk di ptkin kak

    BalasHapus
  20. Kak saya sngat bingung harus bgmn..rasanya hancur baru tau skrng..pdhal sy kira klu ambil 1 parodi sja akan besar kemubgkinan lolos dan sy pun orng yg hnya memprioritaskan ap yg sy senangi,tapi sy slah bsar.hal ini bisa di tngani atau tdk..?atau sya hrus ikhlas?..buat brhenti berhrap dan fokus ikut utbk..mohon dibls ya kak..spaya sy bisa maju dan tdk terlalu brharap lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terlanjur mau gimana lagi.. Ya mending dipersiapkan jalur selain spantkin aja,

      Hapus
  21. Assalamualaikum. Jika lupa finalisasi bagaimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, seperti TIDAK TERDAFTAR SEBAGAI PESERTA SPAN. Coba saja login di website span-ptkin.ac.id siapa tau bisa dapat kartu pendaftaran span

      Hapus
  22. Assalamualaikum warahmatullah ...
    Kak, saya izin bertanya, kartu pendaftaran saya tidak dapat tercetak karena kesalahan dalam type/jenis file foto, tidak dapat dibuka baik melalui HP ataupun laptop, jadi langkah yang diambil adalah pencetakan biodata yang sudah difinalisasi. Pertanyaannya, apakah hal tersebut berpengaruh? Bolehkah saat pendaftaran ulang, saya membawa kartu cetak berisi biodata finalisasi tersebut? Mohon responnya kak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, mohon responnya ...

      Hapus
    2. fotonya kosong atau kartunya tdk bisa dibuka? pastika di laptop ada aplikasi PDF buat buka filenya

      Hapus
  23. Assalamualaikum kak,jika prodi pertama saya bersamaan dengan teman saya apakah saya bisa lulus di span kak,jika menurut nilai dari sem1 hinggal sem5 nilai saya lebih tinggi dibandingkan teman saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya IYA, tapi jika temanmu punya sertifikat juara ya bisa juga jadi pertimbangan

      Hapus
  24. Kak kalo seandainya udah lolos seleksi span ptkin kan ada pembuktian rapot kan, nah apakah rapot onlinenya juga diperiksa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya iya untuk memverifikasi span ptkin, usahakan sama dengan aslinya. tidak ada kesalahan nilai rapot

      Hapus
  25. Bagaimana jika kartu peserta tsb hilang
    Dan data kartu tsb jg hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. data peserta minta ke guru BK saja lagi, nanti login dan bisa cetak kartu lagi. sifarnya wajib cetak kartu krna buat daftar ulang span ptkin jika lulus span ptkin

      Hapus
    2. Kan udah tutup pendaftaran nya, gimana cara log In nya

      Hapus
    3. Jadi kak boleh cetak kartu lagi walaupun udh tutup pendaftaran

      Hapus
  26. Apa boleh jika kita lulus SPAN PTKIN untuk Universitas Islam Negeri luar daerah dan tidak lulus di Universitas Islam Negeri dalam daerah. Kita mendaftar jalur reguler ke UIN yang ada di daerah kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah diterima span ptkin tp diluar daerah? ya sebaiknya diambil karena sudah lulus span ptkin

      Hapus
  27. Assalamualaikum kak,mau tanya misal ya kak kita daftar di 2 ptkin yang berbeda,apakah ada kemungkinan kita diterima oleh ptkin yang menjadi pilihan kedua?

    BalasHapus
  28. Kalo misalkan lulus SPAN berpengaruh pada seleksi Sbmptn ga ya?

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum kak..
    Jika saya ambil prodi PAI tetapi nilai raport PAI sya dari semester 1-5 menurun. Bagamaina peluang kelulusannya yak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap ada pelaung, optimis saja. tapi juga persiapkan cadangan jalur lainn

      Hapus
  30. Kak, seandainya saya lolos spanptkin tp saya kmrn terlanjur finalisasi, dan nama saya salah, lalu bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibetulin saat daftar ulang span ptkin kayaknya

      Hapus
  31. Assalamu'alaikum min
    Saya udh finalisasi dan orang tua saya tdk setuju ,terus saya ingin membuat surat pengunduran diri itu sebelum Pengumuman ap setelah pengumuman

    BalasHapus
  32. Data yang paling berpengaruh di span ptkin apa aja kk,apakah nomor kk juga termaksud??

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAPORT, jangan sampai nilai rapotnya salah atau tidak sesuai dengan ASLInya

      Hapus
  33. Assalamu'alaikum kak , misalkan kita lolos SPAN lalu sudah daftar ulang lalu ikut jg SBMPTN apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, tapi saat daftar ulang biasanya sudah disuruh bayar ukt. apa km ikhlas jika misal lolos sbmptn tapi uang ukt span ptkin hilang? kalau nggak daftar ulang ya otomatis gugur padahal sudah lulus dan malah mencoba sbmptn yg blm pasti. tp semua tergantung kamu lebih cocok mana antara span ptkin atau sbmptn. good luck!

      Hapus
  34. Assalamualaikum saya mau tanya...bagaimana jika ada kesalahan biodata yg telah terfinalisasi.. apakah dapat di ubah melalui panitia pusat atau panitia lokal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diubah saat daftar ulang. kalau nilai sudah tidak bisa karena nilai itu yang saat ini diseleksi

      Hapus
    2. Apa perlu surat keterangan dari pihak sekolah kak...

      Hapus
  35. Assalamualaikum kak, saya ikut span ptkin, tapi saya jga ikut sekolah kedinasan, sedangkan pengumuman sekolah kedinasan 1 Agustus, bagaimana jika diterima keduanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya terserah kamu... tapi pasti kamu harus daftar ulang span ptkin dulu jika tidak daftar ulang ya berarti kamu hanya berharap kedinasan yg BELUM PASTI LULUS

      Hapus
  36. Apakah tidak ada harapan sama sekali ka untuk yang pilih prodi sama semua d 2 uin berbeda?

    BalasHapus
  37. Assalaamualaikum
    Kak kalau nanti mau lihat pengumuman Tapi lupa password nya bagaimana?

    BalasHapus
  38. Assalammualikum kk saya daftar span ternyata nilainya salah tapi sudah difinalisai padahal nilai di lapor lebih tinggi di banding nilai yg sudah difinalisasi apakah tetap di bleklis kk

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum kak, mau tanya sy lolos span tetapi nama sya di kartu pserta salah. Bagaiman cara mengubahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibenerin pas daftar ulang nanti, bilang ke pihak kampus aja

      Hapus
  40. Alhamdulillah kak saya lulus spanptkain prodi psikologi.. thanks bgt kak atas babtuan dan info2 yang udah di sampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat udah lulus span ptkin

      Hapus
  41. Kak misalnya saya di terima pada jurusan pertama.Tetapi saya kurang berminat,apakah saya bisa mengambil jurusan yang kedua?..di ptkin ya
    ng saya ambil?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa dong... pun juga belum tentu nilaimu lolos dipilihan kedua.. karena yang duluan diseleksi adalah pilihan pertama. kalau pilihan pertama lulus, ya pilihan kedua tidak diseleksi

      Hapus
  42. Kak... mau nanya nih apakah yg di katakan lulus span ptkin sudah pasti bakal menjadi mahasiwa/i uin.
    Soalny kak ya kemarin pas daftar kuota untuk span ptkin di tmpt aku 98org tpi yg lulus 240 orang kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasti asalkan daftar ulang... kok bisa dari 98 yg lulus 240? mungkin snmptn itu.. mana mungkin lulus kalo gak daftar

      Hapus
    2. Maksudnya.. kuota uin nya nerima 98orang untuk prodi tsbt. Tapi tdi pas saya liat yg lulus span di prodi tsbt melebihi 98 yaitu +/-240 org

      Hapus
    3. mungkin kuotanya ditambah atau bagaimana saya kurang tau

      Hapus
  43. Trus kak yg data2 salah tdi.. katanya bisa di ganti pas daftar ulang.. tpi tdi pas di cek di webnya saya hanya hrus mengupload file2 yg di anjurkan pihak ptkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nanti lapor ke pihak kampus saja kamu

      Hapus
  44. Alhamdulillah saya lulus SPAN kak, jadi langkah berikutnya apa ya kak?
    Apakah menunggu daftar ulang dibuka tiap masing masing PTKIN. Mohon penjelasan panjangnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung cek website kampus untuk cari info daftar ulang span ptkin

      Hapus
  45. Kak saya sudah lulus span ptkin,dan mau daftar ulang dan bayar utk.tapi saya mau ikut sbmptn,bisakah saya mendaftar di sbmptn tapi sudah lulus span ptkin,apakah berpengaruh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah daftar utbk sbmptn? kalau mau daftar sbmptn harus ikut utbk dulu..skrg pendaftaran utbk udah ditutup

      Hapus
  46. Kak untuk registrasi span ptkin berkas apa aja yang diperlukan untuk daftar ulang,

    BalasHapus
  47. Sudah daftar utbk,tapi udah lulus ptkin,apakah masih bisa ikut sbmptn

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaa... tpi apakah tetap ambil span ptkin?

      Hapus
  48. Kak untuk registrasi span ptkin berkas apa aja yang diperlukan untuk daftar ulang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek website kampusmu krn informasinya ada di sana. tiap ptkin beda2 tanggal daftar ulang dan syarat regristasi span ptkin

      Hapus
  49. Ka saya ketrima snm sama span terus kan yg di ambil snm. Katanya harus mmbuat surat pengunduran diri. Pertanyaan nya surat pengunduran diri tersebut di buat oleh pihak ptn dari snmptn atau dari sekolah kita sendiri. Terima kasih ka. Di tunggu jawabnnya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sekolahmu dikirimkan ke ptkinnya langsung

      Hapus
  50. Bagaimana cara memasukan slip gajih orang tua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada panduan dari kampusmu. coba tanya langsung ke pihak kampus

      Hapus
  51. Kak mau tanya
    Kan saya sudah lulus di span ptkin. Tapi terjadi kesalahan .ada beberapa nilai raport Saya ada yg salah tetapi nilai tidak jauh berbeda. Itu gimana ya kak? Apa bsa diperbaiki dan tetap lulus ? Atau lebih baik ikut um ptkin? Dan apakah boleh stelah lulus spanptkin daftar um ptkin kak?
    Tolong direspon ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja daftar ulang span ptkin. barangkali bisa diperbaiki pas daftar ulang

      Hapus
  52. Ka kalau lulus spanptkin dan sudah daftar ulang juga udah bayar juga misalnya, tapi kita ikut SBMPTN trus batik nya kita keterima di universitas yg diinginkan dan juga sudah mendapatkan ijin dari orang tua untuk ambil hasil yg SBMPTN, apakah nanti uang daftar ulang bisa kembali? Apa harus bikin surat pengunduran diri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. uang daftar ulang span ptkin tidak bisa ditarik. ikhlaskan saja jika memang diterima sbmptn.. toh itu juga buat jaga-jaga BELUM TENTU LULUS SBMPTN, kan?

      Hapus
  53. Ka kalo kita sudah keterima spanptkin udah daftar ulang dan bayar UKT juga, tapi kita suruh ikut SBMPTN/jalur beasiswa lain sama orang tua karena beberapa hal dan lolos , orang tua menyutujui untuk ambil yg hasil sbmpSB/beasiswa itu, nah itu uang kita bisa kembali atau tidak? Apa perlu surat pengunduran diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBMPTN sudah lolos? kan masih UTBK belum pendaftaran SBMPTN. uang daftar ulang tidak bisa ditarik. ya kan BELUM TENTU LULUS SBMPTN siapa tau rejekinya balik di SPANPTKIN

      Hapus
  54. kak kalau saya salah nyantumin tgl lahir di kartu um ptkin itu gimana sih kak padahal kartunya udah dicetak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali lebih teliti. kalau udah dicetak gak bisa dirubah. solusinya: DAFTAR LAGI dan BAYAR LAGI kalau mau AMAN.

      Hapus
  55. Kak krtu peserta span yang kolom tanda tangan apakah hrus ber materai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau kalau itu, lihat instruksi dari pihak kampus saja

      Hapus
  56. Assalamualaikum, kak klo kita udah ketrima di spanptkin tapi kita kurang minat sama jurusanya, klo seumpama kita pindah ptkin lain tpi pakek jalur um-ptkin, gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa memilih jurusan yg tidak diminati? coba deh cek login pengumuman span ptkin, dibawah kata selamat coba turun ke bawah dan baca informasi disana. ada informasi tentang boleh atau tidaknya ikut um ptkin

      Hapus
  57. mengisi daftar ulang di bagian unggah berkas ada berkas yang tidak dimiliki...tidak bisa finalisasi.....gimana solusinya...???...mohon pencerahan

    BalasHapus
  58. pada saat daftar ulang diminta ijazah atau srt keterangan lulus sementara ujian baru selesai bagaimana solusinya ya mas

    BalasHapus
  59. Assalamualikum, mas punya saya gk bisa login padahal username sama password nya sudah sesuai, solusinya gimana ya?

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum,kalau misalnya udah finalisasi tpi nisn nya salah,itu bisa di perbaiki pas ikut ujian nanti gk kak?

    BalasHapus
  61. kak..mau tanya saya keterima span ptkin dan keterima pmdk di polban, kalau saya ngambil yang polban apa ada kemungkinan dari UIN diberi sanksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuota span ptkin tahun depan bisa jadi dikurangi untuk sekolahmu.

      Hapus
  62. Assalamualaikum. Kak bagaimana jika telat mengumpulkan berkas pendaftaran nya? Soalnya mau ikut utbk, terus berkasnya belum lengkap juga. Gimana itu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja dikirim secepatnya

      Hapus
    2. sayang kan udah lulus span ptkin trus gugur gara2 telat ngasih berkas daftar ulang. kasihan adik kelas

      Hapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel