Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2020 Yang Harus Diketahui

Bagi yang mempunyai kebingungan tentang SPAN PTKIN 2020, ada baiknya menyimak beberapa pertanyaan yang sering ditayakan dan jawabannya. Semoga bisa menjawab kebingunganmu dengan tuntas.

Mohon Jangan Tanya Peluang Lulus SPAN PTKIN karena Ada banyak faktor yang menentukan kelulusan. 

Berdoa saja semoga mendapatkan hasil terbaik. Sambil persiapan jalur lain sebagai cadangan jika tidak diterima SPAN PTKIN & SNMPTN. Kamu bisa ikut SBMPTN, UMPTKIN, Ujian Mandiri dan sebagainya. Jangan berharap satu jalur saja.




Q : Nama Sekolah Tidak Terdaftar
A : Lakukan Pendaftaran Sekolah dengan cara buka menu pdss, lalu tekan tombol Daftarkan Sekolah

Q : Apa alamat pengisian sekolah?
A : http://pdss.span-ptkin.ac.id/

Q : Apa alamat pengisian bagi siswa?
A : http://siswa.span-ptkin.ac.id/

Q : NISN tidak ada di PDSS
A : Silakan menghubungi PDSP, Bantuan Layanan (Helpdesk) NISN, Email : pdsp@kemdikbud.go.id, Laman : nisn.data.kemdikbud.go.id, Telepon : 021-57905777, 57904804, Sumber: http://www2.pdsp.kemdikbud.go.id/PD...

Q : Nama sekolah berubah?
A : Silahkan mengirimkan berkas SK perubahan nama sekolah dengan format PDF/JPEG ke email helpdesk info[at]span-ptkin.ac.id

Q : NPSN sekolah berubah?
A : Silahkan mengirimkan berkas SK perubahan NPSN sekolah yang lama dan baru dengan format PDF/JPEG ke email helpdesk info[at]span-ptkin.ac.id

Q : Sekolah belum terakreditasi?
A : Silahkan mengupload izin operasional sekolah sebagai pengganti

Q : Akreditasi sekolah kadaluarsa?
A : Silahkan mengupload berkas akreditasi yang lama sebagai pengganti

Q : Nilai yang diinputkan itu nilai pengetahuan, nilai keterampilan atau rata-ratanya?
A : Untuk nilai adalah rata-rata dari nilai pengetahuan dan keterampilan

Q : Untuk nilai PAI (MA) karena memiliki banyak pelajaran, bagaimana memasukannya?
A : Untuk nilai PAI merupakan rata-rata dari nilai mata pelajaran keagamannya

Q : Nilai gagal input, bagaimana memasukannya?
A : Silahkan cek data terlebih dahulu, apakah datanya sudah benar, jika masih terkendali hubungi kami via email : info@span-ptkin.ac.id dan call center

Q : Untuk jurusan IPA nilai matematika yang dimasukan itu matematika wajib atau peminatan?
A : Rata-rata dari matematika wajib dan peminatan

Q : Jika ingin validasi sekolah?
A : Silakan mengirimkan permohonan pembukaan pengisian PDSS yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat setingkat ke email pdss@span-ptkin.ac.id

Q : Sekolah belum terdaftar?
A : Silakan mengajukan permohonan kepada Sekretariat SPAN-PTKIN melalui email pdss@span-ptkin.ac.id dengan melampirkan:
1. Scan Surat Permohonan yang ditandatangani Kepala Sekolah
2. Scan SK Kepala Sekolah
3. NPSN
4. Nama sekolah

Q : Kalau untuk SMK nilai kompetensi keahlian yang diinputkan dan KKM mana yang diinputkan?
A : Nilai kompetensi keahlian menggunakan rata-rata nilai dari kompetensi keahlian nya dan KKM menggunakan KKM terendah di kompetensi keahlian nya

Q : Tidak bisa upload siswa atau sebagian siswa teruploadnya mengalami error?
A : Periksa terlebih dahulu
1. NPSN kurang dari 10 digit
2. Penulisan jenis kelaminnya P/L ada spasinya
3. Kode jurusan tidak di salin dari tabel referensinya

Q : Kalau ada siswa pindahan tetapi KKM sebelumnya berbeda dengan sekolah baru?
A : Menggunakan KKM sekolah yang baru
  • Saya sudah ikut SNMPTN, apakah boleh ikut SPAN-PTKIN juga? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus. Cek Perbedaan SNMPTN dan SPAN PTKIN.
  • Saya sudah daftar SNMPTN dan SPAN-PTKIN bersamaan, bagaimana jika lolos kedua jalur tersebut? Jawabannya: Silakan memilih jalur SNMPTN karena jika dinyatakan lolos SNMPTN tapi tidak diambil maka akan berdampak ke sekolah dan adik kelasnya di tahun mendatang. Namun pastikan jika anda memang dari awal tidak berminat dengan SPAN PTKIN jangan iseng mencoba tapi saat lulus tidak diambil karena harus jelas alasan mengundurkan diri SPAN PTKIN.
  • Apa SPAN-PTKIN ada sistem blacklist jika lulus tapi tidak diambil/daftar ulang? Jawabannya: Tidak ada blacklist, panitia SPAN PTKIN tidak menerapkan sistem blacklist tersebut. Namun, saya tanya ke panitia pusat bahwa ada sanksi untuk sekolah jika ada siswa yang lulus span ptkin tapi tidak diambil yaitu tahun depan sekolah tersebut susah lulus span ptkin. Untuk lebih aman bisa membuat surat pengunduran diri resmi yang ditunjukan kepada kampus tersebut dengan alasan yang kuat, misalnya sudah lulus SNMPTN.  Tapi jika dari awal memang tidak berniat ikut SPAN PTKIN yaa lebih baik tidak perlu ikut saja, berikan kesempatan untuk peserta lain yang serius ikut SPAN PTKIN. Bukan asal coba-coba berhadiah.
  • Kenapa kartu peserta SPAN PTKIN tidak bisa dibuka? Jawabannya: Pastikan di hp/ laptop terdapat aplikasi PDF atau semacamnya.
  • Apakah kartu peserta SPAN PTKIN wajib dicetak? Jawabannya: Wajib sebagai bukti peserta dan ditunjukkan saat daftar ulang jika lolos nantinya. Ukuran kertasnya bebas, bisa memakai kertas yg umum dipakai yaitu kertas A4. Tidak perlu dilaminating apalagi dikasih pigora. Baca juga=> Jangan hanya berharap SPAN PTKIN 2020.
  • Apakah SPAN-PTKIN ada tes masuk seperti tes baca quran? Jawabannya: Tidak ada, kami menyeleksi berdasarkan prestasi yang sudah diupload saat pendaftaran SPAN-PTKIN. Jikalau ada tes baca quran itu kebijakan PTKIN masing-masing dan itu dilakukan setelah diterima jadi mahasiswa PTKIN tersebut. Dan tes baca al quran setelah lulus SPAN PTKIN tidak akan mempengaruhi kelulusan.
  • Nomor KTP (NIK) diisi apa padahal belum punya KTP? Jawabannya: Jika tidak punya KTP maka bisa cek NIK di Kartu Keluarga disamping persis namamu. Yang dibutuhkan hanya NIK-nya saja jadi meskipun belum punya KTP, masih sudah punya NIK yang ada di KARTU KELUARGA.
  • Lulusan tahun 2019 apa bisa ikut SPAN-PTKIN? Jawabannya: Tidak bisa, SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi lulusan yang sama dengan dibuka jalur seleksi ini tiap tahun. Pendaftaran SPAN PTKIN 2020 harus melalui pihak sekolah, kemudian siswa akan mendapatkan ID pendaftaran dan password untuk login. Untuk alumni 2018 & 2019 masih bisa ikut UM PTKIN 2020. klik juga=> tips lulus um ptkin.
  • Saya punya sertifikat organisasi dan sertifikat peserta, apakah bisa dimasukkan? Jawabannya: Jika BUKAN SERTIFIKAT JUARA, maka tidak perlu dimasukkan. Sudah jelas ada keterangan capaian (Juara 1, Juara 2, Juara 3) sehingga sertifikat peserta tidak ada pilihan di website SPAN PTKIN. Minimal sertifikat juara tingkat kabupaten/kota, provinsi boleh, nasional boleh. Minimal sertifikat SMA. Jangan sertifikat SMP atau SD. Jika tidak punya sertifikat JUARA, tidak perlu dimasukkan karena tidak wajib. Hanya untuk menambah nilai bagi yang punya.
  • Kenapa jurusan umum UIN tidak ada di SPAN PTKIN? Jawabannya: jurusan umum UIN biasanya dibuka di jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri. Sedangkan Jurusan SPAN PTKIN & Jurusan UM PTKIN mayoritas berbau keagamaan dan kombinasi dengan umum. Namun, ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum di SPAN PTKIN dan UM PTKIN, seperti UIN Alauddin Makassar dan beberapa PTKIN lainnya.
  • Apakah SPAN PTKIN harus lulus pemeringkatan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada, SPAN PTKIN tidak ada pemeringkatan seperti SNMPTN. Semua boleh mendaftar dan langsung memilih jurusan dan kampus. Panitia sendiri yang akan menyeleksi.
  • Apa maksud proses seleksi I dan seleksi II ? Jawaban: Jadi seleksi tahap 1 itu adalah seleksi tingkat pusat, sedangkan seleksi tahap 2 adalah seleksi untuk untuk tingkat PTKIN. Jika sudah dinyatakan Lulus PTKIN 1, maka tidak akan diseleksi lagi di PTKIN 2. Jadi yang menjadi acuan penilaian adalah nilai rapor, piagam juara (bila ada), dan rekam jejak sekolah. SPAN PTKIN bukan tes tulis.
  • Bagaimana cara memperbaiki nilai raport span ptkin yang salah? Jawaban: Jika ingin memperbaiki nilai siswa salah harus ada surat pembatalan/pembukaan finalisasi yang ditujukan ke PANITIA SPAN-UM PTKIN dengan melampirkan NPSN (pembatalan finalisasi sekolah) di dalam surat dan bertandatangan oleh Kepala Sekolah serta Stempel sekolah. Suratnya dikirim ke PANITIA. Silakan berkoordinasi dengan guru BK atau operator di sekolah. Bisa hubungi Panitia SPAN PTKIN (WA 081395040593) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id
  • Apakah SPAN PTKIN menggunakan AKUN LTMPT? Jawaban: TIDAK. AKUN LTMPT hanya untuk SNMPTN & SBMPTN. Sedangkan SPAN PTKIN langsung melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran di website span-ptkin.ac.id.

  • Bisakah Prodi SPAN PTKIN 2020 hanya memilih 1 PTKIN saja? Jawabannya: Tidak bisa, harus memilih 2 PTKIN dan masing-masing PTKIN 2 prodi. Jadi, total ada 4 prodi yang akan kamu pilih. Pastikan PTKIN dan prodi yang kamu pilih benar-benar yang kamu minati dan mendapatkan restu orang tua. Lebih baik tidak usah ikut SPAN PTKIN jika tidak berminat kuliah di PTKIN.  INGAT! Jangan memilih prodi yang sama dalam satu PTKIN. Misalnya, jika PTKIN 1 UIN Jakarta maka ada 2 slot jurusan itu harus beda. Tidak boleh PAI semua atau perbankan syariah semua dalam satu PTKIN. Kalau beda di PTKIN diperbolehkan.
Contoh yang tidak boleh atau otomatis bakal tidak lolos:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Manajemen Pendidikan Islam (sama)
Pilihan prodi 2: Manajemen Pendidikan Islam (sama)

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Hukum Keluarga (sama)
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga (sama)
*) tidak boleh sama antara prodi 1 dan 2 dalam 1 PTKIN.

Contoh yang boleh:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

Intinya, dalam satu PTKIN pilihan prodi 1 & 2nya harus berbeda. Kalau sama tapi beda PTKIN diperbolehkan.
  • Apakah ukuran foto harus 500kb? Jawabannya: Tidak harus, 500kb adalah ukuran maksimal. Jadi jika foto yang dimiliki di bawah 500kb tidak masalah. Format foto SPAN PTKIN adalah jpg/jpeg. Pakaian tidak harus berseragam yang penting foto formal/resmi. Latar belakang atau background foto biru atau merah. Jika backgroud fotonya hijau atau warna lain dan sudah terlanjur finalisasi ya tidak apa-apa. Foto tidak berpengaruh dalam penilaian span ptkin.
  • Apakah bisa lintas jurusan SPAN PTKIN? Jawaban: Siswa IPA diperbolehkan mengambil Prodi IPA dan IPS. Sedangkan Siswa IPS/Bahasa/Agama hanya bisa mengambil prodi IPS saja. Sehingga anak IPS tidak bisa mengambil prodi IPA (seperti pendidikan matematika, pendidikan biologi, pendidikan kimia, dll)
  • Jika sudah terlanjur finalisasi, apakah bisa SPAN PTKIN dibatalkan? Jawaban: Tidak bisa, jika sudah finalisasi berarti Anda sudah resmi terdaftar sebagai peserta SPAN PTKIN.
  • Berapa persentase kuota SPAN PTKIN? Jawaban: jika mengacu pada buku panduan, kuota lulus SPAN PTKIN minimal 20% dari total keseluruhan daya tampung satu angkatan. Sedangkan persentase yang akan diterima jalur UM PTKIN minimal 40% dan jalur mandiri sekitar 30 persen. Sisa 10% adalah tergantung kebijakan masing-masing kampus untuk menambah kuota pada jalur mana.
  • Saya sudah LULUS SPAN-PTKIN, apa masih boleh daftar UM-PTKIN? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar UM PTKIN karena tidak ada larangan. Seharusnya meskipun sudah LULUS SPAN-PTKIN tetap bisa ikut UMPTKIN. Tapi pertanyaannya, kenapa kamu tidak ambil SPAN PTKIN? Tidak minat dengan jurusannya? Perlu diketahui jika jurusan SPAN PTKIN sama dengan jurusan di UMPTKIN. Pilihan prodinya sama. Rata-rata berbau Keislaman dan beberapa pendidikan. Kalau minat, silahkan ikut tes UMPTKIN 2020 ya.
Klik juga=> Soal UM PTKIN

Segera selesaikan pendaftaran SPAN PTKIN 2020 karena pendaftaran SPAN PTKIN ditutup 28 Februari 2020. Jangan sampai salah jurusan, ketahui betul prospek kerja. Tunggu apalagi, segera finalisasi sebelum server down atau ramai menjelang penutupan SPAN PTKIN.

Jika ada pertanyaan lain tentang SPAN PTKIN 2020 atau pun UM PTKIN 2020 yang belum ada di atas, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.
Mau punya Soal UMPTKIN 2020?
klik => UMPTKIN 2020

Bisa juga klik gambar dibawah ini:

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Sebaiknya Ikut UM PTKIN 2020


Jika ada pertanyaan seputar Span PTKIN bisa hubungi Panitia SPAN PTKIN (WA 081395040593) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id

115 Responses to "Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2020 Yang Harus Diketahui"

  1. Bagaimana cetak kartu peserta tetapi sudah melakukan finalisasi sebelumnya,,soalnya pas sayaa mau cetak lagi kartu peserta dinyatakan tidak memuat berkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartu apa? coba download di laptop mungkin hpmu tidak ada apalikasi pdf

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum.sya sudah mencetak kartu pendaftaran sebelumnya, namun saya kehilangan kartu tersebut. Padahal saya telah dinyatakan lolos span ptkin. Dan kartu pendaftaran tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran ulang. Apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba login lagi aja di web span ptkin

      Hapus
  3. Bisa tidak mengajukan KJMU jika sudah dinyatakan diterima di IAIN misalnya IAIN PURWOKERTO?

    BalasHapus
  4. Saya sudah mendaftar umptkin, namun saya kehilangan kartu ujian dan bukti pendaftarannya. Lalu apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  5. Kalo misal lupa kata sandi bagaimana ya? Izin arahan

    BalasHapus
  6. Apakah bisa ikut SBMPTN tapi sudah lulus SPAN PTKIN? Dan jika lulus SBMPTN dan ingin mengambil SBM saja bagaimana?

    BalasHapus
  7. Saya lulus span ptkin, tapi saya tidak dafar ulang, karna jurusan yang saya ambil salah, apakah bisa dafar mandiri nya?

    BalasHapus
  8. Apakah sertifikat lomba olimpiade masuk semifinal bisa membantu?

    BalasHapus
    Balasan

    1. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik. dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius. LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

      Hapus
  9. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik.

    dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius.

    LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

    BalasHapus
  10. Aku gak punya sertifikat. Apa bisa lulus span kak?

    BalasHapus
  11. Kak apa Bidikmisi cuma bisa diperoleh jika kita lulus SPAN PTKIN saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus bidikmisinya buat apa kalau tidak lulus kuliah?

      Hapus
    2. Kak teman saya sudah melakukan finalisasi, dan ternyata nilai raport nya slaah kak, apakah bisa diubah kam??

      Hapus
    3. kalau sudah finalisasi setahu saya tidak bisa diubah, lain kali lebih hati-hati yaa

      Hapus
  12. Assalamualaikum kak, kapan dibuka server pendaftarannya???
    Sekalian boleh minta no wa nya kk,mksh kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah mulai pengisian PDSS SPAN PTKIN 2020...

      untuk pendaftaran pilih jurusan baru 3 februari.. tapi wajib isi PDSS dulu ya

      Hapus
  13. Kenapa nggak boleh ambil 1 ptkin saja?
    Saya dapat izin dari ortu hanya di 1 ptkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari panitia span ptkin memang wajib 2 ptkin dg 2 jurusan..jadi total 4 pilihan..

      coba aja nanti pas pendaftaran pilih 1 ptkin bisa tidak? kalau bisa ya Alhamdulillah

      Hapus
  14. Bisa nggak lintas jurusan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Span ptkin tidak melarang lintas jurusan, tapi peluangnya mungkin sedikit lebih kecil... tapi coba saja kalau memang minatnya lintas jurusan span ptkin

      Hapus
  15. Kalau rekam jejak sekolah di PTKIN tidak ada alumni sama sekali bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, coba saja... rekam jejak sekolah seperti tidak terlalu signifikan

      Hapus
  16. Apakah peluang lulus siswa SMA dengan MA itu sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok peluangnya,, ada juga ada SMA yang lulus SPAN PTKIN. tergantung nilai dan rekam jejak sekolah... tapi mungkin panitia punya penilaian sendiri tetang SMA atau MA. Yang jelas, kalau minat DAFTAR saja tanpa perlu membandingkan peluang SMA dan MA yaa

      Hapus
  17. bagaimana solusinya, siswa kami melebihi kuota?
    bagaimana menambah kuotanya, karena kami sudah selesai input data dan nilai siswa tinggal finalisasi? mohon bantuannya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuota siswa yang mendaftar span ptkin? hubungi panitia span ptkin kalau itu (Hanya Untuk Telepon)
      IM3: 0857 9416 8758
      Simpati: 0813 9527 5578
      XL: 0819 0659 6668
      3: 0896 8160 7848

      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      Hapus
  18. Saya anak ipa apakah di span ptkin saya bisa mengambil jurusan pai

    BalasHapus
  19. Disekolah saya ada 2 org yg sama sama ngambil jalur span-ptkin kebetulan ambil Ptkin dan prodi yang sama, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prodi yg saya ambil pendidikan bahasa Arab di uin Suska Riau kebetulan teman saya juga ngambil pendidikan bahasa arab di uin Suska Riau,kami berasal dari sekolah yg sama, apakah jalur span-ptkin ini peluang lolos hanya satu org dri kami atau kedua duanya memiliki peluang lolos ?

      Hapus
    2. wah kurang tau kalau peluang lulus... insyaAllah semua berpeluang lulus.. tapi bisa saja lulus salah satu... atau tidak lulus semuanya..

      Hapus
  20. Ada ketentuan anak ipa harus mengambil jurusan yang berhubungan (cth: tadris ipa) atau bebas bisa ambil soshum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti bebas, bisa lintas jurusan.. tapi peluangnya tentu agak lebih kecil dibanding mereka yang mengambil jurusan sama dengan jurusan SMA.

      Hapus
  21. Nama saya kurang satu huruf dalam span ptkin. Kalau dilanjutkan apa ada dampaknya kak? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi panitia span ptkin

      (Hanya Untuk Telepon)
      IM3: 0857 9416 8758
      Simpati: 0813 9527 5578
      XL: 0819 0659 6668
      3: 0896 8160 7848

      (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      Hapus
    2. Jika ada pertanyaan seputar Span PTKIN 2020 bisa hubungi panitia span ptkin 2020:



      Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd. (WA 081322288706) atau Asep Indra Syahyadi, M.Kom (WA:081390593520) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id

      Hapus
  22. Saya sudah mendownload kartu peserta tapi kenapa setelah pemberitahuan bahwa download selesai filenya tidak bisa dibuka?? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan ada aplikasi PDF (adobe reader)

      Hapus
  23. kok ga bisa unggah foto ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kakk, yang lain bisa unggah foto span ptkin
      sebaiknya daftar span ptkin pakai laptop saja.. kadang di HP agak lemot

      Hapus
  24. Bagaimana jika ayah sudah meninggal dan ibu tidak ada penghasilan, dalam form isian diisi apa ya?

    BalasHapus
  25. Kak saya sudah mendownload kartune, sudah berhasil. Tapi kalo dibuka di wps office kenapa ngga bisa ya? Harus menggunakan aplikasi apa kak?

    BalasHapus
  26. Saya bingung karna hanya diperbolehkan memilih 1 ptkin saja . Takutnya klo milih 2 . Terus keterimanya di ptkin yang jauh terus tidak di ambil itu sanksinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bikin surat pengunduran diri saja kak... kalau memang terpaksa jauh..

      Hapus
  27. Misalkan saya lulus di kampus yang domisilinya jauh dari tempat saya tinggal apakah saya bisa membatalkan pendaftaran di kampus tersebut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah yang dekat cuma satu?
      yang deket taruh di pilihan 1 aja kalau begitu, karena biar kemungkinan bisa lulusnya di pilihan 1.. urutan yang diseleksi dari PTKIN 1 dulu

      Hapus
  28. Maaf kak sebelumnya mau tanya seputar span-ptkin. Saya daftar melalui jalur bidikmisi ada persyaratan surat keterangan lulus dari kepsek sama FC ijasah &nilai ujian Nasional yang dilegalisir oleh kepsek sedangkan saya belum lulus mah proses mau ujian, itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bidikmisi kampus mana? apakah pendaftaran bidikmisi sudah dibuka?

      Hapus
  29. kalau sekolah salah memasukan nama siswa bagaimana cara memperbaikinya sementara data siswa telah di finalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi sepertinya tidak bisa diubah, silahkan hubungi admin span ptkin coba span-ptkin.ac.id

      Hapus
    2. Jika ada pertanyaan seputar Span PTKIN 2020 bisa hubungi panitia span ptkin 2020:



      Dr. Mohamad Erihadiana, M.Pd. (WA 081322288706) atau Asep Indra Syahyadi, M.Kom (WA:081390593520) bisa juga lewat email info@span-ptkin.ac.id atau info-umptkin.ac.id

      Hapus
  30. ka, kalau sudah ketterima di salah satu univ. saya boleh pindah jurusan ga, dari yg sebelumnya saya pilih di jurusan yang ada di SPAN PTKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak bisa ya, tapi tergantung kebijakan kampus..

      mumpung belum daftar, kenapa ga milih jurusan yang diinginkan ? daripada nunggu diterima baru pindah jurusan

      Hapus
  31. Kak ini nilainya yg dicantumke rata" nilai pengetahuan dan keterampilan?soalnya sekolah saya menginput nilai pengetahuan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan ya

      bisa diinfokan ke pihak sekolah.. di sistemnya tertera rata2 nilai pengetahuan dan keterampilan.. sehingga bukan pengetahuan sajaa

      Hapus
  32. Gimana kalo salah menyimpan foto, tapi ingin dihapus, cara nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tahap cetak kartu? hubungi panitia span ptkin bagian TIK (no whatapp ada di atas)

      Hapus
  33. Bagaimana jika ingin menghapus foto karena salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi panitia span ptkin aja... no hp ada di atas

      Hapus
    2. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
    3. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
    4. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

      Hapus
  34. Jika sekolah sudah melakukan finalisasi,tapi masih ada jangka waktu pendaftaran,dan ada siswa yang ingin mendaftar,apa masih data pdss bisa di ubah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanyakan ke guru bk atau (Untuk SMS dan Whatsapp)
      0813 9504 0592
      0813 9504 0593
      0813 9504 0594

      panitia

      Hapus
  35. Bagaimana jadinya jika sudah diberi username dan juga password untuk login span ptkin tapi tidak digunakan untuk login?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tidak apa-apa.. artinya tidak terdaftar span ptkin kalau tidak login dan memilih jurusan

      Hapus
  36. Kak, misalkan saya mau lampirin piagam/sertifikat, tapi bukan sebagai juara itu gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ada opsi "peserta" di kolom web span ptkin? kalau hanya tersedia juara, ya berarti hanya bisa memasukkan sertifikat juara..

      kalau tidak ada sertifikat juara, tidak usah dipaksakan

      Hapus
  37. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

    BalasHapus
  38. Permisi saya mau tanya, kalau sudah dapat username dan password tapi tidak digunakan untuk login, apakah tetap terdaftar di span ptkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak terdaftar span ptkin kalau tidak melanjutkan pendaftaran span

      Hapus
  39. Udah daftar span ptkin tapi gak ada nilai rapot nya bagaimana itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gurunya belum memasukkan nilai tapi terlanjur finalisasi.. coba tanyakan ke guru BK untuk cek data

      Hapus
  40. semisal ,saya mndftar di span dengan jurusan yang sama dan tempat kuliah yang sama dengan teman 1 sekolah saya,apakah berdampak bahwa kami berdua akan di eliminasi(langsung gagal),ataukh ada dampak buruknya yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja lulus dua-duanya, lulus salah satu, atau tidak lulus semua...
      biar panitia yang menentukan

      Hapus
  41. apakah dampak jika kita memilih jurusan yang sama dan tempat kuliah yg sma jga dan kita 1 sekolahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja lulus dua-duanya, lulus salah satu, atau tidak lulus semua...
      biar panitia yang menentukan

      Hapus
  42. Permisi kak...
    Kemarin aku daftar spanptkin trus saat aku ngisi NIK aku keliru ngisi No KK nya..apa itu dapat bermasalah/mempengaruhi atau gimna gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak mempengaruhi seleksi, hanya saja jika lulus span ptkin nanti usahakan dibetulkan.. atau coba hubungi panitia sekarang barangkali bisa diganti

      Hapus
  43. Assalamualaikum KK
    Misalnya ngak masuk PDSS bisa daftar spanptkin ngak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanyakan pihak sekolah dulu.. siapa tau sekolah daftarkan PDSS... PDSS sudah ditutup tgl 10 febaruari kmren.. tapi kalau sudah daftar pdss dapat login untuk melanjutkan pendaftaran...

      kalau nggak ikut PDSS berarti ngga bisa ikut Span ptkin, silahkan ikut jalur lain

      Hapus
  44. Apakah tidak masalah dengan perbedaan penggunaan nama dengan tanda baca petik pada sertifikat sedangkan nama pendaftar SPAN-PTKIN tidak terdapat tanda petik

    Semisal

    Nama Siswa :
    Muhammad Syafii

    Nama yang tertera di sertifikat :
    Muhammad Syafi'i

    BalasHapus
  45. Saya sudah melakukan finalisasi tetapi foto saya tidak resmi apakah itu berpengaruh besar dalam penilaiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdoa saja... itu sudah urusan panitia.. semoga hasilnya yg terbaik

      Hapus
  46. Kak temen aku ada yg udah finalisasi span ptkin dan ternyata nilai raportnya salah, masih bisa dibenerin gak kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah finalisasi setahu saya tidak bisa diubah, lain kali lebih hati-hati yaa

      Hapus
  47. Kak dalam pengisian prestasi saya memasukan sertifikat,ke situ,tetapi saya tidak juara bagaimana itu kak?tapi di keterangan nya sdh saya buat kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bukan sertifikat juara, tidak perlu dimasukkan..

      kan harus memilih juara 1, juara 2 dan juara 3...

      Hapus
  48. Kalau misalnya salah satu mata pelajaran ada yang gk tuntas gimana ya kak?
    Contoh:b.inggris=66
    Soalnya aku udah tuntasin di sklh,tapi udah gk bisa diperbaiki lagi karena lafor aku udah dicetak asli kak...

    Apa masih bisa lanjut daftar kak? Soalnya aku udah login(finalisasi) nilai loh kak

    Apa itu peluangnya kecil buat lulus kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdoa saja semoga bisa lulus.. kalau peluang saya ngga bisa jawab...
      masukkan nilai sesuai di raport saja

      Hapus
  49. Gimana kalau nilai yg dimasukin nilai pengetahuan kak?
    Soalnya di sklh aku nilai pengetahuan semua kak yg dimasukinnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. panitia bilangnya rata-rata pengetahuan dan keterampilan harusnya

      Hapus
  50. Kak temen ku ada yang salah masukin tempat lahirnya. Itu kayak mana? Kira kira itu bisa bermasalah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibenerin pas daftar ulang aja seandainya diterima span ptkin...
      kalau sudah finalisasi, tidak bisa diubah

      Hapus
  51. Bang. Bisa minta contoh surat penolakan kepada rektor untuk universitas yang tidak jadi kita ambil karena lulus di dua universitas.

    BalasHapus
  52. Kak piagam saya mapel biologi saya ambil prodi pendidikan bahasa arab sama bahasa dan sastra arab apa bisa nambah nilai ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan panitia yang akan menyeleksi itu ehehehe..

      Hapus
  53. Kak saya mau nanya kalau ngambil span luar daerah peluangnya besar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua berpeluang... saya gg bisa jawab peluang karena panitia yang menentukan peluang lulus span ptkin

      Hapus
  54. min kenapa ga bisa mengunggah foto padahal sudah memenuhi persyaratan

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan upload pake laptop aja biar lancar...

      klik upload dulu, trus simpan..

      Hapus

Jika ada pertanyaan/masukan, silakan tulis di kolom komentar.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel