Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2019 Yang Harus Diketahui

Bagi yang mempunyai kebingungan tentang SPAN PTKIN 2019, ada baiknya menyimak beberapa pertanyaan yang sering ditayakan dan jawabannya. Semoga bisa menjawab kebingunganmu dengan tuntas. 
  • Saya sudah ikut SNMPTN, apakah boleh ikut SPAN-PTKIN juga? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar SNMPTN dan SPAN PTKIN sekaligus.
  • Saya sudah daftar SNMPTN dan SPAN-PTKIN bersamaan, bagaimana jika lolos kedua jalur tersebut? Jawabannya: Silakan memilih jalur SNMPTN karena jika dinyatakan lolos SNMPTN tapi tidak diambil maka akan berdampak ke sekolah dan adik kelasnya di tahun mendatang. Namun pastikan jika anda memang benar-benar berminat dengan SPAN PTKIN jangan iseng mencoba tapi saat lulus tidak diambil karena harus jelas alasan mengundurkan diri SPAN PTKIN.
  • Apa SPAN-PTKIN ada sistem blacklist jika lulus tapi tidak diambil/daftar ulang? Jawabannya: Tidak ada blacklist, panitia SPAN PTKIN tidak menerapkan sistem blacklist tersebut. Namun, bisa jadi setiap kampus memberikan sanksi yang berbeda-beda pada sekolahmu. Untuk lebih aman bisa membuat surat pengunduran diri resmi yang ditunjukan kepada kampus tersebut dengan alasan yang kuat, misalnya sudah lulus SNMPTN. Dan catatan jika memang tidak berniat ikut SPAN PTKIN ya kalau sadar diri lebih baik tidak perlu ikut saja, berikan kesempatan untuk peserta lain yang serius ikut. Bukan asal coba-coba berhadiah.
  • Apakah SPAN-PTKIN bisa mengajukan bidikmisi? Jawabannya: Bisa, pengajuan bidikmisi di PTKIN setelah dinyatakan diterima di PTKIN yang dipilih. Namun, khusus Bidikmisi UIN Malang dan IAIN Pekalongan bisa mengajukan bidikmisi sekarang selama masa pendaftaran belum ditutup. Cek website https://uin-malang.ac.id/bidikmisi/ dan http://www.iainpekalongan.ac.id/ jika Anda mendaftar di kampus tersebut. Pada dasarnya semua UIN / IAIN / STAIN terdapat BIDIKMISI. Hanya saja jadwal pendaftarannya yang mungkin berbeda-beda. Intinya rajin mencari informasi bidikmisi sendiri jangan bergantung informasi pihak sekolah saja. 

  • Kenapa kartu peserta SPAN PTKIN tidak bisa dibuka? Jawabannya: Pastikan di hp/ laptop terdapat aplikasi PDF atau semacamnya.
  • Apakah kartu peserta SPAN PTKIN wajib dicetak? Jawabannya: Wajib sebagai bukti peserta dan ditunjukkan saat daftar ulang jika lolos nantinya. Ukuran kertasnya bebas, bisa memakai kertas yg umum dipakai yaitu kertas A4. Tidak perlu dilaminating apalagi dikasih pigora. Baca juga=> Jangan hanya berharap SPAN PTKIN 2019.
  • Apakah SPAN-PTKIN ada tes masuk seperti tes baca quran? Jawabannya: Tidak ada, kami menyeleksi berdasarkan prestasi yang sudah diupload saat pendaftaran SPAN-PTKIN. Jikalau ada tes baca quran itu kebijakan PTKIN masing-masing dan itu dilakukan setelah diterima jadi mahasiswa PTKIN tersebut. Dan tes baca al quran setelah lulus SPAN PTKIN tidak akan mempengaruhi kelulusan.
  • Nomor KTP (NIK) diisi apa padahal belum punya KTP? Jawabannya: Jika tidak punya KTP maka bisa cek NIK di Kartu Keluarga disamping persis namamu. Yang dibutuhkan hanya NIK-nya saja jadi meskipun belum punya KTP, masih sudah punya NIK yang ada di KARTU KELUARGA.
  • Lulusan tahun 2018 apa bisa ikut SPAN-PTKIN? Jawabannya: Tidak bisa, SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi lulusan yang sama dengan dibuka jalur seleksi ini tiap tahun. Pendaftaran SPAN PTKIN 2019 harus melalui pihak sekolah, kemudian siswa akan mendapatkan ID pendaftaran dan password untuk login. Untuk alumni 2017 & 2018 masih bisa ikut UM PTKIN 2019. klik juga=> tips lulus um ptkin.
  • Saya punya 2 piagam/sertifikat, sebagai juara di kabupaten dan sebagai peserta lomba provinsi, mana yang bisa saya upload? Jawabannya: Silakan upload piagam/sertifikat sebagai juara karena memiliki nilai tinggi daripada peserta. Perlu diketahui, masa berlaku sertifikat adalah 2 tahun.
  • Apakah sertifikat peserta bisa dimasukkan dalam SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak bisa menggunakan sertifikat peserta. Minimal yang dilampirkan adalah sertifikat juara harapan. Kalau sertifikat sebagai peserta semua orang yang ikut lomba/kegiatan tersebut pasti dapat. Kalau sertifikat juara tidak semua orang punya sehingga akan jadi nilai tambah bagi yang punya sertifikat juara.

  • Kenapa jurusan umum UIN tidak ada di SPAN PTKIN? Jawabannya: jurusan umum UIN biasanya dibuka di jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri. Sedangkan Jurusan SPAN PTKIN & Jurusan UM PTKIN mayoritas berbau keagamaan dan kombinasi dengan umum. Namun, ada beberapa UIN yang membuka jurusan umum di SPAN PTKIN dan UM PTKIN, seperti UIN Alauddin Makassar dan beberapa PTKIN lainnya.
  • Apakah SPAN PTKIN harus lulus pemeringkatan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada, SPAN PTKIN tidak ada pemeringkatan seperti SNMPTN. Semua boleh mendaftar dan langsung memilih jurusan dan kampus.
  • Apa maksud proses seleksi I (8-15 Maret 2019) dan seleksi II (20-22 Maret 2019)? Jawaban: Jadi seleksi tahap 1 itu adalah seleksi tingkat pusat, sedangkan seleksi tahap 2 adalah seleksi untuk untuk tingkat PTKIN. Jika sudah dinyatakan Lulus PTKIN 1, maka tidak akan diseleksi lagi di PTKIN 2. Pengumuman kelulusan baru akan diumumkan 1 April 2019. Jadi yang menjadi acuan penilaian adalah nilai rapor, piagam juara (bila ada), dan rekam jejak sekolah. SPAN PTKIN bukan tes tulis.
  • Bagaimana cara memperbaiki nilai raport span ptkin yang salah? Jawaban: Jika ingin memperbaiki nilai siswa yang salah harus ada surat pembatalan/pembukaan finalisasi yang ditujukan ke PANITIA SPAN-UM PTKIN dengan melampirkan NPSN (pembatalan finalisasi sekolah) di dalam surat dan bertandatangan oleh Kepala Sekolah serta Stempel sekolah. Suratnya dikirim ke WhatsApp panitia yaitu 0821 9535 0901 / 0821 9535 0902 / 0821 9535 0903. Silakan berkoordinasi dengan guru BK atau operator di sekolah.

  • Bisakah SPAN PTKIN hanya memilih 1 PTKIN saja? Jawabannya: Tidak bisa, harus memilih 2 PTKIN dan masing-masing PTKIN 2 prodi. Jadi, total ada 4 prodi yang akan kamu pilih. Pastikan PTKIN dan prodi yang kamu pilih benar-benar yang kamu minati dan mendapatkan restu orang tua. Lebih baik tidak usah ikut SPAN PTKIN jika tidak berminat kuliah di PTKIN.  INGAT! Jangan memilih prodi yang sama dalam satu PTKIN. Misalnya, jika PTKIN 1 UIN Jakarta maka ada 2 slot jurusan itu harus beda. Tidak boleh PAI semua atau perbankan syariah semua dalam satu PTKIN. Kalau beda di PTKIN diperbolehkan.
Contoh yang tidak boleh atau otomatis bakal tidak lolos:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Manajemen Pendidikan Islam
Pilihan prodi 2: Manajemen Pendidikan Islam

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Hukum Keluarga
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga
*) tidak boleh sama antara prodi 1 dan 2 dalam 1 PTKIN.

Contoh yang boleh:
PTKIN 1 UIN Malang
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

PTKIN 2 IAIN Bukittingi
Pilihan prodi 1: Pendidikan Agama Islam
Pilihan prodi 2: Hukum Keluarga

Intinya, dalam satu PTKIN pilihan prodi 1 & 2nya harus berbeda. Kalau sama tapi beda PTKIN diperbolehkan.
  • Apakah ukuran foto harus 500kb? Jawabannya: Tidak harus, 500kb adalah ukuran maksimal. Jadi jika foto yang dimiliki di bawah 500kb tidak masalah. Format foto SPAN PTKIN adalah jpg/jpeg. Pakaian tidak harus berseragam yang penting foto formal/resmi. Latar belakang atau background foto biru atau merah. Jika backgroud fotonya hijau atau warna lain dan sudah terlanjur finalisasi ya tidak apa-apa. Foto tidak berpengaruh dalam penilaian span ptkin.
  • Apakah bisa lintas jurusan SPAN PTKIN? Jawaban: Tidak ada aturan yang melarang lintas jurusan, silahkan mendaftar lintas jurusan. Apalagi dalam SPAN PTKIN tidak dikelompokkan mana prodi IPA dan IPS. Namun, tetap saja panitia dan pihak kampus tentu juga punya pertimbangan penilaian sendiri.
  • Jika sudah terlanjur finalisasi, apakah bisa SPAN PTKIN dibatalkan? Jawaban: Tidak bisa, jika sudah finalisasi berarti Anda sudah resmi terdaftar sebagai peserta SPAN PTKIN.
  • Berapa persentase kuota SPAN PTKIN? Jawaban: jika mengacu pada buku panduan, kuota lulus SPAN PTKIN minimal 20% dari total keseluruhan daya tampung satu angkatan. Sedangkan persentase yang akan diterima jalur UM PTKIN minimal 40% dan jalur mandiri sekitar 30 persen. Sisa 10% adalah tergantung kebijakan masing-masing kampus untuk menambah kuota pada jalur mana.
  • Saya sudah SPAN-PTKIN, apa masih boleh daftar UM-PTKIN? Jawabannya: Boleh, silakan mendaftar UM PTKIN.
Klik juga=> Soal UM PTKIN
Segera selesaikan pendaftaran SPAN PTKIN 2019 karena pendaftaran SPAN PTKIN ditutup 28 Februari 2019. Jangan sampai salah jurusan, ketahui betul prospek kerja. Tunggu apalagi, segera finalisasi sebelum server down atau ramai menjelang penutupan SPAN PTKIN. Berikut juga ada video cara mendaftar SPAN PTKIN 2019, silahkan ditonton (play):
Jika ada pertanyaan lain tentang SPAN PTKIN 2019 atau pun UM PTKIN 2019 yang belum ada di atas, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Harus Ikut UM PTKIN 2019

16 Responses to "Tanya Jawab tentang SPAN PTKIN 2019 Yang Harus Diketahui"

  1. Bagaimana cetak kartu peserta tetapi sudah melakukan finalisasi sebelumnya,,soalnya pas sayaa mau cetak lagi kartu peserta dinyatakan tidak memuat berkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartu apa? coba download di laptop mungkin hpmu tidak ada apalikasi pdf

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum.sya sudah mencetak kartu pendaftaran sebelumnya, namun saya kehilangan kartu tersebut. Padahal saya telah dinyatakan lolos span ptkin. Dan kartu pendaftaran tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran ulang. Apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba login lagi aja di web span ptkin

      Hapus
  3. Bisa tidak mengajukan KJMU jika sudah dinyatakan diterima di IAIN misalnya IAIN PURWOKERTO?

    BalasHapus
  4. Saya sudah mendaftar umptkin, namun saya kehilangan kartu ujian dan bukti pendaftarannya. Lalu apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  5. Kalo misal lupa kata sandi bagaimana ya? Izin arahan

    BalasHapus
  6. Apakah bisa ikut SBMPTN tapi sudah lulus SPAN PTKIN? Dan jika lulus SBMPTN dan ingin mengambil SBM saja bagaimana?

    BalasHapus
  7. Saya lulus span ptkin, tapi saya tidak dafar ulang, karna jurusan yang saya ambil salah, apakah bisa dafar mandiri nya?

    BalasHapus
  8. Apakah sertifikat lomba olimpiade masuk semifinal bisa membantu?

    BalasHapus
    Balasan

    1. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik. dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius. LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

      Hapus
  9. kecil pengaruhnya, kalau ada juara lebih baik.

    dan saran saya, mending tidak berharap jalur span ptkin atau snmptn. jalur rapot itu misterius.

    LEBIH BAIK mulai persiapan jalur ujian tulis kayak sbmptn atau UMPTKIN. belajarlah dari sekarang... anggap aja udah tidak lulus SPAN atau SNM

    BalasHapus

Jadilah pembaca cerdas dengan memberikan komentar relevan dengan artikel.
Klik centang "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan.
Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel